Kamis, 10 September 2015

Cegah Penuaan Dini dengan Cara-cara Ini

( sumber foto )


Ada beberapa orang yang udah dari sononya dikaruniai tampang yang terlihat jauh lebih muda dibandingkan usianya.  Jenis kulit wajah setiap orang pun berbeda-beda. Ada yang emang udah bawaan putih, halus, cerah jadi tanpa menggunakan bedakpun orang tersebut udah oke. *nangis di pojokan cari bedak*
Namun, tampil segar, bugar dan jauh dari kata penuaan dini emang dambaan hampir setiap orang. Apalagi bagi yang profesi sehari-harinya berhadapan dengan banyak orang.

Tanpa harus operasi plastik, ada beberapa cara yang bisa diupayakan untuk mencegah penuaan dini.


1. Rajin membersihkan wajah, apalagi kalo abis kena make up atau bepergian.
Setelah dibersihkan, tepuk-tepuk perlahan handuk di wajah.Tapi jangan terlalu sering cuci muka karena dapat menghilangkan minyak alami di wajah.

2.Rutin berolahraga ringan. Olahraga bagus untuk menguatkan sistem syaraf di otak agar hormon anti aging alami muncul. Waduh, saya sendiri udah lama banget ngga jogging, senam atau main bulu tangkis. Tapi olahraga ngga harus itu kan? Bisa diganti dengan gerakan senam lantai ringan saat bangun tidur dan jalan kaki setiap hari.

3. Hindari sering tidur tengkurap
Menurut artikel dari Health Me Up, tidur tengkurang ngga bagus untuk tulang bagian belakang serta membuat otot maupun tulang leher tegang. Inilah salah satu faktor pemicu terjadinya penuaan dini serta kerutan-kerutan halus di wajah.
Sebaliknya, tidur dalam posisi telentang lebih bagus untuk mencegah munculnya kerutan di wajah. Sebab, ketika seseorang tidur telentang, kulit wajah tidak bersentuhan dengan sarung bantal dan otot wajah lebih rileks. Gunakan lampu tidur yang redup atau dimatikan. Dalam kondisi gelap, akan tercipta hormon melatonin dari tubuh yang berfungsi mencegah degradasi sel tubuh.

4. Lakukan Senam Wajah untuk membuat otot wajah seperti mata, bibir, pipi, dagu dan dahi menjadi rileks.
sumber gambar: cegahpenuaandini.blogspot.com

5. Lakukan perawatan untuk kulit wajah
Untuk perawatan wajah secara tradisional, kita bisa mencoba masker alami. Ada masker tomat, putih telur,  jeruk lemon plus madu, masker bengkuang dan lain-lain. Bersihkan wajah sebelum menggunakan masker.  Hanya aja, muka saya sensitif jadi harus tau bahan-bahan alami apa aja yang membuat kulit menjadi alergi. Saya engga cocok pakai perasan jeruk lemon karena menimbulkan rasa perih di wajah. Sebagai gantinya, saya menggunakan masker dari campuran 1 sendok makan oatmeal, 2 sendok makan susu cair tanpa gula, 5 tetes olive oil atau minyak zaitun dan 1 sendok teh madu. Bahan-bahan tersebut diaduk rata dan dibalurkan merata ke kulit wajah selama 15-20 menit. Setelah itu wajah kembali dibasuh sampai bersih. Masker ini digunakan satu minggu sekali untuk menghaluskan dan menyegarkan wajah.

Perawatan wajah juga perlu didukung dengan pemilihan skin care yang tepat bagi kulit, termasuk krim mata. Sesuaikan dengan jenis kulit dan hindari sering menggonta-ganti produk kulit. Ada beberapa referensi skin care yang bisa kita intip di http://www.sociolla.com/ . Saya sendiri masih menimbang-nimbang mau perawatan pake produk kulit yang mana nih.

2 komentar:

  1. Nah, rutin olahraga itu yang males pake bingitssss

    BalasHapus
  2. Yang senam wajah nih perlu banget dipraktekin... coba ah

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.