Selasa, 21 Juni 2016

Mau Jual Beli Tanah? Pertimbangkan 4 Aspek Penting Ini


sumber gambar : gresik.co
 Membeli tanah kosong untuk dibangun merupakan langkah yang beresiko bagi mereka yang hendak membangun rumah, meskipun langkah ini dapat menjadi investasi yang menguntungkan, yang dapat memberikan Anda keuntungan besar dalam jangka waktu yang cukup lama. Kenyataannya, membeli tanah kosong sebagai lahan untuk membangun rumah Anda adalah pilihan yang ideal jika Anda dapat menemukan penawaran jual beli tanah yang tepat, karena hal ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk membangun rumah yang selalu anda impikan, tetapi juga menjadi investasi yang sempurna jika Anda memutuskan untuk melakukan hal ini lagi.


Akan tetapi, terdapat beberapa aspek yang wajib dipertimbangkan dalam sebelum Anda melakukan jual beli, untuk memastikan agar Anda membuat keputusan yang tepat dan menghasilkan keuntungan, bukan kerugian.


1.   Stabilitas, Pondasi, dan Kualitas Tanah

Ketika Anda mengamati tanah kosong, aspek utama yang yang perlu ditinjau dan dipertimbangkan adalah kualitas dari tanah tersebut. Hal ini dikarenakan pondasi bangunan akan memerlukan tanah yang benar-benar stabil, dan biaya menyewa jasa untuk meratakan atau menstabilkan lahan tergolong mahal. Karena itu, Anda perlu mencari keterangan pada pihak pemilik untuk memastikan bahwa lahan memiliki keadaan yang stabil dan aman untuk didirikan bangunan. Hal ini tidak hanya menghemat uang ketika Anda membangun hunian, tetapi juga memastikan bahwa Anda dapat segera mendirikan bangunan setelah Anda memilikinya.

Aspek penting lainnya yang masih berkaitan dengan kualitas adalah kemiringan tanah. Hal ini penting karena membangun properti pada tanah miring lebih mahal daripada membangun properti pada tanah rata. Hal ini menyebabkan Anda wajib untuk memperkuat pondasi bangunan pada satu sisi, sehingga memberi Anda luasan rumah yang lebih kecil. Bagian yang miring dari tanah akan memerlukan pondasi yang lebih, dan hal ini juga dapat mengurangi ukuran interior rumah Anda. Tetapi, hal ini dapat dihadapi dengan desain arsitektur yang baik, yang bahkan dapat memberikan kesan unik karena desain yang dimiliki. Jika Anda mencari lahan yang lebih mudah untuk didirikan bangunan, maka Anda perlu mencari tanah kosong yang rata untuk dibeli.


2.   Lokasi

Aspek penting berikutnya yang perlu untuk dipertimbangkan adalah lokasi. Cari informasi, apakah tanah kosong yang akan Anda beli berada didekat perkotaan, kompleks bisnis, pinggiran kota, atau lembaga pendidikan seperi sekolah atau universitas. Lokasi-lokasi seperti ini akan menentukan nilai dari properti yang akan dibangun.

Cari tahu seberapa luas tanah kosong yang akan Anda beli dan pastikan apakah Anda membutuhkan bangunan tingkat 2 (dua) atau 3 (tiga) untuk memenuhi kebutuhan Anda akan tempat. Aspek ini penting untuk dipertimbangkan karena membangun properti bertingkat membutuhkan biaya yang mahal. Keuntungan membangun properti secara vertikal adalah tidak menghabiskan lahan, jika dibandingkan dengan membangun properti secara horizontal.  Hal ini juga membuat Anda menghemat uang karena tidak perlu membeli lahan kosong lagi.

Dilansir oleh Building Advisor, hunian dengan pemandangan yang indah akan lebih menjual dan mahal, meskipun tidak menghabiskan biaya semahal itu. Hal ini dikarenakan pemandangan adalah penilaian subjektif yang menjadi keunggulan dan dapat memberikan suasana unik yang berasal dari lokasi hunian itu. Hal ini menjadi penjelasan atas populernya hunian di daerah pesisir yang menawarkan pemandangan laut dan populernya hunian di daerah pedalaman yang menawarkan pemandangan hutan dan gunung. Terlepas dari lokasi lahan, menemukan tanah kosong yang menawarkan pemandangan indah akan memberikan anda keuntungan lebih ketika Anda menjualnya.

 
sumber : rumah.mitula.co.id
3.   Mengevaluasi Nilai Jual Saat ini dan Saat Mendatang

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, lokasi adalah aspek yang sangat penting jika Anda hendak memperoleh keuntungan dari membeli dan membangun properti. Dengan pertimbangan ini, Anda perlu sejenak mencari informasi atas semua properti yang Anda pertimbangkan. Cari tahu apakah pengembangan akan dilakukan di pinggiran kota atau tengah kota, atau cari tahu apakah tanah yang Anda cari telah lama ditinggalkan. Seperti yang ditulis dalam Investopedia, hal ini akan membantu Anda memahami dengan lebih baik tentang seberapa besar nilai properti dalam beberapa tahun kedepan, dan akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dalam membeli dan menentukan besaran investasi yang akan dilakukan.

Seperti yang telah Anda perkirakan, jika Anda membeli tanah yang berada di tengah perumahan yang sudah tidak dikembangkan selama bertahun-tahun, maka Anda tidak dapat memperkirakan dan menghitung keuntungan dari investasi Anda. Sebaliknya, membeli tanah yang berada di perumahan yang sedang dikembangkan atau lokasi yang secara konsisten mengalami kenaikan harga properti akan memberikan Anda keuntungan lebih dari yang diperkirakan, dikarenakan akan meningkatnya permintaan akan properti. Jadi, pastikan Anda mencari investasi demikian ketika anda hendak terlibat dalam jual beli tanah melalui situs terpercaya seperti rumah.com, karena tidak hanya ideal sebagai investasi yang membawa keuntungan, tetapi juga menunjukkan kepada Anda biaya yang diperlukan untuk membeli dan membangun properti yang akan memberikan Anda keuntungan yang besar.

4.   Temukan Segala Batasan Lahan yang akan Dibeli

Sebelum Anda mengambil keputusan, cari tahu segala batasan yang terdapat pada lahan yang akan Anda beli. Pembeli sering kali berkeinginan besar untuk membeli tanah dan membangun rumah yang besar, namun akhirnya kecewa karena lahan yang mereka beli hanya memungkinkan pembangunan properti 1 (satu) tingkat. Anda juga perlu mencari tahu apakah lokasi dari lahan memiliki ijinberbisnis, karena hal ini akan mempengaruhi batasan dari lahan Anda. Pastikan anda mencari semua informasi yang diperlukan dan cari tahu apa yang dapat Anda lakukan dengan lahan itu. Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda tidak perlu dikagetkan karena megetahui biaya atau batasan-batasan yang ada ketika mulai membangun, sehingga Anda dapat membeli tanah kosong yang cocok untuk didirikan rumah yang selama ini Anda impikan

Dengan wawasan ini, sekarang Anda siap untuk memutuskan membeli lahan. Pastikan Anda sejenak mencari segala informasi yang butuhkan sebelum jual beli tanah. Dengan melakukan hal ini, Anda tidak akan merugi. Anda dapat menikmati rumah baru Anda yang juga menjadi investasi yang akan memberikan keuntungan besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.