Kiprah Pemimpin Wanita




 Cut Nyak Dien dan Raden Ajeng Kartini memang sudah tiada dan namanya yang dikenang sepanjang masa sebagai pelopor emansipasi dan peran wanita. Namun, banyak kartini-kartini yang siap meneruskan kiprahnya untuk membangun Indonesia . Sebagai contoh, sebut saja Megawati Soekarnoputri. Tidak hanya Filiphina yang pernah memiliki pemimpin negara seorang wanita, melainkan Indonesia juga.  Fakta ini juga menumbuhkan partisipasi kaum wanita untuk terjun dalam kancah politik nasional.


Lingkungan Surabaya Semakin Asri

Pemimpin lainnya yang juga seorang wanita adalah Ir. Tri Rismaharini, M.T yang kini masih menjabat sebagai walikota Surabaya. Saya yang sempat merasakan tinggal setahun di Surabaya ini kerap mendengar kiprah beliau dalam memajukan kotanya. Bu Risma menjabat sebagai walikota sejak bulan September 2010. Di bawah pimpinan beliau, Surabaya menerima penghargaan Future Goverment Awards 2013 dan Data Inclusion melalui BLC. Penghargaan tersebut telah mengharumkan nama Indonesia  di mata internasional.
Taman Bungkul, salah satu taman kota di Surabaya. (sumber)
Saya merasakan bahwa tata kota Surabaya semakin asri. Banyak taman-taman yang dibangun untuk rekreasi dan penataannya apik. Misalnya Taman Bungkul, Taman BMX dan Taman Prestasi yang ada di Kota Surabaya. Suasana taman-taman ini membuat kota Surabaya terlihat hijau. Masyarakat banya yang bersantai di taman kota pada sore dan malam hari. Tentu saja tanpa dipungut karcis masuk. Bu Risma telah berhasil mengubah image Surabaya sebagai kota besar yang kumuh dan panas menjadi kota yang lebih ramah lingkungan dan asri.
Selain itu, permasalahan banjir di Surabaya pun berkurang drastis. Beberapa proyek dilaksanakan untuk mengatasi banjir dan kemacetan. Apakah sepak terjang Bu Risma cukup sampai di situ saja? Tidak. Bu Risma dengan serius menangani keluhan masyarakat Surabaya, permasalahan KBS, hingga lokalisasi. Beliau tidak segan-segan ikut turun ke jalan untuk memantaunya. Seperti yang dilansir dari Tribun Jogja (21/03/2014), Bu Risma menuturkan bahwa di dalam mobil pribadinya banyak perlengkapan yang bisa dipakai sewaktu-waktu untuk ‘blusukan’, mulai dari mantel, linggis, sandal jepit, pompa hingga sepatu bot. Pada saat hujan deras, Bu Risma kerap berkeliling ke rumah pompa untuk memantau apakah pompa air dapat bekerja maksimal.
Tri Rismaharini, walikota Surabaya (sumber)
 Kemajuan Surabaya di tangan Bu Risma memang luar biasa. Sebagai seorang perempuan, ia memiliki kepekaan perasaan dan simpati yang besar sehingga langsung ingin mengatasi permasalahan dengan responsif. Termasuk dalam permasalahan yang menyangkut kaum perempuan. Dalam sebuah tayangan di televisi, Bu Risma menceritakan bahwa batinnya teriris melihat seorang PSK berumur 60 tahun masih ada di kawasan lokalisasi di Surabaya. PSK itu menjadi langganan anak SD dan dibayar Rp.1000-2000. Naluri Bu Risma sebagai wanita tergerak untuk segera mencari solusinya. 


Selain itu, Bu Risma juga memiliki rasa spiritualitas yang tinggi. Dalam berbagai liputan tentang dirinya, tergambar jelas bahwa semua dilakukannya dengan tulus sebagai bentuk pengabdian kepada negara. Ia tak gentar saat berhadapan dengan permasalahan yang pelik sekalipun.
“Saya sudah siap dengan semua resikonya. Yang penting adalah pertanggungjawabannya kelak di akhirat,” ungkap Bu Risma dengan tegas pada media yang meliputnya.
Dalam menjalankan amanahnya yang berat sebagai walikota, Bu Risma tidak suka mengumbar janji manis. Wanita yang mendapat 51 penghargaan dan pernah masuk nominasi walikota terbaik sedunia ini  lebih suka menunjukkan bukti nyata dalam berbagai aksi  membangun Surabaya sebagai bagian dari Indonesia. Beliau sadar, amanahnya hanyalah titipan sementara. God bless you, Bu Risma.

Jadi Pemimpin itu Tidak Mudah

Beban yang dipikul seorang pemimpin memang berat. Jika langkah yang diambil kurang sesuai sedikit saja, akan menuai protes dan komentar tajam. Menjadi ketua organisasi di sekolah atau kemahasiswaan saja sudah sulit. Apalagi memimpin peperangan, memimpin kota bahkan memimpin negara. Namun, contoh sosok pemimpin seperti Cut Nyak Dien, Kartini, Tri Rismaharini membuktikan bahwa wanita juga bisa membangun Indonesia. Kiprah mereka banyak membuat wanita di negeri ini terinspirasi.

17 komentar

  1. lho...baru setahun di sby...????

    surabaya emang luar biasa....banyak peruabahn yang terjadi dengan adanya bu risma...sayang...ada oknum yang tidak suka dengan kepemimpinan beliau....semoga beliau terus dijaga oleh Allah

    BalasHapus
  2. Bu Risma memang sosok yang luar biasa, pemimpin yang sanggup membawa perubahan.

    BTW, emang masih bisa post #IndonesiaHebat hari ini? Kanan di banner itu ditulis paling telat tgl 6 April?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut keterangan di http://www.indonesiahebat.org/news/2014/02/kontes-ngeblog-indonesiahebat-2014#.U0LDa6LXRdg , penyelenggaraan kontesnya cuma sampai 7 April 2014.
      :-D

      sepakat, bu risma keren.

      Hapus
  3. Pas di Surabaya malah gak mampir ke Taman Bungkul e.

    Bu Risma pembawaannya santai, tapi apik kepemimoinannya ya, Mba.

    BalasHapus
  4. Surabaya sudah lebih baik ya... jadi pengen dolan2 ke Taman Bungkul :)

    BalasHapus
  5. pemimpin indonesia hebat, wanita indonesia juga hebat

    BalasHapus
  6. Indonesia akan terus memiliki pemimpin seperti di atas jika generasi mudanya juga hebat.

    BalasHapus
  7. Ketahuan nih Nyoblos PDIP legislatif kemarin mbak Ina, hihihi :D Maju terus pemimpin wanita Indonesia, nih penulisnya mbak Ina juga hebat kuk :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya buat artikel ini untuk kontes ngeblog :-)
      nggak ada sangkut pautnya dgn pemilu 9 april hehe

      Hapus
  8. Sayapun juga berharap Indonesia Hebat bukan hanya sekedar Tagline namun berhasil dieujudkan oleh mereka para pemegang kekuasaan. Indonesia Hebat, indonesia yang mampu berdiri sendiri, mampu mengelola sumber daya yang dimiliki sendiri tanpa harus melibatkan pihak asing..

    BalasHapus
  9. salut banget ya sama bu risma, seorang pemimpin wanita yg patut diteladani :)

    BalasHapus
  10. harus nya yang jadi presiden itu ibu risma

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.