Senin, 16 Mei 2016

Pesona Keindahan Kawah Putih




             Jika kita bicara tentang putih maka yang terlintas adalah kapas, susu atau kertas. Bagaimana dengan “Kawah Putih”? Pastinya Anda akan langsung mengingat kota Ciwidey di Bandung. Ciwidey merupakan sebuah kecamatan yang terletak di bagian selatan kota Bandung. Ciwidey terkenal sebagai kota wisata dengan salah satu tujuan wisatanya adalah Kawah Putih.
            Kawah Putih adalah lokasi wisata yang memiliki tanah berwarna putih. Mengapa berwarna putih? Karena tanah tersebut tercampur oleh belerang. Ternyata bukan hanya tanahnya saja yang berwarna putih, tetapi juga air danaunya berwarna putih kehijauan. Terkadang bisa berubah warna sesuai dengan kandungan kadar belerang, cuaca atau suhunya, Menarik sekali bukan?
            Kawah Putih berlokasi di pegunungan dengan ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut sehingga suhu udara di tempat ini terasa sangat dingin antara 22 derajat Celsius hingga 8 derajat Celsius. Karena suhu udara yang dingin ini sebaiknya Anda mengenakan pakaian yang lebih tebal atau membawa jaket saat mengunjungi obyek wisata ini.
            Pemandangan Kawah Putih yang indah dan romantis menjadikan lokasi ini sering  dijadikan sebagai tempat pengambilan gambar untuk film, foto prewedding, melukis, sampai dijadikan area berkuda dan mendaki.

            Kawah Putih yang berlokasi di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25 terletak tidak terlalu jauh dari objek wisata Situ Patenggang. Untuk mencapai ke lokasi Kawah Putih tidak perlu khawatir karena sangat mudah dan banyak terdapat petunjuk jalan. Jika Anda dari arah Jakarta menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui jalur tol Cipularang dan keluar pintu tol Kopo. Setelahnya Anda melanjutkan perjalanan ke arah Soreang. Jika Anda naik kendaraan umum, dari terminal Leuwi Panjang gunakan bus dengan tujuan terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey Anda bisa menaiki angkot menuju Situ Patenggang dan turun persis di depan gerbang Kawah Putih.
            Kawah Putih telah mempunyai fasilitas wisata berupa area parkir yang sangat luas, pusat informasi, mushola, toilet yang bersih dan nyaman, serta adanya restoran atau warung makan. Transportasi yang memudahkan Anda dari pintu gerbang menuju ke kawah  membuat Anda akan sangat menikmati berada disini.
            Jika Anda ingin menikmati pesona keindahan Kawah Putih Ciwidey Anda haru menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp.15.000 per orang dan berlaku setiap hari. Untuk kendaraan pribadi dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.150.000  untuk kendaraan roda empat dengan lokasi parkir di atas. Sedangkan Rp.35.000 jika Anda membawa kendaraan roda dua dengan lokasi parkir di atas. Parkir di atas makudnya adalah kendaraan Anda berada dekat dengan lokasi kawah. Harga akan berbeda jika Anda ingin memarkirkan kendaraan Anda di bawah, Tarif untuk motor sebesar Rp.5.000, untuk mobil sebesar Rp.6.000 dan tarif parkir bus sebesar Rp.25.000.
            Perjalanan dari pintu gerbang Kawah Putih menuju kawah berjarak kurang lebih 5 Km dengan medan jalan yang mendaki. Bagi yang tidak terbiasa jarak ini lumayan sulit dan melelahkan jika ditempuh dengan berjalan kaki. Oleh karena itu untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan maka disediakan fasilitas kendaraan yang diberi nama Ontang-anting dengan biaya sebesar Rp.10.000 per orang untuk rute pintu gerbang hingga ke Kawah Putih.
            Menikmati panorama keindahan Kawah Putih tidak akan cukup hanya dalam satu hari. Oleh karena itu dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari Kawah Putih terdapat sebuah hotel yang bisa Anda jadikan alternatif penginapan selama berada di obyek wisata ini.
            Hotel Albis bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk menginap. Sebuah hotel elegan yang berada di KM 01 Jalan Raya Ciwidey yang memiliki 29 kamar akan memberikan kenyamanan dan pelayanan yang sangat memuaskan. Dengan melakukan pemesanan di Traveloka Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah untuk mendapatkan kamar di hotel yang memiliki view pegunungan yang tidak dimiliki hotel lainnya di kawasan ini. .
            Fasilitas lain di hotel ini adalah area parkir yang luas, jaringan Wi-Fi, TV kabel, playground, pemanas air yang sangat bermanfaat untuk tempat dingin seperti Ciwidey, Rancabali Resto, meeting room, taman dan kolam renang yang bebas digunakan pengunjung hotel. Adanya live musik untuk menemani Anda jika menyantap hidangan makanan di Rancabali Resto, Café and Lounge akan menjadikan waktu makan anda terasa rileks dan berkesan.
            Kawah Putih memang sangat mempesona. Namun, karena di tempat wisata ini akan tercium bau belerang yang cukup tajam,  sebaiknya Anda membawa masker. Selain itu, jangan lupa menyiapkan sunblock untuk menjaga kulit Anda dari sengatan matahari saat berada di alam terbuka.
            Belerang tidak bagus untuk pernapasan sehingga disarankan untuk tidak berada di area kawah terlalu lama karena gas belerang yang terhirup akan mengganggu pernapasan Anda. Dalam berwisata sekalipun keamanan dan kesehatan harus menjadi yang diutamakan. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda.

2 komentar:

  1. Keren, semoga ada kesempatan kesana untuk merasakan kesan putih, sejuk dan romantis. Indonesia memang memiliki banyak destinasi wisata yang luarbiasa menarik

    BalasHapus
  2. Bau belerangnya itu loh mbak Ina, hehehe :)

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.