Eksis Berbatik sebagai Wujud Cinta Produk Indonesia

Saya Bangga Berbatik

Rasanya ngiri berat saat Mbak Feri cerita bahwa ia belanja memborong belasan meter kain batik cap khas Kupang- Nusa Tenggara Timur saat liburan ke ibukota provinsi NTT itu. Harganya terjangkau dan niatnya sih bukan untuk dijual lagi, melainkan untuk oleh-oleh keluarga di Jawa.

“Hahaha...kenapa sebelumnya nggak bilang ke aku. Coba deh kalau kamu ngasih duit trus nitip. Aku belikan dulu.”
Aku manyun. “Iya ya. Nggak kepikiran Mbak. Kemarin kan aku lagi piknik ke taman nasional komodo....”
“Ya sudah. Kamu nanti oleh-olehnya belanja batik khas Ende aja,” Mbak Feri menimpali.
Guru (Tengah) mengenakan batik cap Khas Kupang,NTT dalam acara natal bersama di sekolah. Dokumen pribadi.
Pesona batik memang sudah menyebar luas di seantero Indonesia. Batik yang tadinya terkenal dengan batik khas Jogja, Solo, Pekalongan dan kota-kota di Jawa kini telah menjamur ke daerah lain di luar Jawa. Contohnya batik khas Kupang. Ada hari khusus di sekolah penempatan saya di Kabupaten Ende, Flores, yang pada hari itu guru wajib mengenakan baju batik. Meskipun begitu, batik jaman sekarang sudah jauh dari kesan resmi, kuno, formal khas bapak-bapak, ibu-ibu kondangan maupun seragam pegawai dan para guru.  Batik kini makin trendi dengan beragam model yang modis serta bisa digunakan oleh segala usia.
Foto kenangan masa KKN PPL sewaktu kuliah: kompak berbatik
Trend fashion dan segala atribut batik mulai saya rasakan di awal tahun 2008. Saat itu saya masih kuliah semester 2 di Jogja. Banyak toko, pasar, pedagang di jalan Malioboro, butik batik, toko batik yang menjual atribut batik. Atribut batik yang tersedia nggak melulu baju batik dan kain batik. Melainkan ada juga pernik lain berlapis kain batik seperti tas laptop, daster, softcase laptop, gantungan kunci, mukena, souvenir, sepatu dan lain-lain. Selain itu batik sarimbit juga biasa digunakan untuk kembaran (suami-istri, pasangan kekasih maupun kekompakan suatu kelompok dan instansi). Rupanya eksistensi batik Indonesia juga telah mendunia. Saya sering melihat di media cetak maupun elektronik sudah digunakan dalam beberapa acara bertaraf internasional. Ya. Saya turut bangga. 
Orangtuaku kompak mengenakan batik sarimbit
Batik dan pesonanya yang indah ini menyita perhatian bangsa lain. Seperti yang kita tahu, batik ini pernah diklaim oleh negara tetangga sebagai salah satu warisan kebudayaannya. Tentu saja hal tersebut membuat resah para pengrajin batik dan menimbulkan kemarahan rakyat Indonesia. Untungnya Indonesia memenangkan klaim atas batik dan UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009.

 Sejarah Batik

Kata “batik” berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “nitik” yang teknik pembuatannya menggunakan canting dan pencelupan kain dengan bahan perintang warna motif batik pada baju batikmalam” yang diaplikasikan di atas kain (dikutip dari sini ). Berdasarkan sejarah batik di Indonesia (dikutip dari sini ) , batik telah dikenal sejak abad XVII yaitu pada zaman Majapahit. Pada saat itu, batik masih dilukis pada daun lontar. Seiring perkembangan jaman, corak batikpun makin berkembang.Makin banyak jenis dan corak batik sesuai dengan filosofi masing-masing daerah di Indonesia. Dulunya, kesenian batik adalah salah satu kebudayaan keluarga raja-raja di Indonesia. Setelah makin berkembang, rakyat pun menggunakan batik. Bahkan, batik dijadikan sebagai kerajinan kaum wanita dalam mengisi waktu senggangnya. Hingga awal abad ke XX, batik yang dihasilkan adalah batik tulis. Sedangkan batik cap baru mulai dikenal sekitar tahun 1920.

