Rabu, 29 Januari 2014

Terpikat Foto Pantai di Malang Selatan (Jalan Bareng Kawan PPL-PPG # Bagian 1)


Saya kembali mendapatkan kesempatan jalan-jalan ke Malang. Kali ini bersama rombongan kawan-kawan di lokasi tempat saya praktik mengajar di Surabaya. Total ada 15 orang yang ikut dalam rombongan ini. Rombongan berasal dari berbagai program studi dan satu lokasi sekolah tempat praktik mengajar dan penelitian tindakan kelas. Jumlah yang banyak membuat kami memilih menyewa kendaraan minibus dari Surabaya.

Senin, 27 Januari 2014

Rumah di Kampung Adat Wologai Tengah

Foto : Kampung Adat Wologai Tengah, Ende, Flores, NTT . Doc: Pribadi. Photo By: Ina Rakhmawati

Saat itu saya masih menjalankan tugas mengajar di daerah tertinggal. Pada saat sekolah libur hari paskah, saya memanfaatkan waktu untuk menjelajah sudut lain di kabupaten penempatan saya. Siang itu, dengan sepeda motor saya melintasi Kampung Adat Wologai Tengah, Kecamatan Wologai, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Nampak kehidupan penduduk sekitar yang masih alami, begitu juga dengan bangunan rumah mereka yang terbuat dari rumbai-rumbai.

Pada hari tertentu, ada upacara adat yang dilakukan di kampung ini. Tentu, penduduk di kampung ini masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat yang dianggap luhur oleh masyarakat. Awalnya saya ragu ingin berkeliling. Namun, seorang penduduk yang melihat saya menawari saya untuk jalan-jalan keliling kampung ini. Saya berinteraksi dengan beberapa orang warga yang kebetulan sedang bersantai di depan rumah. Mereka sangat ramah!

Diikutkan dalam Turnamen Foto Perjalanan ke 34: Tema : "Kampung"

Catatan Editan (29 Jan 2014)
Banyak komentar dari visitor bilang ulasan tentang kampung adat di postingan ini kurang lengkap. Trims sarannya. Sengaja cuma mengulasnya singkat karena inti dari postingan ini bukan cerita artikelnya, melainkan fotonya. Jadi dua paragraf di bawahnya hanya sebagai penjelasan dari foto. 
Ulasan komplit tentang kampung adat wologai tengah bisa dibaca di sini : 

Seharian di Kota Jogja, Bisa Keliling ke Mana Aja?

 Dear readers, saya yakin pasti banyak diantara pembaca di sini pernah mengunjungi Yogyakarta.  DIY memang di setting sebagai kota budaya sekaligus destinasi wisata yang menarik untuk disinggahi. Sebenarnya banyak  tempat wisata yang tidak kalah menarik yang berada di luar kota Jogja. Kalo yang di dalam area kota Jogja bahkan bisa dikunjungi dalam waktu seharian dari pagi sampai malam karena lokasinya tidak terlalu jauh antara obyek yang satu dengan yang lainnya.

Belum lama ini saya juga kembali jalan-jalan di seputar kota Jogja, untuk yang ke...ah, entah, ke-sekian kalinya. Hoho. Sudah merantau ke Ende dan Surabaya pun saya masih suka suasana Jogja.  Sayangnya bertepatan dengan musim liburan jadi jalanan macet dan obyek wisata lebih dipadati pengunjung. Trust me,jalan-jalan ini nggak butuh banyak biaya alias bisa liburan hemat . Nah, seharian di kota Jogja bisa keliling ke mana aja?

Selasa, 21 Januari 2014

Mencicipi Aneka Olahan Jamur di jeJamuran Resto


Sudah lama saya nggak bikin postingan tentang kuliner nih. Kebetulan belum lama ini saya nyobain makan jamur (jamur tanaman, bukan jamur penyakit hehe) yang enak di jemuran  jeJamuran Resto yang berlokasi di Jalan Magelang km.10,5 Yogyakarta. Sebenarnya udah lama pengin ke sini, tapi belum kesampaian. Jadi ini wisata kuliner pertama saya di 2014 (halah...). jeJamuran resto populer di kalangan beberapa rekan saya.

