Jelajah Kuliner Nusantara di Festival Jajanan Bango 2015 ~ Jakarta



“Kalo mau ke Plaza Barat Senayan mending turun di halte Gelora Bung Karno ato Bunderan Senayan ya?” tanya saya pada petugas di dalam Bus Trans Jakarta yang sedang melaju.
“Oh, mending di halte Bunderan Senayan aja Neng...”jawab si petugas kalem.
Si Alin mengiyakan. “Iya di sana aja Mba Ina...kan di twitter disebutin kalo lokasinya di Plaza Barat Senayan....”
Bus hampir melewati halte Gelora Bung Karno (GBK). Sambil bergelantungan, dari kejauhan saya melihat tenda-tenda pameran berwarna putih.
“Apa ngga turun di GBK aja Lin?” kedua alis saya bertaut.
“Mending di sini aja deh...” tawar Mba Femy.
“Tapi lokasinya di Plaza Senayan...udah kita turun di Senayan aja...” kata Alin lagi. Kami akhirnya sepakat. Sepakat mendulang kesalahan juga hehehe karena ternyataaaa....


Begitu turun di halte Bunderan Senayan, kami tanya-tanya orang ke orang, engga ada satupun yang tau persis dimana letak Festival Jajanan Bango 2015 (FJB 2015). Kami diberi arahan menuju lapangan belakang....dan sukses nyasar balik ke kerumunan tenda-tenda putih tadi. Rupanya ada event pasar rakyat juga di hari yang bersamaan. Omaigad...kebayang kan jalan kakinya lumayan. Lumayan gempor.
Untunglah seorang pedagang air mineral yang kami lewati tau letak FJB 2015.

“Neng jalan aja ke barat noh...”tunjuknya. “Udah lurus aja...ntar belok dikit di depan pintu GBK ketemu deh.”
“Oke deh makasi Pak!” jawab kami hampir kompakan. Ngga lama setelah itu, kami melihat kerumunan orang megang kipas bergambar bango.
“Nah, kali ini bener tuh!” si Alin bersorak dengan semangat. Kontras dengan raut wajah Kak Sari yang ngga bisa menyembunyikan rasa kagetnya.
“RAME AMAT YAK NAAA?!!! NGGA SALAH NIH???” Kak Sari belum bisa nerima kenyataan.
iyaaa...rame,,,rame pake bangetz
Yang dibilang Kak Sari sungguh ngga mengada-ngada.
Begitu masuk dalam arena FJB 2015, matahari sedang terik-teriknya menyinari lautan manusia. Ada puluhan stand makanan dan minuman nusantara yang bisa dijelajahi oleh pengunjung.  Banyak stand yang masakannya dianggap ‘fenomenal’ dan ‘maknyuusss’ sangat dipadati pembeli.
Selain disediakan tempat duduk, ada tempat makan standing juga
FJB merupakan event kuliner yang diadakan Kecap Bango setahun sekali di beberapa kota di Indonesia. Event ini menggandeng puluhan produsen kuliner untuk ikut serta di dalamnya. Tahun 2015, FJB dilaksanakan di Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta. Dalam event ini, pengunjung ngga sekedar bisa nyicipin berbagai menu kuliner nusantara, melainkan juga bisa mengenal berbagai masakan berbagai daerah di nusantara.


Kami diberi kipas tangan bergambar logo Kecap Bango dan sebuah buklet berisi daftar stand makanan-minuman dan peta stand, diantaranya:
Legenda Kuliner
  1. Mie Aceh Sabang
  2. Mie Koclok Mas Edi Cirebon
  3. Lontong Balap Pak Gendut Surabaya
  4. Tengkleng Klewer Bu Edi Solo
  5. Sate Klatak Mak Adi Yogyakarta
  1. Nasi Pindang Pak Ndut
  2. Tahu Tek Telor Cak Kahar Surabaya
  3. Sate Jamur Tiram Cak Oney Yogyakarta
  4. Oseng Oseng Mercon Bu Narti
  5. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Wisata Kuliner dari Indonesia Bagian Barat
  1. Sate Padang Ajo Ramon
  2. Ayam & Bebek Tangkap Atjeh Reuyeuk
  3. Soto Padang Hayuda
  4. Lontong Sayur Medan Kedai Mamak
  5. Tekwan RM. Sri. Melayu Palembang
  6. Roti Cane Kari Seulawah
  7. Sop Ikan Batam
  8. Sate Bangka Cha Cha
  9. Pempek Ibu Elly
  10. Ayam Gota Khas Medan
  11. Nasi Gemuk Khas Jambi
  12. Mie Aceh Bang Iwan