Sedangkan berdasarkan cara pembuatannya (dikutip dari sini ), batik terdiri dari 3 macam, yaitu:
1.Batik Tulis
Proses pembuatannya menggunakan tangan dan rumit sehingga harganya relatif lebih mahal. Alat yang digunakan kain, pinsil, malam, canting. Motif dan warna tembus. Polanya digambar dulu menggunakan pinsil, sehingga pengulangan ragam hias tidak sama persis. Biasanya, warna dasar kain lebih muda daripada warna goresan motif. Waktu pengerjaannya lama, bisa lebih dari satu bulan. Ibuku bercerita, dulu jaman beliau masih bersekolah di sebuah SMP negeri di Kota Yogyakarta, ada pelajaran senin membatik. Jadi, ibuku pernah praktik membuat batik tulis sederhana kreasi sendiri menggunakan bahan kain hitam, malam dan canting. Ibuku masih menyimpan hasil kreasinya jaman kelas 3 SMP itu. Wah sudah lama banget ya. Berbeda dengan ibuku, aku malah sama sekali tidak bisa membuat batik. Hanya bisa memakainya saja. Hehehe.
batik tulis buatan Ibuku jaman kelas 3 SMP

2. Batik Cap
Pengerjaan batik cap juga menggunakan tangan. Hanya saja, cara pengerjaannya berbeda. Tetap menggunakan canting cap dan malam, tetapi terdapat pengulangan ragam hias sebab polanya sudah tercetak. Biasanya, warna dasar kain lebih gelap daripada warna motif. Motif dan warna tidak tembus. Pengerjaannya lebih singkat, yaitu memakan waktu beberapa hari.
3. Batik Printing
Nah, kalau batik printing ini proses pembuatannya melalui sablon. Proses cetaknya yang lebih cepat membuat batik ini dapat diproduksi dalam jumlah banyak sekaligus. Warna dan motif hanya terdapat pada permukaannya saja.

Pelestarian Batik

Apapun jenis batiknya, usahakan jangan menjemur baju batik di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena cepat menyebabkan warnanya memudar. Sebaiknya, batik dijemur di tempat teduh saja untuk mempertahankan kualitas warnanya.

Dalam rangka pelestarian batik sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap batik, beberapa langkah telah ditempuh oleh pemerintah. Misalnya memasukkan pengenalan batik dalam jam muatan lokal atau pengembangan diri di sekolah. Khususnya sekolah yang daerahnya terkenal sebagai penghasil batik, seperti Pekalongan, Yogyakarta dan Solo. Selain itu, jika wisatawan baik lokal maupun asing harus memakai kain batik yang dililitkan di pinggang saat memasuki kawasan Candi Prambanan maupun Candi Borobudur. Kain batik ini disediakan di loket masuk. Selain berfungsi menjaga kesopanan pengunjung dalam berpakaian, penggunaan kain ini juga termasuk upaya pengenalan sekaligus pelestarian batik.
Kami menggunakan kain batik saat berwisata ke candi
 Jika di Ende, Flores terdapat Museum Tenun Ikat yang bermanfaat untuk mengenalkan kerajinan tenun ikat sekaligus melestarikan tenun ikat khas Ende, maka di daerah yang terkenal dengan kerajinan batiknya sudah selayaknya didirikan museum batik. Yang sudah berdiri saat ini contohnya Museum Batik Pekalongan dan Museum Ullen Sentallu di kaki gunung Merapi. Dari segi pengembangan desain, eksistensi batik tentu memiliki peluang bagus bagi para desainer, pemilik toko batik, butik batik dan batik online untuk terus berinovasi dan memasarkan produk batik yang modelnya kian mengikuti trend sehingga selalu diminati oleh seluruh masyarakat.  

Untuk menunjukkan kecintaan kami pada batik, pernah pada tanggal 2 Oktober ketua kelas mengirim SMS kepada  teman-teman sekelas supaya hari itu kompakan pakai batik. Aku pun nggak mau ketinggalan. Nah, pas sampai di kampus...taraaaaaa. Kelasku dipenuhi dengan manusia-manusia yang eksis berbatik. Sama sekali nggak berkesan tua. Batik membuat penampilan lebih terlihat elegan. Yang pria terlihat makin menarik dengan batik, sedangkan yang wanita makin cantik. All about batik  tidak hanya bisa dibeli di toko batik, pasar maupun butik batik. Kita juga bisa dengan praktis belanja online melalui internet, lho. Hal ini memudahkan kita jika ingin belanja batik tanpa banyak membuang waktu. Salah satunya adalah berburu batik online di www.berbatik.com yang tidak hanya menyediakan berbagai pernik batik cantik dengan desain menarik. Berikut ini contoh gambarnya. Modis, bukan?
contoh batik modis di www.berbatik.com
Tentang Berbatik.com
 