Ceritanya Fikri ngajakin wisata kuliner sekaligus makan siang. Kami sepakat milih jeJamuran Resto. Untuk menuju ke sana ngelewati alun-alun kota Sleman, terus sampai perempatan setelah alun-alun tersebut. Di sana ada papan penunjuk arah ke jeJamuran Resto yaitu belok kanan. Gampang nyarinya. Wah ternyata rame banget sampai harus reservasi tempat (alias ngantri tempat segala). Udah restonya laris di hari biasa, sekarang pas momen tahun baru tentu yang datang tambah banyak.

Minggu, 19 Januari 2014

Study Tour ke LaPas Anak Kelas IIA Blitar dan Makam Bung Karno


Apa yang pertama kali terlintas di benak kita saat mendengar kata “penjara”?
Sebuah tempat pembinaan untuk narapidana yang perbuatannya melanggar hukum.  Lebih tepat dan ‘halus’ jika saya katakan Lembaga Permasyarakatan (disingkat Lapas atau LP) saja ya, readers :-)  

Rombongan berkesempatan ke LaPas Anak kelas II A Blitar, Jawa Timur dalam sebuah acara kunjungan belajar (study tour) yang disepakati oleh dosen ketua jurusan pada bulan Juni 2013 lalu. Wah...udah setengah tahun yang lalu ya. Saat itu bertepatan dengan berakhirnya workshop Pendidikan Profesi Guru semester ganjil.  Rombongan berangkat dari Surabaya pukul 05.30 WIB dari Surabaya. Dosen-dosen pendamping kami lebih on time dan sudah menunggu di bus sebelum jam pemberangkatan. Salut untuk Bapak dan Ibu dosen!

Senin, 13 Januari 2014

[REVIEW] Jangan Jadi Muslimah Nyebelin!


Salon Kepribadian,bisa jadi 'teman' pengantar tidur

Judul : Salon Kepribadian (NEW) Jangan Jadi Muslimah Nyebelin
Penulis : Asma Nadia
Cetakan: kedua, Agustus 2013
Penerbit: Asma Nadia Publishing House
Jumlah halaman: xvi+312 halaman

Bukan hanya anggota tubuh seperti rambut,  wajah dan kulit yang bisa dirawat di salon, melainkan juga kepribadian kita sebagai seorang muslimah. Buku ini memuat kiat-kiat bagaimana memperbaiki diri sendiri agar menjadi muslimah yang tidak hanya indah dipandang luarnya saja, melainkan juga memiliki inner beauty dengan sikap yang santun. Bisa aja kita nggak sadar kalau ada sikap atau kebiasaan kita yang ternyata di mata orang lain ‘menyebalkan’. Semuanya dibahas dalam buku Salon Kepribadian: Jangan Jadi Muslimah Nyebelin! ini.

Rabu, 08 Januari 2014

OSPEK di Luar Batas Kewajaran, Nyawa Pun Melayang



 KOMPAS.com — Meninggalnya FDS, mahasiswa baru di sebuah institut di kota M, diduga akibat disiksa oleh oknum fendem (panitia keamanan ospek) yang berlangsung pada 9-13 Oktober 2013 lalu.
Menurut rekannya, FDS, mahasiswa baru asal Mataram, Lombok, NTB, itu disiksa karena berupaya untuk melindungi para mahasiswa lain yang mengikuti ospek. "FDS mencoba melindungi peserta ospek lainnya. Upaya itu diketahui oleh pihak panitia. Saat itu, panitia semakin brutal kepada FDS," kata Lalu Mustaqim, koordinator aksi, kepada Kompas.com, Senin (9/12/2013).
Dikutip dari

Demikian berita yang saya baca di internet belum lama ini. Saya jarang sekali menonton televisi kecuali pada saat berada di rumah di Cilacap. Untung aja sekarang internet semakin booming sehingga berita-berita terkini pun dengan mudahnya diakses via internet maupun akun-akun berita di twitter. Kasus kematian bukan yang pertama kali ini saja terjadi saat pelaksanaan orientasi mahasiswa atau ospek atau kegiatan dalam area intitusi pendidikan. Berita terakhir kabar kematian yang terjadi beberapa bulan silam itu membuat banyak pihak sekaligus saya , terhenyak.