Rabu, 09 September 2015

Berperahu di Hijaunya Green Canyon


Waktu liburan bulan Ramadhan kemarin, saya lumayan lama berada di rumah. Sampai suatu hari saya memutuskan buat menghibur diri ke Kabupaten Pangandaran. Bukan dalam rangka cari wangsit, melainkan mau jalan-jalan menjernihkan pikiran. Abis gimana ya, ngejernihin pikiran ngga segampang ngejernihin baju yang kotor gitu lho...baju kan cukup pakai molto sekali bilas...eh malah promosi?!! Maap... :-p


Sahabat saya ada di sana, tepatnya di Kecamatan Parigi. Sebut aja namanya Frida, nama sebenarnya. Dia lulus sebuah seleksi kerja dan mau ngga mau hijrah ke Parigi trus nge-kos di sana. Asik ya eike bisa numpang nginep gratez cyin! >,<
Dari Kota Cilacap, saya cukup naik bus ekonomi kecil, singgah di terminal Sidareja, terus ngelanjut naik bus ekonomi sekali lagi menuju terminal Kota Pangandaran. Dari Kota Cilacap sampai Kota Pangandaran butuh waktu 3 jam kalau bus lancar tanpa kelamaan ngetem di terminal. Nah sampai di sini saya naik angkot warna kuning tujuan Cijulang, tapi berhentinya di depan kantor pos Parigi. Jarak tempuh dari Kota Pangandaran sampai Parigi sekitar 30 kilometer.

Berhubung saya penasaran ama Green Canyon, saya ngajakin Frida ke sana. Apalagi obyek wisata ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari kos Frida. Kontur jalanan halus walaupun berliku-liku kayak jalan hidup.  #eh
gerbang Green Canyon
Oleh masyarakat sekitar, tempat ini biasa disebut “Cukang Taneuh”. Lokasinya di kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.  Green Canyon merupakan semacam ngarai atau daerah aliran sungai yang dikelilingi tebing. Uniknya adalah warna hijau tosca yang nampak, bukan air butek seperti sungai pada umumnya.

Konon ceritanya, tahun 1993 ada seorang turis dari Prancis yang memberi nama objek ini “Green Canyon”, karena keindahan warna hijaunya. Yap...beda-beda tipis lah ama “Grand Canyon” yang ada di Amerika.

Ada berbagai wahana yang ditawarin sama pemandu ketika wisatawan sudah berada di sini. Antara lain :
-Body Rafting plus uji nyali terjun dari tebing ssetinggi lima meter,  dengan tarif 1 juta untuk kelompok 5 orang.
-Berperahu, ‘disupirin’ sama pemandunya, tarifnya Rp.150.000 untuk 1 kelompok 5-6 orang. Perahunya sudah menggunakan mesin.

Pingin bingit body rafting, tapi tarifnya mahal karena kami Cuma berdua. Tarif yang berlaku adalah tarif kelompok. So, kami pilih sekedar berperahu aja menyusuri hijaunya Green Canyon.


 Iyaa serasa perahu milik berdua dah pokoknya. Kurang kompak apa ya saya ama Frida ini. 
kurang kompak apa???
Sama-sama tinggi, sampai beberapa teman bilang kami kayak anak kembar dari kejauhan.
Sama-sama rumahnya di Kabupaten Clacap, walaupun beda kecamatan.
Sama-sama SMA Negeri 1, walaupun beda kecamatan.
Sama-sama sekelas di perkuliahan, masuk dari jalur yang sama.
Sama-sama hampir lulus kuliah berbarengan dengan nilai sama.
Sama-sama lulus kerja di Provinsi Jawa Barat, walau beda kabupaten tapi jenisnya sama.
dan......
Sama-sama masih bermuka kayak anak SMA *dikepret pake ijazah SMA*
perahuku kan melaju...

Perahu berhenti di dalam gua.  Sampai di dalamnya ada semacam hujan abadi...disebut demikian karena stalagtit dan stalagmit di dalam gua terus-terusan meneteskan air seperti hujan kecil. 
segarnya air di guanya
di bawah tetesan hujan abadi

Airnya segar dan lumayan dingin. Semoga obyek wisata ini semakin berkembang dan terus mendapat perhatian dari pemerintah. Sebab, Green Canyon termasuk obyek wisata potensial yang menarik bagi pengunjung, mengangkat aset daerah serta mensejahterakan penduduk sekitarnya.

Nah, kalo sobat kapan-kapan berkunjung ke Kabupaten Pangandaran, sempatin juga main ke Green Canyon. Selain itu, sobat juga bisa sharing cerita perjalanan sobat di website Portal Lifestyle Breaktime . Breaktime.co.id merupakan sebuah website Lifestyle Portal yang menawarkan berbagai pengalaman baru serta inspirasi pada pembaca artikel.Klik http://breaktime.co.id/travel dan kita bisa merasakan keseruan berbagai cerita orang lain tentang perjalanan mereka. Selain tentang perjalanan, ada berbagai kategori lainnya seperti kesehatan, kuliner, hiburan dan fashion. Mau tau serunya komunitas Portal Lifestyle Breaktime ? Kunjungi situsnya dan gabung jadi membernya!

9 komentar:

  1. nangis guling2... udah lama kepengen banget ke sini tapi males kl sendiriaaaan :(

    BalasHapus
  2. Tempat ini jadi salah satu tujuan wisata selanjutnya nih mak, pengen banget ngajak keluarga ke sana...indahhh bangett ya :)

    BalasHapus
  3. impianku itu terjun dari atas tebing ke kolam di green canyon, sayangnya gak bisa renang hahahah

    BalasHapus
  4. Sekilas liat judulnya tak kira mbak Ina ke Amerika ngunjungi Grand Canyon, setelah dicermati eh ternyata Green, bukan Grand, tempatnya gak kalah kece ma Grand Canyon, lebih sejukan disini malahan :D

    Oh ya mbak, jernihin pikiran emang lagi mikir apa sih? Tinggi mbak Ina berapa kuk disamain ma Frida? :)

    BalasHapus
  5. aku juga sudah pernah ke sana, tai memang bagusnya pas lagi gak liburan.kalau pas liburan terllau banyak orang, sulit untuk berfoto ria

    BalasHapus
  6. hihihi tempatnya asik banget..
    liat postingan terbaruku sekolah di summarecon bekasi

    BalasHapus
  7. saya asli padaherang sdh sering ke pangandaran tp blm pernah ke green cenyonnya

    BalasHapus
  8. Mamang q punya villa d dekat situ...

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.