Berbatik.com merupakan salah satu industri tekstil batik kreatif di Indonesia yang hadir dengan trend belanja online dengan produknya yang berkualitas tinggi. Istilah kerennya, butik batik online gitu. Fashionable? Pasti donk! Butik batik online www.berbatik.com adalah salah satu contoh butik batik yang mengikuti perkembangan jaman dengan segudang produk modisnya. Di sini, kita nggak hanya bisa belanja baju batik saja. Banyak produk batik unik lain yang tersedia di butik batik online www.berbatik.com . Diantaranya:
1.Apparel alias pakaian batik asli Indonesia. Ada dress, jaket, celana, rok. Cocok untuk wanita yang ingin tampil bergaya. Dipakai ke kampus, ke kantor atau acara resmi? Oke banget!
2. Tas. Asik nih buat nemenin kita pergi kemana-mana.
3.Pakaian anak dan jewellery yang banyak pilihannya.
4. Kain. Buat oleh-oleh juga cocok!
5.Sepatu. Siapa bilang sepatu batik nggak keren? Koleksi sepatu yang ada di sini keren-keren lho.
6. Aksesoris kecil sebagai pemanis alias pelengkap penampilan. Let's grab it fast. Check it out at www.berbatik.com


Berbatik.com mengeksplor makna batik dan membawa paradigma baru bahwa yang namanya trend batik itu bisa mengikuti perkembangan jaman.Seperti kata sebuah quote : you are what you wear. So, berbatik.com hadir dengan produknya yang berensesi tinggi pada keindahan dan kenyamanan ketika dipakai. Berbatik.com juga mensinergikan antara kemajuan teknologi dengan komunitas sosial dalam pemasaran produknya.

Jadi, antara pelanggan, desainer, kolektor batik dan pengrajin batik itu saling berhubungan dan sama-sama telah melestarikan batik sebagai budaya Indonesia sekaligus melestarikannya.

Trus gimana caranya kalau mau pesan produk di Berbatik.com?
Berikut saya uraikan langkah-langkah praktisnya:

Step 1. Kunjungi homepage www.berbatik.com , batik cantik dalam satu kali klik.
Step 2. Nah...trus login deh...bisa pake akun facebook atau register terlebih dahulu.
Step 3. Dalam kotak pencarian, ketik kata kunci produk yang mau dicari. Sebagai contoh, saya mengetik kata “dress”. Kemudian, klik “go”
Step 4. Muncul aneka ragam dress di halaman www.berbatik.com . Kita bisa pilih dan memperbesar bagian gambar untuk melihat detail corak batiknya. Berminat? Tinggal tambahkan ke daftar cart dan booking deh.
Step 5. Konfirmasi pembayaran trus tinggal tunggu paketnya datang.
Praktis bukan?

 Harapan untuk Batik Indonesia

 Semoga ke depannya batik makin eksis di Indonesia. Dengan makin berkembangnya model batik yang  kian modis, aku optimis kalau trend berbatik tidak hanya bersifat sementara saja. Kita memakainya sebagai bukti cinta pada produk dalam negeri.  Dengan demikian, kita sama-sama peduli dan menjaga khazanah budaya kita biar nggak direbut oleh bangsa lain. Batik adalah warisan budaya yang kental dengan sejarah dan patut dilestarikan. Untuk kaum muda, nggak perlu merasa gengsi atau malu untuk berbatik. Kalau kita sendiri nggak mau menghargai kekayaan budaya kita, bagaimana bangsa lain mau menghargai budaya kita? Yuk, tetap eksis dengan berbatik!


Referensi:

62 komentar

  1. Wah udah mulai ngeblog sejak 2008 ya? Keren! :D
    Btw, tulisan ini keren. Lengkap banget bahasan ttg batiknya... Moga menang yak... :D

    Saya minta komennya di sini yak. Buat lomba juga, tp beda lombanya: http://glen-tripollo.blogspot.com/2013/01/menghilangkan-bau-mulut-dengan-gofress.html

    Makasih yaa... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sejak 2008 tapi dulu bukan di blog ini, kak. blog ini sih baru buat tahun 2012. hehe.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. \(^0^)/ yeah batik is very cute and fashionable.