Wisata Kuliner dari Indonesia Bagian Tengah
  1. Bebek Kaleyo
  2. Soto Mie Theresia
  3. Gado Gado Kertanegara
  4. Nasi Gandul Khas Kota Pati Bu Endang
  5. Nasi Goreng Mafia
  6. Sop Janda
  7. Ketoprak Ciragil
  8. Gudeg Malioboro
  9. Nasi Uduk Mas Miskun
  10. Soto Bang Udi
  11. Ayam Kampung Bakar Madu
  12. Warung Special Sambal

Wisata Kuliner dari Indonesia Bagian Timur
  1. Nasi Kepal Dapur Mama Tya
  2. Ayam Rica Rica "Tinutuan Amurang"
  3. Sop Konro Depot Makassar
  4. Coto Makassar Kedai Pelangi
  5. Pallubasa Makassar
  6. Mie Cakalang Rumah Palem
  7. Kakap Goreng Saus Tauco Dinar Seafood
  8. Konro Bakar Daeng Tata
  9. Ikan Bakar Parape
  10. Kerang Hitam Manis Piccolinos
  11. Soto Sasak Lombok
  12. Ayam Bakar Bali Qui

Minuman/Makanan Penutup
  1. Rujak Juhi Petojo
  2. Serabi Solo Nikimawon
  3. Ketan Susu Wedang Ronde Mbok NeAncuk
  4. Serabi Bandung HNH Kebayoran
  5. Martabak Kubang
  6. Es Kolang Kaling Pelangi
  7. Es Pallubutung Ourora
  8. Sop Durian Lodaya
  9. Putu Bambu Medan
  10. Es Cendol Minang

Cemilan
  1. Tahu Petis Yudistira
  2. Cilok Madrasah
  3. Mendoan Kayarasa

Komplit banget kan! Ayo plih mana, pilih manaaa?
Antri 20 menit, muka kepanasan.
Stand pertama yang kami datangi adalah stand makanan Sate Klatak Mak Adi, makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Antrinya sampai.....20 menit berdiri panas-panasan. Karyawannya ampe kewalahan menangani pembeli yang berjubel. Termasuk kami yang kelaparan :p
karyawannya kewalahan. gimana nih Alin ngga bantuin sich! :p

Seporsi mini, Sate Klathak
Satu porsi terdiri dari nasi dan dua tusuk Sate Klathak. Rasanya? Mmmm...lumayanlah...walaupun engga se-maknyuuss Sate Klathak yang pernah saya santap di Jogja.

Saat Alin dan Mba Femy duduk-duduk nyobain menu lain, saya dan Kak Sari muter-muter stand khusus Kecap Bango. Alin dan Mba Femy nunggu sambil menyantap makanan mereka.

Dalam FJB 2015 ini, ngga hanya ada stand penjual kuliner juga. Melainkan ada stand sejarah Kecap Bango yang dibuat dari kedelai pilihan, sampai stand miniatur aneka kuliner Indonesia yang dibuat mirip dengan wujud makanan aslinya. Indonesia memang kaya ragam kuliner!
Mari mengenal ragam kuliner Indonesia. Yang foto atas hanya miniatur alias boongan
Stand Pameran Asal Muasal Kecap Bango
Kak Sari penasaran beli Soto Sasak Lombok

Setelah itu kami lanjuut menjelajah lagi...dengan menu pilihan masing-masing. Menu yang  saya beli berikutnya adalah...
Ngantri Coto Makassar
Seporsi Coto Makassar , dagingnya dikit....

Coto Makassar! Isinya sebuah ketupat dan sedikit irisan daging. Bener-bener sedikit bingit. Engga begitu nampol kuahnya, karena lidah saya lebih menggemari soto berkuah bening-segar dan soto kuah kacang alias Soto Sokaraja ala Banyumas. Eh gini-gini saya abis juga hehe. Saya kompakan beli es teh sama Kak Sari, Mba Femy dan Alin. Bener-bener pelepas dahaga.

