Jumat, 26 Februari 2016

Kuliner Cibinong Bogor~ Mie Janda, Mie Ayam Jamur Enak yang Legendaris



Mie Janda Unyu, dengan pangsit basah dan bakso
 
Mie Ayam merupakan salah satu makanan kesukaan saya. Cerita soal mie ayam yang enak di Cibinong, Bogor, andalan saya yang pertama adalah Mie Janda. Namanya juga selera kan hehe. Warung mie janda khas dengan warna lapak ungunya, emang terkenal di kawasan Cibinong. Apalagi cabangnya ada di beberapa tempat di Cibinong. Apa yang khas dari warung mie ayam jamur ini?


Antara lain pemilihan nama menunya. Termasuk nama merk-nya , Mie Janda, yang merupakan singkatan dari dua ras pemiliknya: JAwa suNDA.


Mie Janda Unyu, dengan pangsit kering dan bakso


daftar menu, open image untuk melihat lebih jelas. menu minuman ngga aku foto

Ada Mie Janda Unyu-unyu, Mie Janda Kembang, Mie Janda Kaya, Mie Janda Super Mie Janda Bom-bom, dan lain-lain. Bedanya adalah isi dalam semangkuk porsi mie ayam tersebut. Ada yang pakai pangsit kering, pangsit basah, bakso, tahu, dan ada pilihan yang ngga pake. Saya yang udah cukup sering makan mie ini juga tetep ngga bisa ngebedain deh. Yang pasti kita bisa nanya ke karyawannya kok, soalnya nama menunya unik-unik dan ngga dijabarin di daftar menu.Tiap datang ke kedai ini, saya malah ngga nyebut nama pesenan menu dengan nama menu yang unik-unik itu. Saya langsung aja bilang...mie ayam pake pangsit basah ama bakso bungkus ya Bang! So simple. Tapi kalo pengunjung penasaran tentang penjabaran menunya, nanya aja ke karyawan. Mereka dengan ramah akan jelasi satu-satu.
Oh ya, selain menu makanan mie ayam, di kedai ini ada juga menu bihun, kwetiau dan bakso. Untuk bihun dan kwetiau sih saya belum pernah nyoba. Karena emang yang populer mie ayam-nya,....otomatis deh mindset saya kalo ke sana ya buat pesen mie ayam. 
 
Tampak depan warung Mie Janda jalan cikaret, ngeblur ni
Umumnya mie ayamnya pakai mie yang berwarna putih, tapi khusus Mie Janda Unyu, mie-nya berwarna ungu. Menurut karyawannya, mie tersebut pake pewarna alami dari buah bit. Rasanya agak sedikit kaku dibandingin mie janda yang biasa. Meskipun begitu, tetep ngga mempengaruhi rasa lezatnya atao ngga bikin rasanya jadi ngga enak dimakan. Aku lebih seneng yang mie janda yang pake mie biasa. 


Ngomong-ngomong soal buat bit yang warna ungu itu. Apa sih buah bit? Saya ngga familiar dengan nama buah itu. Sampai akhirnya waktu lagi googling, saya menemukan artikel mengenai buah bit di website Breaktime, situs populer yang memuat aneka ragam artikel yang berkaitan dengan lifestyle, kuliner, traveling dan tentunya resep makanan. Serba-serbi buah bit dikupas tuntas di artikel 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Buah Bit .

 Ternyata manfaatnya banyak, salah satunya adalah menutrisi tubuh dan kandungan seratnya juga tinggi. Nah, ngga salah nih kalo Mie Janda memakai buah ini sebagai bahan pewarna mie janda unyu, biar mie-nya makin unyu. *eh
 
Sausnya juga khas, dari saus belibis.

Kalo saya sih cocok-cocok aja ama saus ini. Tapi salah satu temen bilang sausnya pedes, bikin mules…itu karena lambung temen emang sensitif.

Dari segi nama minuman juga unik, misalnya Es Duda (Madu, Kelapa Muda, Nangka) Yaelah maksa amat namanya coy! Hahaha...jadi pengen bikin menu es sendiri. Hmmm sebentar sebentar...nanti saya googling resep minuman n resep makanan di website Breaktime dulu. Situs ini kan juga menyediakan banyak koleksi resep yang menggoda buat dipraktekin, siapa tau bisa bikin kombinasi es melebihi Es Dudanya warung Mie Janda :-D
Nilai plus lainnya menurut daftar menu yang saya baca, di situ dijabarin kalo racikan mie ayam jamur ini tanpa MSG, pewarna/pengawet berbahan kimia. Minumannya tanpa pewarna kimia, pakai gula asli dan buah segar.Yang saya posting di blog cuma dikit nih fotonya, karena emang ada fotonya yang itu doang. Hoho.

Dari segi harga masih terjangkau kok. Untuk Mie Ayam dibandrol antara 17000 hingga 20 an ribu, setara dengan citarasanya.Hayooo yang kebetulan ngelewatin area Cibinong, boleh lho nyobain makan mie ayam di sini.

Warung Mie Janda bisa dijumpai di cabang berikut ini:
Jalan Mayor Oking, Cibinong (Gampang nyarinya, ada di pinggir jalan raya)
Jalan Raya Cikaret, Cibonong (depan superIndo)
Griya Bukit Jaya Blok O, Gunung Putri
Ruko Bojong Depok Baru, Sukahati, Cibinong.

6 komentar:

  1. yeah deket niihhh... tfs mbak.. :)

    BalasHapus
  2. aku sih sukanya mie janda kaya,, :p

    BalasHapus
  3. moga-moga buka cabang di BEkasi :) pingin nyobain

    BalasHapus
  4. wah tahunya janda itu jaaw sunda ya.kirain...

    BalasHapus
  5. Sepertinya Mak Nyuss Mbak buat buka puasa besok :) Tak menyangka walaupun janda tapi punya citra rasa tersendiri ;)

    BalasHapus
  6. Walah kirain apa artinya ternyata jawa sunda toh
    kapan2 kalau lewat cibinong kayanya harus mampir ni

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.