Malam Tahun Baru 2012 di Ende

Selalu ada warna baru di malam tahun baru. Kalau pada malam tahun baru 2011 aku menghabiskannya dengan jalan-jalan di Yogyakarta (sambil nunggu petasan pergantian tahun di Tugu). Tahun 2010 di Cilacap, tapi nggak kemana-mana. Tahun 2009 di Kaliurang bersama teman-teman, makan sate dan jalan-jalan. Nah, malam tahun baru 2012 ini di sebuat kota kecil di pulau Flores, yaitu Ende.

Sekolah tempat penugasanku libur natal dan habis pembagian raport. Liburnya lama, yaitu 2 minggu. Aku memanfaatkan waktu liburan untuk membuat perangkat pembelajaran semester genap dan pergi liburan di kota Ende.  Apalagi jaraknya dekat, hanya satu jam dari desa penempatanku. Asyik!

Malam ini aku, Dian, Mbak Erma dan Julia menginap di rumah Bapa-mama asuh kami di jalan marilonga, kota Ende, Pulau Flores, NTT. Mama Asuh (Ine= mama dalam bahasa ende) memasak ayam untuk kami. Alhamdulilah, makan ayam, sesuatu banget. Daging ayam nggak dijual bebas di sini, bos. Harus pesen dulu untuk motong ayam.

Jam 8 malam, rumah tetangga sudah rame orang berkumpul. Musik pun dimulai. Semakin malam, makin ramai dan seru. Musik diputar kenceengggggg bangeettt. Musiknya kayak poco-poco gitu. Trus orang-orang pada berjoget ria. Nggak mau ketinggalan, kamipun ikut serta joget-joget ria. Yihaaaaa .....

Untungnya acara nggak ekstrim. Sederhana, full musik dan meriah. Nggak ada tawaran hidangan babi, anjing dan minuman keras. Yang terasa malah nuansa kekeluargaan.Disini memang mayoritas katolik, yaitu 70%. Namun, toleransi mereka sangat tinggi terhadap kaum muslim.

Tepat pukul 12 malam, percikan kembang api terdengar dan terlihat di langit. Itu kembang api yang dinyalakan di pinggir jalan. Rumah bapa-mama asuh sih masuk gang.

Kami tidur sekitar pukul 2 pagi. Malam tahun baru yang spesial nih. Saya akan menghabiskan sepanjang tahun 2012 di tanah perantauan bernama kabupaten Ende. Tahun baru, nambah umur. Berarti makin pendek jarak antara umur dengan liang kubur.

Akan ada kejutan apa saja di tahun 2012 ini? Nantikan saja. Karena hidup selalu penuh kejutan!

Mama-bapa asuh

joget ala poco-poco

yippiiiiiiii

muahahahha
Wida mengabariku lewat fesbuk : "Na, kami di sini taun baru bakar-bakaran jagung lho. Ada Rio ma pacarnya, ada bayu juga. Rame nih. Sayangnya nggak ada kamu. Cepet pulang ya Na.. :-( "
Oww..rupanya Wida sedang main ke Jogja.
See you next time sahabat2ku, aku akan pulang akhir taun 2012 membawa pengalaman baru :-)

20 komentar

  1. waah kak aku kepengen deh ke Flores juga, katanya pantai disitu bagus-bagus kan yaa ? *ngiler*

    seru tuhh poco-poco malem-malem ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. BAGUSSS.
      AYO KESINI FITRIA! :)
      eh kepencet capslock

      Hapus
  2. kak ina asik ya bisa taun baruan di tempat baru yg belum pernah dikunjungi. aku suka kata2 terakhirnya, "Makin pendek jarak antara umur dengan liang kubur."

    BalasHapus
  3. kenapa di sana potong ayam mesti pesen dulu alasannya apaan?
    -____-

    btw, orang katolik kayaknya emang toleransinya tinggi. gue dulu pasa ngajar di sd katolik juga mereka baik-baik...

    tapi ngelewatin malam tahun baru sambil joged unyu kayaknya seru.. apalagi jogedenya enggak radikal. pasti asik banget tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarang ada ayam edooo :-p

      apalagi klo km yang joged :-p

      Hapus
  4. 2008 ke 2009 bareng someone, 2009 ke 2010 keluar bareng someone plus teman, 2010 ke 2011 bareng someone ame teman juga.. tapi 2011 ke 2012 until now, dirumah sama keluarga :D semua berubah terlalu cepat -_-)
    dan semakin hari memang semakin tua :|

    BalasHapus
  5. Keren nih tahun barunya.

    Endingnya bohong banget, saya aja gak ada di situ, gak ikut bakar bakar jagung sama rio pacarnya, saya gaj ada. Bohong nih!!

    :)

    BalasHapus
  6. Keren tuh, rasa toleransinya gede. Harusnya semua orang kayak gitu. Jadi nggak dikit-dikit berantem, dikit-dikit perang.

    BalasHapus
  7. Tahun baruannya paling beda sama yang lain hehe

    BalasHapus
  8. Berarti sekarang sudah pulang kan ya? Rame tuh tahun baruan di luar Jawa. Sekali kali kan enggak apa apa.

    Semoga semangat memberi yang terbaik untuk semua. Terus semangat menjalani hidup yak^^

    BalasHapus
  9. liburan tempat keluargakah? asyik dong ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak..
      jalan2 ke kota ende ke keluarga yg sudah saya anggap keluarga
      :)

      Hapus
  10. Flores memang mayoritas katolik kak.
    Di gereja tempat ku aja, hunian nya flores.

    Keren ya tiap tahunnya di tempat berbeda gitu.
    Jadi semacam trip.
    Tahun 2015 bakal dimana kira kira.

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.