Jumat, 14 Maret 2014

Tulisan Terpilih di Website Liputan 6

Awal Maret 2014 yang lalu, saya mengirim tulisan untuk "Tulisan Bertopik Pekerjaan Impian" di websitenya Citizen6/Liputan6. Bakal dipilih 6 tulisan oleh 'redaksi' nya. Alhamdulilah tulisan saya terpilih. Wah sempat nggak nyangka juga. Soalnya artikel saya sederhana, menceritakan pengalaman saya jadi guru. Puluhan tulisan yang masuk dan saya baca di web, bagus-bagus. Mereka menceritakan karirnya, ada yang jadi peneliti, dokter hewan, wanita karir, guru, fotografer, ahli IT dan maaasssiiih banyak lagi. 
menjadi salah satu dari 6 pemenang



Citizen6, Jakarta Puluhan artikel telah masuk ke email Citizen6 dalam Program Menulis Bertopik ke-10: Pekerjaan Impian. Tiap 6Lovers mempunyai pekerjaan-pekerjaan impian yang unik, seru, dan sangat menginspirasi ratusan pembaca Liputan6.com.

Beberapa di antaranya ada yang ingin menjadi jurnalis alam bebas, penulis skenario, seorang peneliti, entrepreneur, menjadi sales yang sukses, berkarir di Google, dan lain-lain. Namun, dari sekian banyak artikel yang masuk tersebut hanya 6 artikel terbaik yang dipilih oleh Tim Citizen6 untuk mendapatkan merchandise eksklusif dari Liputan6.com.

Kriteria seperti apa yang membuat tulisan-tulisan tersebut terpilih? Tidak memiliki susunan kata yang rumit, mampu dipahami oleh para pembaca, memiliki ide-ide tulisan yang tidak biasa atau umum, dan masih banyak lagi kriteria lainnya. Berikut ke-6 tulisan terpilih tersebut:

1. [Pekerjaan Impian] Fotografer Liga Inggris, Antara Impian dan Harapan, Ariful Azmi Usman
2. [Pekerjan Impian] Senang Bisa Mengobati Binatang Kesayangan, drh. Prapatantio Teteg Pringgodigdoyo
3. [Pekerjaan Impian] Awak Kabin, 5 Profesi Menjadi 1 di Udara,  Gasi Dhias
4. [Pekerjaan Impian] Berkreasi di Alam Bebas,  Anggara Aji Wijayanto
5. [Pekerjaan Impian] Bekerja di Dunia Pertanian, Ratna Yunita Handayani
6. [Pekerjaan Impian] Guru, Profesi yang Selalu Menginspirasi, Ina Rakhmawati

Selamat buat ke-6 tulisan terpilih dari Liputan6.com. Program penulisan bertopik Citizen6 masih akan terus berlanjut dengan topik-topik berbeda setiap 2 Minggu sekali. Bila 6lovers ada ide-ide unik, lucu, menarik lainnya yang ingin diangkat menjadi topik berikutnya, silahkan kirimkan komentarnya. (Tim Citizen6)
(Maria Flora) 
 
 
Nah, ini dia artikel saya itu.
Dimuat di : 
 http://news.liputan6.com/read/2018423/pekerjaan-impian-guru-profesi-yang-selalu-menginspirasi

[Pekerjaan Impian] Guru, Profesi yang Selalu Menginspirasi

 
Citizen6, Jakarta Jalan hidup telah menuntun saya untuk masuk di jurusan keguruan dalam perkuliahan. Tak pernah terlintas di bayangan saya sebelumnya, nantinya saya akan terjun di profesi guru. Sampai akhirnya, saat saya berada di bangku kuliah tingkat akhir. Ada sebuah pendaftaran untuk mengajar di pelosok negeri selama 1 tahun. Di situlah titik balik dalam diri saya muncul.

Satu bulan setelah mengikuti prosesi wisuda, program ini mengirimkan para sarjana untuk mengajar di daerah tertinggal dengan lama kontrak satu tahun, yaitu menjadi guru di daerah terpencil.

Setelah menjalani pembekalan dan dididik langsung oleh angkatan tentara, saya dan rekan-rekan pun diberangkatkan menuju daerah penempatan, yakni di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Setahun berlalu, banyak inspirasi yang didapatkan dari anak-anak di daerah ini. Banyak diantara mereka yang motivasi belajarnya masih rendah, apalagi jika tidak didukung oleh keluarga. Sehingga, tidak heran banyak anak didik saya yang membolos di waktu-waktu tertentu dan memilih membantu orang tuanya mencari kayu, berkebun dan jualan di pasar. Namun, sebagian siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi dan sangat ingin menjadi orang yang berhasil nantinya.

Saya juga kagum dengan bapak kepala sekolah di sekolah dimana saya ditempatkan. Ia memiliki dedikasi yang tinggi untuk mengubah pola pendidikan di daerahnya agar lebih maju. Setahun penuh kisah di NTT, efeknya masih terasa sampai sekarang  meskipun telah kembali ke Jawa.

Menjadi guru adalah tentang berbagi inspirasi. Menjadi guru bukanlah hal yang mudah. Seperti pepatah tut wuri handayani, guru harus menjadi sosok yang mampu digugu lan ditiru. Selain memberi contoh yang baik, seorang guru juga harus mampu membimbing siswanya.
Ketika saya belajar menjadi seorang guru, maka saya juga telah belajar menjadi seorang ibu yang baik. Bagaimana saya bisa berhenti bilang kalo menjadi guru adalah pekerjaan impian? Dan ketika kita bekerja sesuai passion atau impian, kita seolah sedang tidak bekerja. Melainkan sedang melakukan hobi yang dibayar! (mar)

Penulis
Ina Rakhmawati
Alamat Blog : www.inarakhmawati.com
Twitter : @LOVELY_iena

6 komentar:

  1. selamat ya, tulisannya menginspirasi semoga banyak tulisan lainnya yang bisa masuk

    BalasHapus
  2. Benar-benar menjadi kisah yang menginspirasi, dan sungguh mulia seorang guru yang mempunyai peranan penting dalam mencetak generasi bangsa. oh iyah, selamat yah, mbak. tulisannya sudah terpilih:)

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.