      Hapus
  3. aku kalo di perkuliahan kadang pake batik :)

    kalo pake batik tuh emang rasanya jadi lebih cinta pada Indonesia

    BalasHapus
  4. mas jaman kuliah dlu kadang pke batik juga dek.dikatain tambah ganteng ma cwe2 malah hehe,,
    tpi ada tmen mas tu dkmps yg gengsi bnget pke batik,,eh heran deh masa' pke buatan indonesia malu,,ckckck,,,
    eh itu batik onlen di berbatik ya???
    itu kan bude prnah pesen dek disana,,dlu pesen bnyk dek,,buat oleh2.kata tmen2 bude koleksi berbatik bagus2,,
    mas jd pengen bli juga disana,tapi mas nggak telaten ngerawat pakean haduh,,!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. set buset...makin ganteng??? syukur deh... hahahha...
      yaelah prihatin aku sama temennya yang gengsi pake batik..
      duh, batik kan warisan budaya indonesia..
      dan sekarang style nya dah fashionable lho..jadi banyak pilihan model yang kelihatan gaul dipake ama anak muda.
      misalnya seperti koleksi yg dimiliki butik online www.berbatik.com mas :-)

      oh jadi bude dulu juga beli batik di www.berbatik.com ya?
      iya donk so pasti bagus dan berkualitas. itu buktinya..nggak pada nyesel kan :-)

      hmm ayo mas kalo mau beli koleksi batiknya di www.berbatik.com silahkan monggo kunjungi website nya en tinggal pilih aja...booking, transfer uang deh.
      tentang gak telaten ngerawat batik...hmm sebenarnya gampang mas ngerawat batik.
      jangan dijemur di bawah terik matahari langsung..biar kualitasnya terjaga.
      trus kalo untuk batik tulis terutama nih, nyucinya pake sampo aja..biar lembur di kain :-)

      Hapus
  5. Hi,,lam kenal.
    Ur article is very good!!
    Btw,di NTT juga da batik ya????
    Wah2,gw br tau.
    Apa bedanya batik Kupang,Ende dgn batik Jawa??
    Gw lom penah liat batik NTT.
    Bagusan mn dgn batik jawa???

    -Aryo-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lam kenal juga Aryo.
      thanks ya atas kunjungannya kemari.
      iya benar, di Nusa tenggara Timur udah ada batik juga. hehe penyebaran batik memang sudah meluas. bahkan batik indonesia boleh dikatakan sudah go international.
      apalagi mahasiswa Indonesia yg kuliah di luar negeri pada bangga pake batik di kampusnya...dan pakaian batik itu dibilang unik sama orang2 di sana :-)

      bedanya batik Ende, Kupang dengan batik Jawa (Jogja, Pekalongan, Solo)..hmmm menurut saya sih..terletak pada beda corak atau motifnya.
      Setiap daerah punya ciri khas tersendiri.
      Menurut saya (lagi), semuanya sama-sama bagus kok dengan ciri khasnya masing-masing. semuanya memperkaya khazanah budaya bangsa,
      hehehe...ayo dikoleksi ;-)

      Hapus
  6. Nice article. Good job! ^.^
    Batik emang kagak ada matinya.

    Semoga menang kontes blog-nya ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims Niaas.

      Betul banget "Batik emang gak ada matinya."
      Sekarang dari anak-anak, remaja, dewasa ampe lansia cocok untuk berbatik .
      Tinggal pilih kesesuaian modelnya aja kan.

      Hapus
  7. Sebuah karya seni yang di wariskan nenek moyang Nusantara yang sangat eksotik dan cocok di gunakan disemua kalangan.
    Untuk mengenalkan kekayaan Indonesia tersebut disetiap jenjang pendidikan di Indonesia dari SD sampai SMA ada yang menjadikan batik sebagai mata pelajaran mulok. http://jokopoerwa.blogspot.com/2013/01/seni-batik-mata-pelajaran-molok.html).

    I Love You Batik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep. Benar sekali.
      Batik itu kesannya eksklusif..nggak terlihat kesenjangan sosial kok dengan sama-sama berbatik.
      Iya..memang di beberapa sekolah menjadikan batik sebagai muatan lokal. Beberapa sekolah juga mengharuskan siswanya pada hari tertentu memakai batik ke sekolah. Secara langsung, itu membuktikan banyak lini masyarakat yang telah melestarikan batik dengan memakainya.

