Phuket, Spesialis Makanan Khas Thailand di Yogyakarta

 Phuket??? Kayaknya pernah denger.

Yak. Phuket adalah sebuah nama daerah yang terkenal di Thailand. Nah...sedangkan Phuket yang saya maksud di judul postingan ini adalah sebuah warung makanan khas Thailand yang memiliki banyak cabang di Jogja.

Sebenernya udah lama penasaran pengen makan di Phuket, sejak menjelang masa wisuda. Gara-gara beberapa rekan merekomendasikan tempat makan tersebut .
“Murah lho Na, uenak!”
“Harga mahasiswa!”
“Ah dijamin ora nyesel kowe maem ning kono....”

Kalau sore hingga malam hari warung makan tersebut ramai pengunjung. Hingga bulan Februari 2013 lalu, kebetulan saya berkesempatan untuk icip-icip ke situ. Saya sih jauh lebih suka masakan tradisional Indonesia tercinta, bukan masakan internasional. Hmmm tapi nggak apa-apalah sekali-kali nyoba. 

Kami berdua makan siang di warung makan Phuket cabang Jln.Taman Siswa , Jogja. Kami berdua sama-sama belum pernah makan di Phuket. Seorang sahabat bilang, chef yang di cabang TamSis ini piawai masak sehingga masakannya lezat pake banget. 
Warung Makan Khas Thailand "Phuket"
 Waktu kami berdua tiba di sana ,suasana masih sepi. Iyalah kan baru buka jam segitu! Hahaha.
Kesan pertama begitu menggoda pas nyampe, apalagi lihat daftar menu plus harganya: waahhh tempat kayak gini nggak cocok dengan tulisan di baliho-nya “Warung Makan”. Mestinya diganti “Resto”. Daftar menunya sangat beragam dengan harga bervariasi. Minuman mulai Rp.3000-Rp.20.000 dan makanan Rp.8000-Rp.40.000. Untuk makanan ada Ayam Goreng Nanas, Aneka Tom Yam, Capcay Ala Bangkok, PadThai, Salad, Roti canai, Sapi Kari Ala Phuket, Roti Naan Ala Phuket Style, Singkong Manis, Ayam Goreng Sambal Bangkok, dan masih banyak lagi.  Untuk minuman ada teh biasa, teh khas thailand, Kratingdaeng Leci, Kopi khas Thailand, dan lain-lain. Kalau pesannya sekedar ayam, nasi, teh maka kerusakan dompet yang terjadi sekitar 20.000-an per porsi. Berhubung kami penasaran dengan menu khas Thailand, jadi kami memesan menu khas Thailand.


 Pilihan kami jatuh pada Kwetiau PadThai Seafood, Tom Yam Ayam, 2 porsi nasi putih, Teh Hitam Tradisional Ala Thailand dan Green Tea Phuket Style. So pasti, kami berdua saling nyicipin makanan donk hahaha *trik kuliner. 
Makanan yang Atas : Tom Yam Ayam . Makanan yang bawah : Kwetiau PadThai Seafood
 
Minuman Atas : Green Tea. Minuman Bawah : Teh Hitam Tradisional. Kanan: Harga
  
Begitu menu pesanan datang...whoaaaa ini kok porsi Tom Yam nya banyak banget yaaakkk...disajikan panas dalam wadah gedeee. Habis nggak nih buat berdua??? Hahaha ternyata isinya dikit, Cuma kuahnya doang yang bikin terlihat jumbo. Namanya aja makanan ala Thailand, tentu aja menimbulkan sensasi rasa yang baru di lidah saya. Tom Yamnya enak meskipun asam, agak kecut dan kental.  Isi tom yam-nya kami makan sampai habis, tapi nggak dengan kuahnya yang masih tersisa banyak. Karena kuahnya banyak banget. Hehehe.  Kalau green tea-nya enak meskipun manis banget nget nget. Sedangkan Teh Hitam Tradisional Thailand-nya...wahhh ini kami cuma habis setegah gelas aja. Soalnya rasanya gimanaaaa gitu...agak pahit. Kalau untuk kwetiau PadThai Seafoodnya, sekilas mirip dengan mie goreng. Ada potongan daging seafood kayak cumi-cumi dan udang, plus sambal hijau Thailand yang khas dengan rasa pedas kecutnya (pake potongan jeruk nipis)  . Ah, kwetiau padthai seafood-nya yummy!

