[DARE To Dream ! ] Lolos Tes Final ASN alias CPNS 2014!



Saat blogwalking ke blognya Mbak Ila Rizky, saya melihat ia mencantumkan link giveaway bertema “Dare To Dream!” di Windamaki’s Blog.  Intinya, peserta diminta menceritakan impiannya, yang ingin dicapainya. Wuih, betul-betul tema yang daring alias menantang. Awalnya saya nggak yakin mau mendeklarasikan impian di postingan blog ini. Hehehe. Tapi, bismillah aja deh. Siapa tau jadi doa yang dikabulkan Allah. Postingan ini khusus saya bikin untuk ikutan Giveaway di Windamaki’s Blog.

Alkisah di awal tahun 2010, saya menggambar impian seperti ini:


Mind Map ini dibuat sebagai salah satu media pembelajaran sesuai materi yang hendak saya bawakan saat micro-teaching saat masih S1 dulu. Saya punya beberapa pekerjaan impian.Tahun 2013 keinginan S2 itu kuat.  Namun, Allah rupanya punya jalan lain….sebab sekarang persyaratan utama untuk jadi dosen harus lulus S2 terlebih dahulu. Ternyata, jalan saya tidak lanjut ke S2. Jadi, rencana untuk S2 gratis tampaknya sudah digantikan oleh Allah dengan Beasiswa Pendidikan Profesi Guru *positive thinking*. Setidaknya, ada beberapa point lain dalam mind map itu yang telah tercapai dan insya allah akan tercapai.


Impian saya tahun ini, saya ingin lolos tes final Aparatur Sipil Negara (ASN) alias Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan MURNI. Banyak orang bilang, bahwa tidak harus menjadi PNS untuk bisa hidup berkecukupan dan terpandang. Buktinya, banyak ladang pekerjaan lain yang bisa memberi penghasilan jauh lebih besar dibandingkan sekadar menjadi PNS.

Lantas mengapa saya ingin jadi PNS?
Kedua orang tua saya adalah PNS kantoran. Kalau orang tua PNS, bukan  berarti anaknya harus mengikuti jejaknya dengan menjadi PNS juga. Namun, nggak bisa dipungkiri donk kalau mereka sangat mendukung saya agar lolos tes CPNS.
“Kalau ada sekolah swasta nawarin kamu jadi guru yayasan, lihat kontraknya. Sekiranya ada penalti denda jika keluar sebelum masa kontrak habis, pertimbangkan saja dulu. Soalnya tahun ini ada seleksi CPNS. Kamu persiapan saja belajar untuk lolos CPNS” kata Ibu.
Dari kalimatnya saja tertera kan, kalau Ibu sangat menginginkan anaknya menjadi PNS.
“Kalau kamu jadi PNS kan punya banyak waktu buat nengok Ibu dan Bapakmu,” tambahnya lagi.
Pekerjaan sebagai guru PNS adalah salah satu pekerjaan yang sangat tepat bagi wanita. Guru PNS bisa pulang sesudah kegiatan sekolah usai di siang hari,  lalu di rumah bisa fokus ngurus keluarga nantinya (setelah menikah). Kadang memang ada beban membuat Silabus, RPP, materi, tetapi itu bisa dikerjakan setelah urusan di rumah selesai. Selain itu, guru PNS bisa ikutan libur saat sekolah libur. Bisa menemani anak pesiar saat liburan. Di samping itu, banyak waktu yang tercurah untuk keluarga.
Dengan bekerja untuk negara, gaji seorang guru PNS bisa dibilang mencukupi untuk ditabung dan menambahi biaya pengeluaran pribadi maupun rumah tangga.  Jadi, nggak perlu bergantung 100% minta uang dari suami deh. Hehehe. Sedangkan dari segi status, bekerja sebagai guru PNS akan membuat saya tenang dan aman dalam bekerja  :-D

Target Waktu Impian Jadi PNS?
Berhubung tahun 2014 kabarnya akan dibuka formasi CPNS, saya ingin tahun 2014 ini lolos seleksi final CPNS. Semoga saja formasi yang sesuai bidang saya kembali tersedia, bahkan bila mungkin ditambah kuotanya!

Hal-hal yang Saya Lakukan untuk Mencapai Impian Tersebut
Bapak bilang, sesuatu hal yang sudah menjadi rejekimu tidak akan kemana. Namun, kamu harus menjemputnya.
Jadi, yang perlu dilakukan adalah DUIT (Doa, Usaha, Ikhtiar, Tawakkal). Saya perlu banyak membedah tipe-tipe soal CPNS dan latihan soal, khususnya Tes Wawasan Kebangsaan. Kemarin jebloknya di situ :-D
Iya, tahun 2013 saya sudah mencoba ikutan tes CPNS di Surabaya dengan sistem CAT (computer) dan di Kabupaten Cilacap dengan sistem LJK manual. Kebetulan waktu pelaksanaannya nggak berbarengan. Namun, saat itu persiapan dalam menghadapi tes memang masih sangat kurang dan belum rejekinya. Semoga tahun ini bisa lebih maksimal.

Hal yang Terburuk Jika Impian ini Belum Tercapai
Kalaupun belum beruntung, setidaknya saya telah berani mencoba. Jika plan A gagal, maka harus ada cadangan plan B, C dan seterusnya. Jadi, saya harus punya pekerjaan dan nggak menggantungkan harapan di ranah ujian CPNS saja. Bolehlah jadi guru yayasan swasta atau karyawan jadi pilihan sebagai pekerjaan tetap.  Lolos tes seleksi CPNS apalagi di Jawa ibarat lolos dari lubang jarum. Kemungkinannya memang kecil sekali. Belum lagi ditambah isu-isu main uang dan ‘beli kursi’ . (Besok saya mau bawa kursi sendiri aja deh dari rumah hehe). Namun, bukan tidak mungkin peserta bisa lolos dari jalur murni seperti beberapa teman saya.
Setiap orang punya impian. Selagi masih bisa berusaha menggapainya, kenapa tidak? If u have a dream, declare it!

, “I DECLARE, I WILL ACCOMPLISH MY DREAMS”

Apa impianmu? Sobat bisa menceritakannya dalam ajang giveaway ini dengan klik tautan berikut:

8 komentar

  1. Gambarnya unik. Tenyata Mbak Ina pintar menggambar juga, ya. Semoga semua impiannya tergapai.

    BalasHapus
  2. Mba, semoga cita2 terwujud tahun ini, ya. Sinau sinauuuu. . .:D

    BalasHapus
  3. Mimpinya sama, aku pengen jadi guru juga. Semoga terwujud ya!

    BalasHapus
  4. gambarnya baus banget ,kok bisa ya pada gambar bagus2 gitu :)

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.