Senin, 30 Mei 2016

Weekend, Saatnya Berwisata ke Curug Nangka dan Curug Daun di Bogor



Akhir pekaaan, dan aku pengen nyari destinasi alam buat dikunjungi.  Biar fresh, soalnya tiap hari ngeliat keramaian n kemacetan mulu wkwkwkw. Gimana kalo curug? Hmm sepertinya ide bagus. Di Kabupaten Bogor ini banyak terdapat curug (air tejun). Terutama di wilayah yang rada pegunungan. Pilihan kali ini jatuh ke curug yang lokasinya di lereng Gunung Salak, Ciapus. Curug Nangka.


Untuk pengunjung yang mau pergi ke Curug Nangka dengan moda transportasi umum, patokannya dari Bogor Trade Mall (BTM) naik angkot nomor 03 trayek Ciapus. Tanyakan dulu ke supir angkotnya, apa lewat jalanan yang ke arah Curug Nangka atau engga. Kalau iya, naik aja dan minta turun di di pertigaan depan The Highland Park Hotel and Resort. Setelah itu lanjutin dengan naik ojek.

Kami pergi ke sana naik sepeda motor. Kami ngga paham rutenya dan bermodal liat papan penunjuk jalan. Gampang dicari, tapi pas pulangnya sempat salah jalan dua kali karena salah milih jalan. Cape deeh...akhirnya liat Google Maps.

 Setelah masuk pintu gerbang menuju curug,  kami melewati jalanan yang kanan kirinya ditumbuhi pepohonan pinus. Waaaaahhh serasa asri dan segar! Setelah itu, barulah sampai di tempat parkiran kendaraan. Terlihat cukup banyak monyet berkeliaran disela-sela pohon.

Karena pergi ke sananya hari Minggu, pengunjungnya juga tentunya lebih rame dibandingin hari biasa. Di area wisata ini tersedia mushalla, kamar mandi, dan banyak yang jual makanan maupun minuman ringan. Pengunjung ngga perlu kuatir kelaparan, kecuali kalo puasa atau ngga bawa duit.
Kalo soal harga juga murah banget, dua gelas milo hanya Rp.10.000.
Banyak pedagang minuman kecil
 Di area ini ada 3 curug, yaitu Curug Nangka, Curug Daun dan Curug Kaung
Menuju Curug Nangka
Curug Nangka

Yang terdekat adalah Curug Nangka. Cukup menyusuri aliran sungai kami bisa dengan mudah menjangkaunya. Disarankan bawa sendal gunung, karena di beberapa titik batu-batu sungainya terasa cukup tajam di telapak kaki. Penjual Pop Mie-nya sampai ikutan jalan ke Curug Nangka, karena pengunjungnya lagi rame.
  Berikutnya kami ke Curug Daun. Balik lagi ke tempat semula, setelah itu jalan kaki sekitar 300 meter (sesuai petunjuk arah) dan sampailah sudah. Ngga perlu ngelewatin aliran sungai yang panjang. Letaknya lebih terbuka dan lebar. Hanya saja, bagusan Curug Nangka menurut kami.
 
Curug Daun

Curug Daun
 Sebenernya masih pengen lanjut jalan ke Curug Kaung. Untuk menuju ke sana perlu jalan kaki menanjak sekitar 800 meter. Tapi karena timing-nya ngga pas dan kami masih punya tujuan lain, akhirnya kami ngga sampai ke Curug Kaung.


Untuk bisa melihat tiga curug ini, berapa harga tiketnya?
Asuransi didapat pengunjung yang beli tiket masuk

Harga tiket masuk Curug Nangka Rp. 7500-per orang, sudah termasuk Curug Daun dan Curug Kaung. Kami baca di balik tiket bahwa pengunjung dapat asuransi kecelakaan diri yang terjadi setelah pintu masuk dan berakhir saat keluar. Asuransi diberikan dalam bentuk uang jaminan. Tentunya, ngga ada yang pengen celaka. Tapi di sinilah manfaat asuransi, untuk perlindungan diri. Ada banyak perusahaan penyedia asuransi jiwa. Salah satu penyedia asuransi jiwa adalah astralife.co.id.

PT ASTRA AVIVA LIFE atau Astra Life powered by Aviva merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang menyatukan dua keunggulan. PT Astra International, Tbk, national champion, dan Aviva International Holding Ltd sebuah perusahaan asuransi kelas dunia.
astralife.co.id
 Untuk keterangan lebih lanjut, klik aja astralife.co.id . Bermanfaat juga bagi para pejalan (alias orang yang suka jalan-jalan) untuk mengenal lebih lanjut manfaat dan pilihan asuransi. Kalo diperhatiin, ngga hanya tiket masuk wisata (seperti Curug Nangka) yang melindungi pengunjung dengan asuransi. Tiket penerbangan juga. Tentunya dikenakan biaya yang tergolong murah.
tiket masuk
 Untuk masuk Curug Nangka, kami juga dikenakan biaya masuk kendaraan Rp.25000 (gerbang kedua setelah gerbang tiket masuk. Ngga ada bukti karcis sich pas bayar 25000 ini). Sampai di tempat parkir, dikenakan biaya parkir Rp.5000.
Lewat Ciapus
 Pokoknya ngga rugi berkunjung kemari. Ditambah bonus melewati daerah Ciapus yang udaranya cukup sejuk dan pemandangan Gunung Salak yang terlihat dari kejauhan.

8 komentar:

  1. pengen suatu kali ke curug sama anak2. selama ini blm kesampean aja

    BalasHapus
  2. wahh bayar tiketnya kok dobel2 ya mbak? enak ya satu tempat langsung ada 3 air terjun, bisa buat kemping gak tu mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo buat kemping ada area tersendiri di luar area curug
      iya tuh dobel2..yang pake tiket resmi cuma yg 7500 per org n parkir motor 5 rb.

      Hapus
  3. Kakix sapa tu??

    BalasHapus
  4. Liat pemandangannya aja udah seger,di hidung jadinya kaya basah - basah gimana berimajinasi ngehirup udara pegunungan :)Akhir pekan yang menyenangkan ya mbak Ina :)

    Btw pernah nemuin orang kelaperan di tempat wisata karena ga bawa duit mbak? hehe

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.