      Hapus
  8. Mnrutku sih,,batik tulis emang te o pe be ge te alias bagus banget.
    Nilai estetikanya tinggi.
    Aku juga suka pake batik,tapi biasanya pake batik printing.
    Pngen beli batik tulis kok mahal ya???!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batik tulis memang punya nilai seni yang tinggi. soalnya bikinnya itu rumit bangeeett...harus sabar..telaten..dan tentunya memakan waktu yang lama dibandingkan batik cap dan printing. Tentu donk harganya memang lain, ya...setara dengan kualitasnya. Ada harga, ada kualitas. ya kan, bro? hehehe...nabung dulu buat beli, bro.

      Tapi batik cap dan printing juga bagus kok, tetap "nyeni".

      Hapus
  9. sekarang batik emang udah resmi menjadi kain orang indonesia bukan lagi orang jawa...baru tau loh sejarah batik dan baru tau di luar jawa juga ada batik thx infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap...batik adalah warisan budaya Indonesia.
      Sayapun tadinya berpikir kalau batik itu hanya ada di Jawa saja.
      tapi, pas saya berdomisili di NTT selama setahun, ternyata di sana juga ada batik khas NTT :-)
      Walaupun tetap aja, banyak batik Jawa yang dijual di luar Jawa.
      keep berbatik! \(^0^)/

      Hapus
  10. Batik itu milik indonesia, dan kita patut bangga pada saat mengenakannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip..setuju sama Rara.
      Kita harus bangga berbatik.
      Secara, keren gitu lho ;-)

      Hapus
  11. wah..azim siap2 kebanjiran pesanan ini...ehehehe

    sayangnya saya bukan dari kalangan orang suka beli baju...pengen banget sih sebenernya punya batik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha..
      hmmm pinjam punya saudara aja..
      kan tetap berbatik tuh.

      Hapus
  12. Lagi lagi batik, indonesia emang luar biasa punya seni fashion batik, hhmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. yippie...indonesia kaya dengan seni batiknya. untung hak paten atas budaya batik dimenangkan oleh Indonesia ya :-)
      yuk sama2 melestarikannya.

      Hapus
  13. batik, warisan budaya kita yang sangat oke punya.. and I also loooveee wearing batik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuuu sama mbak din :-*
      batik adalah salah satu budaya indonesia yang sangat oke punya.
      berharap suatu saat bisa ke luar negeri (gratisan) dan mengkhayal saya akan memakai batik di sana untuk menunjukkan kepada dunia bahwa batik indonesia is the best.

      Hapus
  14. Saya suka pake batik..
    Dari tas, rok, baju, sendal, sampe gantungan kunci batik saya punya.. Muahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooohh you are batik lovers.
      so do i.
      muahahha...
      kolektor nih.
      ayo ayo keep berbatik ;-)
      mau tambah koleksi? sialkan kunjungi butik online www.berbatik.com

      Hapus
  15. tiap kamis gue pake batik loh, cuman sekarang semenjak magang oake batiknya di pending dulu, heheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh ada si ayam..
      ayam ..udah sembuh belum??
      *ups

      entar kalo magangnya udah rampung, berbatik lagi yach.
      siiipp lah...

      Hapus
  16. tiap jumat aku pake batik juga looooh..
    btw,good luck ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp pasti permaisuri makin cantik dengan berbatik :-)

      Hapus
  17. komplit nihh artikelnya... :)
    batik emang nyaman sihh dipakenya...
    wahh..ibu mu bisa bikin batik jg yahh..

    sukses yaa kontes blognya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makacii neng Rita...
      yes, batik is comfortable.
      ibuku bisa...dulu...jaman beliau SMP soalnya ada pelajaran membatik gitu.
      kalo aku nggak bisa...hehehehe

      Hapus
  18. bener tuu,, batik sekarang udah gak terkesan tua,, mksdnya cenderung yg make ibu2 ama bapak2,, sy setuju sekali dgn kalimat diatas "dgn batik kt jd tampil lebih elegan" hehhehehee,, ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. horeeee...ada lagi yang setuju.
      yap, batik emang elegan.
      dipake segala usia oleh pria dan wanita sama saja..sama-sama memberi kesan manis...
      Lebih gimana gitu...
      Dan nggak terlihat kesenjangan sosial tentunya,,

      Hapus
  19. yihaaaa batik kebanggaan Indonesia :)

    Nice blog :) semoga menang ya Kak. Btw jadi pengin ikutan lombanya juga deeh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar sekali.
      batik adalah warisan budaya indonesia dan dengan berbatik (memakai aksesoris batik) berarti kita juga turut bangga sekaligus melestarikannya.

      ingin ikut lombanya juga? oh silahkan dek...
      kunjungi www.berbatik.com untuk info lengkap en teknis pelaksanaan kontesnya.
      silakan dikunjungi...siapa tau setelah kamu liat koleksi-koleksi cute-nya kamu malah tertarik untuk sekalian belanja di situ...
      hihiiii
      salam batik.

