Selasa, 14 Juni 2016

7 Kuliner Cilacap yang Menggoyang Lidah

Cilacap bukan hanya Nusakambangan, Cilacap bukan sekedar khas dengan bahasanya yang ngapak lho !. Gaes, darah di pesisir selatan Jawa Tengah ini juga memiliki kuliner yang bisa menggoyang lidah. Cilacap merupakan kota yang dilalui jalur selatan Pulau Jawa yaitu Bandung , Yogyakarta, dan Surabaya. Berbatasan Langsung dengan Propinsi Jawa Barat membuat budaya yang berkembang di Cilacap perpaduan antara Jawa dan Sunda.
Begitupula Kulinernya, Sunda yang identik dengan menyukai pedas, dan Jawa yang terkenal suka dengan rasa manis berpadu menjadi satu di beberapa kuliner khas Cilacap. Berikut ini beberapa kuliner khas Cilacap yang patut kamu coba.


1. Tempe Mendoan
Kuliner ini memang sudah menusantara dan cukup populer. Kuliner khas Cilacap Jawa Tengah ini sangat cocok disantap kala masih hangat. Bahan baku dari kuliner ini adalah tempe yang dipotong tipis dan digoreng dengan tepung terigu yang dicampur dengan tepung kanji dan beberapa bumbu rempah. Ingat, digorengnya ngga terlalu matang, namanya juga mendoan.
Tempe Mendoan biasa disantap dengan cabe rawit atau dengan sambal kecap. Untuk mendapatkan makanan khas ini tak terlalu sulit. Di Jalan Pasar Tambangan Kulon Cilacap banyak pedagan Tempe Mendoan yang dapat kamu jumpai. Harga satu porsinya juga murah. Biasanya sih selembar tempe mendoan yang lebar ini dijual seharga Rp.1500-2000.
Tiap aku pulang ke Cilacap tapi ngga makan medoan berasa ada yang kurang nih. So, ini menu wajib yang harus aku makan kalo mudik.

2. Brekecek
Kuliner yang satu ini juga khas Cilacap Jawa Tengah. Bahan baku kuliner ini adalah kepala ikan Jahan. Dalam Bahasa ngapak disebut dengan “Pathak Jahan”.  Pathak Jahan dimasak dengan dicampur atau dikecek bumbu khas yang rasanya mirip dengan rica-rica. Makanan ini cocok disantap dikala hangat dan dipadukan dengan nasi putih hangat.
Menyantap kuliner yang satu ini memerlukan seni. Seni menikmati kuliner Brekecek adalah dengan cara menyeruput kepala ikan, rasakan gurihnya menyeruput kepala ikan dengan bumbu khas Cilacap !. Kuliner ini juga mudah ditemui di warung warung makan Cilacap. Untuk membuat kuliner ini sendiri di rumah juga cukup mudah.



Sumber Foto : http://www.aparwit.blogspot.com
3. Tahu Brontak
Kuliner yang satu juga khas Cilacap. Tahu Brontak namanya. Bahan baku membuat kuliner ini adalah tahu coklat yang diisi dengan sayuran kobis. Sebelum digoreng tahu dilapisi dengan tepung terigu. Biasanya tahu brontak disantap dengan cabe rawit.
Tahu Brontak cocok disantap dikala hangat di siang hari. Sensasi hangatnya berpadu dengan cuaca Cilacap yang cukup panas dan gigitan cabe rawit yang pedas akan membuatmu keringetan dan nagih !.

4. Rempeyek
Kuliner khas Cilacap yang cocok dijadikan cemilan salah satunya adalah Rempeyek Yutuk. Rempeyek pada umumnya terbuat dari tepung dan kacang tanah, di Cilacap ini dinamakan Thempleng. Sedangkan rempeyek yutuk adalah rempeyek yang terbuat dari tepung dan yutuk. Yutuk adalah hewan sejeni kepiting.
Rasa dari Rempeyek Yutuk ini gurih, perpaduan dari tepung dan yutuk. Tampilan kuliner ini juga cukup menggugah selera. Warna merah yutuk semakin menggoda lidah untuk bisa mencicipinya. Untuk mendapatkan kuliner ini juga cukup mudah, di rumah makan yang ada di Cilacap biasanya menyediakan kuliner yang satu ini. Harganya hanya Rp2.500, cukup murah bukan?.
 
Sumber Foto : http://birohumas.jatengprov.go.id

5. Martabak Tempe
Jika pada umumnya martabak berisi telur atau coklat, martabak khas Cilacap ini adalah kuliner yang cukup unik. Martabak Tempe namanya, kuliner ini terbuat dari lumpia sebagaimana martabak pada umumnya namun isinya yang memebedakan. Martabak khas cilacap ini isinya tempe. Untuk mendapati kuliner ini kamu bisa mengunjungi tempatnya yang ada di Jalan Jagalan Cilacap.
Harga porsi untuk Martabak Tempe juga terjangkau. Rasakan sensasi menggigit martabak dengan rasa kedelai !.

6. Gembus
Kuliner khas Cilacap selanjutnya adalah Gembus. Kuliner ini biasa disebut dengan “Donat Jawa”. Kuliner ini banyak ditemui pada acara-acara hajatan atau hiburan. Bahan baku kuliner ini adalah Singkong yang diserut kemudian digoreng, penasaran kan dengan rasanya?

7. Sate Ayam Martawi
Sate Ayam Martawi adalah kuliner khas Cilcap berikutnya. Yang unik dari kuliner ini adalah tusuk satenya dobel di setiap tusuk. Rasa bumbu kacang yang gurih dipadu dengan daging ayam yang dibakar membuat lidah mengecap akan kelezatannya. Kuliner ini dapat kamu temuidi Jalan S Parman Cilacap. Harga satu porsinya juga cukup murah hanya Rp15.000.
Itulah beberapa kuliner yang bisa kamu coba jika mengunjungi Cilacap. Jika memang Anda datang ke Cilacap untuk berlibur alangkah baiknya sobat menyempatkan diri untuk mencoba beberapa makanan di atas. Bagi sobat yang sedang kebingungan mencari penginapan di Cilacap, Anda bisa booking hotel di situs travel online seperti traveloka.

4 komentar:

  1. Kalau rempeyek dan mendoan gampang di temui di daerah-daerah lain. Cuma rempeyek di cilacap beda isinya ya.

    BalasHapus
  2. Brekecek sekilas enak untuk dimakan ya mak?? aku mauk (T___T) **doyan makan** kekekekek
    Kalo tempe mendoan mah sekeluarga kami semua suka mak..
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  3. rempeyeknya itu Inaaaa, dari tampangnya aja gue udah curiga kl itu kepiting... ternyata masih satu kelg ... :)))))

    BalasHapus
  4. sate ayam martawi kayanya enak tuh hehehe

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.