Rabu, 01 Juli 2015

Kiat Cermat dan Jitu dalam Menabung


 
sumber gambar : manado.tribunnews.com
 Menabung merupakan kegiatan yang sangat familiar di telinga kita. Sedari kecil, sebagian dari kita sudah terbiasa menabung di celengan. Waktu kecil, saya paling semangat ngisi celengan…kalo udah penuh tinggal dibuka deh. Seneng ngitung recehan demi recehan untuk disetor ke bank.  Kebiasaan menabung dari kecil ini rupanya terbawa hingga kini, sehingga ngga kesulitan me-manage penghasilan. Ada kalanya saat kebutuhan hidup makin kompleks, menabung menjadi suatu hal yang sulit.  



Hidup butuh persiapan. Daripada menghabiskan seluruh gaji hanya demi memenuhi keinginan untuk bergaya, lebih baik sebagian ditabung buat kepentingan masa depan. Misalnya nih, kita pengin umroh dalam beberapa tahun mendatang. Biar terencana dengan baik, kita bisa menabung sedikit demi sedikit sejak sekarang! Ada lho bank yang menyediakan program tabungan umroh. Nasabah cukup menyetor uang rutin tiap bulannya.

Berikut ini beberapa kiat menabung ala saya…

1.Miliki 2 jenis rekening tabungan, misalnya bank A dan bank B. Bank A saya gunakan untuk menerima gaji yang ditransfer oleh negara tiap bulan. Bank B saya gunakan untuk menyimpan uang yang saya pakai belanja aneka kebutuhan. Nah…setiap bulan, 20%  dari gaji pokok akan saya biarkan ada di Bank A, 80% saya ambil dan saya simpan di Bank B. Uang yang ada di bank A merupakan dana simpanan sekaligus dana  untuk keperluan ‘darurat’.

2.Mengalokasikan pendapatan untuk berbagai keperluan. 80% dari uang gaji pokok tadi dibagi untuk berbagai keperluan, seperti bayar uang kos, cicilan bank (kalau ada), uang makan dan uang untuk hiburan.
sumber gambar : promosindo-media.blogspot.com
 3.Tahan godaan keinginan impulsive untuk belanja dengan membuat skala prioritas kebutuhan dan  catatan pengeluaran bulanan. Ini sebagai peringatan agar kita bisa berhemat dan sebisa mungkin terhindar dari yang namanya hutang ke teman untuk kebutuhan sehari-hari. Irit bukan berarti pelit ya. Irit itu berarti selektif dalam membelanjakan uang. Saya engga ragu untuk hidup irit ala mahasiswa dengan masak sendiri di kos. Kalo pas ngumpul sama teman atau ada acara aja baru makan di luar.

4. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Cara ini bisa mencegah kita mengeluarkan uang untuk hal yang sebenarnya engga perlu. Misalnya, bulan Mei beli sepatu baru….maka bulan Juni jangan sampai tergoda beli sepatu lagi saat ngeliat model terbaru nampang di mall hehe. Tetapkan juga standar untuk cari hiburan. Contohnya, nonton bioskop 2 kali sebulan dipangkas jadi sekali sebulan. Kan lumayan uangnya bisa ditabung tuh.

5. Selain ditabung di bank, sisihkan uang untuk investasi. Banyak jenis ‘investasi’ yang bisa kita pilih sesuai keinginan kita. Misalnya membeli logam mulia melalui kredit atau cash. Pilihan lain seperti deposito, tabungan berjangka dan reksadana.

6. Gunakan fasilitas debit otomatis dari bank jika dirasa perlu. Sehingga, uang yang tersisa udah dipotong aneka tagihan.
sumber gambar : www.nimadesekardi.com

Guna memuluskan aksi menabung, ada banyak bank yang bisa kita percaya sebagai tempat penyimpanan uang yang aman. Setiap bank menawarkan program unggulan dan fasilitas yang berbeda-beda. Klik http://www.cermati.com/tabungan sebagai panduan komplit untuk mengenal berbagai macam jenis tabungan yang ada di Indonesia, seperti tabungan haji dan umroh, tabungan bisnis, tabungan anak hingga tabungan pensiun. Berbagai informasi yang ada disini akan memudahkan kita untuk memilih jenis tabungan yang sesuai. 

Menabung memang bukan hal yang sepele. Butuh niat untuk mewujudkannya demi mencapai pengelolaan finansial yang optimal. Yuk kita terapkan dengan hidup hemat serta menciptakan pundi-pundi tabungan!


pengumuman pemenang: http://www.emakgaoel.com/2015/07/pengumuman-pemenang-lomba-share-tips.html



14 komentar:

  1. Saya belum punya gaji atau penghasilan tetap. Jadi, ya, belum bisa menabung, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. penghasilan yang belum tetap juga bs disisihkan kok kak :D

      Hapus
  2. Makasih tipsnya ya mak, gutlak ya lombanya :)

    BalasHapus
  3. punya dua tabungan rekening itu ide yang bagus mbak. Jadi bisa meminimalisir simpanan menipis. Vey belom nyoba reksadana atau simpanan jangka panjang lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo aku lagi baca2 info aja nih di cermati tentang jenis2 tabungan :D

      Hapus
  4. Saya bukan hanya punya dua tabungan mbaa, lebih... tapi banyak yang isinya cuma beberapa ribu ajaa hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus itu mba kalo lebih dari 2 karena kebutuhannya pasti lebih banyak dari saya yg masih single :D
      asal jangan ampe saldo minus ya mba hehe

      Hapus
  5. harus cermat dalam menabungutuk masa depan ya

    BalasHapus
  6. Perempuan emg susah untuk ngga tergoda ama belanja ya, Mbak. Untung saya sih ngga hobi2 bgtt belanja. :D

    BalasHapus
  7. Selamat ya mbak jadi pemenang, sudah punya beberapa rekening dan sepertinya perlu diniatkan salah satu untuk tabungan

    BalasHapus
  8. artikel yang menarik, salam dari blogger pemula

    BalasHapus
  9. artikelnya sangat menarik, dan selamat jd pemenang ya
    Thanks

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.