Bagi anda penggemar masakan luar khususnya Thailand, saya merekomendasikan Phuket sebagai spesialis makanan khas Thailand yang bisa dicoba. Khususnya Tom Yam, Roti Naan dan Padthai-nya itu khas banget. Berbeda dari rekomendasi banyak orang yang sangat menyukai makanan di Phuket, kalau saya sih tetap aja lebih suka menggoyang lidah dengan masakan tradisional: bukan Tom Yam, tapi sop ayam bikinan sendiri. Bukan minum teh hitam Thailand, melainkan cukup teh poci aja. Nggak perlu kwetiau padthai seafood, cukup indomie goreng biasa plus telur aja. Nggak perlu Green Tea, ahhh cukup minum Jus Alpukat aja juga mirip. Hihihihi. Ah, dasar Ina!

Warung Makan Khas Thailand “Phuket”
Cabang Jalan Taman Siswa Yogyakarta
Jam buka 12.00 WIB-22.00 WIB (Koreksi jika salah ya)

Berhubung ada pembaca blog yang ngasih saran, katanya Ina kalau nulis referensi kuliner dan wisata harap dicantumkan harga (cost-nya). Baiklah sobat, mulai sekarang Ina cantumkan :-)

Harga (untuk menu yang kami coba):
Tom Yam Ayam = Rp. 29.000
Teh Hitam Tradisional Thailand = Rp. 8500
2 Porsi Nasi Putih = Rp.7000
Kwetiau PadThai Seafood =  Rp.19500
Green Tea Thailand = Rp.10.000
Total = Rp.74.000 (Saya heran, kok banyak orang bilang harganya sesuai kantong mahasiswa ya? Menurut saya, kurang sesuai. Hahaha.)

29 komentar

  1. makannya di jogja tapi sambil membayangkan kalau lagi di phuket betulan ya Ina

    BalasHapus
  2. kemahalen iku hhehe... belum pernah nyobain makan di phuket di jogja, lha wong ke jogjanya aja belum pernah -___'

    BalasHapus
  3. Aku tahu phuket dari judul film air terjun pengantin 2 : Phuket,karena settingnya di kota Phuket,hehehe. Ternyata ada juga di jogja kuliner khas Phuket Thailand :) Makasih dah mau berbagi Ina :)

    BalasHapus
  4. Waah ntar klo ke Jogja pengen coba ah. Klo aku denger makanan thai pasti ingetnya ke Tom yum dan singkong thailand

    BalasHapus
    Balasan
    1. weheheh tapi siapin budgetnya neng hihihi...harganya itu agak mahal..

      Hapus
  5. murah banget tuh mbak, daripada musti ke thailand dulu, blm tiket pesawat dll.. :D

    BalasHapus
  6. Menurutku sih harganya bukan harga yang bersahabat dg mahasiswa tuh hehehe...
    Tapi sesekali nyoba gak apa2 lah... :)

    BalasHapus
  7. bentar...jalan taman siswa itu yang deket mana ya?'o'

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduuh mana ya >.<
      ina binun jelasinnya hehe

      Jogja selatan.
      diliat di peta jogja aja say.

      Hapus
  8. Wah boleh tuh. Rekomendasi kalau nanti ke Jogja lagi. Makasih infonya :D

    BalasHapus
  9. aneh2 ya nama makanan thailand..
    tapi gila tuh totalnya 74ribu,,,hahaa ..

    kira2 ama makanan solaria mana yg lebih enak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. buahahahhaha .

      kalo ama solaria? hehehe tergantung masing2 org ^^

      Hapus
  10. lumayan murah juga ya harganya

    eh tomyam gimana sih rasanya?

    BalasHapus
  11. kecut..asem..agak pedes..kentel..

    asing di lidahku yg indonesia sejati , uni ^^

    BalasHapus
  12. hadeuh nyesel pagi2 mampir kesini... Jd laper liat foto2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihihaku juga laper. traktir kita donk.
      #eh

      Hapus
  13. katanya makanan thailand itu banyak yg mengandung babi >.< makanya aku gak boleh dan gak berani maem itu

    padahal dapat voucher lumayan buat mem di Pattaya, warung makan Thailand di jl. Damai, dekat tempat kerjaku. Hehe, walau aku di Jogja tp gak kemana2. Makanya Phuket jg gak tahu, tahunya cm Pattaya :p
    Jadi... halal ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo Phuket halal mbak. haha yg bilang kokinya ma customer service nya. kalo pattaya aku blm pernah coba. mungkin lain kali mbak tha kalo dpt voucher makan lg, langsung aja ke restonya trus nanya2. seandainya gak halal, ya pesen minuman aja.
      wehehehhe

      Hapus
  14. mantap nih mba ,, Yogya Memang Istimewa

    BalasHapus
  15. Wah menunya lumayan juga tuh bikin ngiler.. Tapi tetep, untuk kantong saya mah lebih cocok makan di burjo aja.. Wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  16. Pengennnn. Tp kurang merakyat tuh harganyaaaa...#nestapamahasiswa

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.