      Hapus
  20. aku suka batik cuma gak ada uang buat beli batik wkwkwk *derita anak 1kamar

    BalasHapus
    Balasan
    1. buahaha ayo nabung nabung..biar bisa beli dech.

      Hapus
  21. batik itu TE O PE BANGEEEEEEEEEEET!!! :)

    BalasHapus
  22. Sekolahku juga berbatik :D
    Bukan, bukan. Bukan warga sekolahnya yang aku maksud, tapi gedung sekolahku itu sendiri ;D Keren kaaan B-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku harus bilang double wow nih..keren abis...
      jangan-jangan kamu sekolah di SMK Berbatik ya?? hihii

      kalo aku cuma bajuku, rokku, handcase laptopku dan aksesoriskuyang berbatik. cat bangunan rumahku enggak hiihihi

      Hapus
  23. wah ikutan lomba berbatik.com semoga menang ya, amin.... keren kali dah

    BalasHapus
  24. sy penasaran pengen belajar membatik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hohoo..iya ya kayaknya asik tu belajar membatik..

      dulu ibu saya..kakinya nggak sengaja terkena malam (lilin yg digunakan untuk membatik). ampe luka bakar :-(
      soalnya panas banget
      untung bagian kaki yang terkena dikit...
      kata ibu, dulu temannya yang nggak sengaja menyenggol malam itu sehingga mengenai kaki ibuku.

      Hapus
  25. waktu gua nyari turis juga pake batik loh, liat deh di postingan terbaru *promosi*
    tapi pake batik itu nambah ke.kece.an loh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..keren turis pake batik. itu membuktikan bahwa batik Indonesia telah go International. ciyeeee..ampe2 turis aja bangga pake batik.
      kalo turis aja bangga, kita juga harus bangga berbatik ;-)

      Hapus
  26. semua pada brbtaik nih...
    dah saatnya warga Indonesia bangga dgn karya anak bangsa ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat.
      Warga indonesia harus bangga dengan budaya bangsa.
      kalo bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikannya???
      :)

      Hapus
  27. waaaah :3
    deatai sekali penjelasannya :D
    jadi makin cinta Indonesia, dan cinta batik..
    yuk yuk lestarikan batik Indonesia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii...iya detail soalnya saya cinta batik sih...
      ayo lestarikan dgn memakai batik.
      kayaknya bagus deh ya kalo di jalan raya ada baliho:

      "sudahkah anda berbatik hari ini??"

      hohoohoh

      Hapus
  28. wah ini postingan keren ini kakaaak, komplit menjawab semua pertanyaan tentang batiik, aku juga suka batik lo kakaaak..hehehe..hidup batik! make batik berasa jadi makin eksotis..hehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih :-)

      apa ada tambahan pertanyaan lagi???

      hidup batik en berbatik!
      ya donk makin eksotis..dan batik juga menyehdiakan berbagai pilihan warna dan corak yang bisa disesuaikan dengan warna kulit.
      misalnya, saya yang berkulit eksotis (alias coklaaatt) ini juga tetap bisa makin terlihat eksotis dengan memilih paduan model batik yang tepat dalam berbatik.

      Hapus
  29. memang kayak gimanaaa gitu klo pake batik

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayak gimana amira??
      kayak asmirandah?
      kayak agnes monica..apa kayak gita gutawa??
      kayak diri sendiri aja deh.
      hehehe..yang jelas makin elegan dengan berbatik.

      Hapus
  30. Tadi gw searching2 tentang butik batik online di google eh nemu deh blog nie.
    Nice info sist.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow..
      semoga info yang ada di postingan ini bisa bermanfaat ya :)

      Hapus
  31. Wah blog mbak ina keren baget...
    Sudah cocok jadi bloger yang memberi banyak inspirasi.
    Tulisanya juga manta...
    sukses selalu ya mbak..
    :D
    Kita adalah proses..wkwkwk

    BalasHapus
  32. mantap mantap pokoke top markotop beb,,,


    Fee ^_^

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.