Waktu lewat stand Ayam Taliwang khas Lombok, beuuhhh saya ngga bisa menahan diri untuk ngga beli! Abisnya ngangenin banget kuliner Lombok. Ayam bakar Taliwang ini disajikan dengan nasi dan sedikit pelecing kangkung. Walaupun citarasanya engga se-asli Ayam Taliwang dan pelecing kangkung yang original dibuat oleh orang Lombok :p
 Pelecing di stand ini kurang nendang pedesnya dan engga berasa aroma jeruk monte serta terasinya.
Seporsi Ayam Taliwang, pemuas perut yang lapar :p
Puas menggoyang lidah dengan makanan yang mengenyangkan perut, saya melirik menu es. Tadinya kami mau minum es kolang-kaling tapi stoknya lagi abis...lagi disiapin buat diisi kembali. Mau beli Sop Duren Lodaya juga lagi abis. Yang ada kami melihat stand Es Pallu Butung khas Makassar yang super panjaangg. Dilihat dari tampilan menu, sepertinya ini menarik! Kali ini kami kompakan pingin makan menu yang sama dan ngantrinya gantian buat ngurangin pegel hehe :p

Ternyata pas es-nya selesai dibikin....hmmm...rasanya biasa aja. Semacam es pisang ijo dikasih es batu dan sirup :p Tapi namanya orang haus, kepanasan, ya ujung-ujungnya habis juga! Hahaha...
Es Pallu Butung
Eh by the way...dari tadi kami udah makan berporsi-porsi menu dan habis ya. Kok kesannya kayak perut karet? Laper apa doyan? Gini...porsi nasi dan ketupatnya engga porsi gede. Mungkin sengaja dibikin porsi mini biar pengunjung engga gampang kenyang dan kuat berkeliling demi memanjakan perut. Selain itu, untung yang didapat penjual kuliner lebih banyak kan walau menunya dijual dengan harga yang cukup standar yaitu 20000 IDR per-menu makanan dan 15000 IDR per-menu minuman. Kecuali es teh tadi cuma 4000 IDR.

Kami melewati sebuah stand penukaran voucher...ternyata kalo nginstall aplikasi Warisan Kuliner Bango di ponsel akan mendapat sebuah voucher senilai 5000 IDR untuk potongan harga kuliner. Sayangnya Cuma batrei ponsel saya yang masih banyak dayanya. Sehingga kami hanya dapat sebuah voucher. Voucher itu saya berikan pada Alin yang masih pengen jajan Rujak Juhi Petojo. Saya nyicipin sedikit karena engga tertarik membeli. Yap...semacam rujak mie disiram bumbu kacang pedas manis dan ada baluran kerak telurnya.
Rujak Juhi Petojo, khusus yang 1 ini, cukup seporsi buat berempat
“Enakan minum es teh nya ketimbang Pallu Butungnya!” komentar Mba Femy yang disambut tawa berjamaah dari kami.
“Yang penting kan udang ngebolang kesini meeennn...” saya ketawa. “Anggep aja main dan makan!”

Gimana engga disebut ngebolang? Waktu kami pulang dari FJB 2015 harus jalan kaki ke Halte GBK, gonta-ganti dan naik turun halte bus TransJakarta mulai dari Halte GBK, transit di Dukuh Atas 1, jalan kaki nyebrang ke Halte Dukuh Atas 2, lanjut transit sampe Halte Matraman 2, jalan kaki nyebrang ke Halte Matraman 1, ganti bus sampai Halte BNN. Belum selesai, kami nunggu 30-40 menitan sampai bus APTB ke arah Cibinong transit di Halte BNN. Ditambah harus rela berjubel, berdesakan sama pembeli lainnya lagi. Ditambah lagi lelarian nguber bus TransJakarta saat transit...demi mendapat jatah bergelantungan di dalamnya ...serta memastikan ngga ada satu dari kami berempat yang ketinggalan bus. Kalo udah gini gimana ngga pusing ‘pala barbie cyiiin??! >.<

Sampai Cibinong tentunya udah laper lagi donk ya...wehehe...perjalanannya sungguh bikin laper. Tapi di situlah serunya...ngga ada kecewa. Semua lelah dan cerita berujung jadi canda tawa.

Guys...Ada yang pernah ke event FJB juga? :-D

5 komentar

  1. Bener2 wisata kuliner y mbak,
    Menggodah semuaaahh *lap iler

    BalasHapus
  2. Aku pengen banget bisa sekaliiiii aja datang ke jelajah kuliner nusantara di Festival Jajanan Bango... tapi di Madiun gak pernah ada... :(

    BalasHapus
  3. Eh ini sampai kapan? Sudah lewat ya?:o

    BalasHapus
  4. Sampai skrg, aku belum pernah nyobain sate klathak lho. . . :D

    BalasHapus
  5. ada mie aceh juga ya, kesukaanku. Belum pernah dateng ke acata kuliner nusantra nih aku

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.