Rabu, 26 Oktober 2016

Mudahnya Bayar BPJS Kesehatan Online



Siapa yang ngga kenal ama si “kartu sakti” BPJS Kesehatan? Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, saya adalah salah satu pemilik kartu ini. Kebetulan emang iurannya sudah dipotong otomatis dari besaran gaji yang saya terima tiap bulan untuk fasilitas asuransi kelas I.

Salah satu tahapan yang harus ditempuh kalo mau pake kartu ini untuk berobat jalan ke rumah sakit adalah proses minta rujukan dari klinik atau puskesmas yang kita pilih sebagai fasilitas kesehatan (faskes) tingkat I. Saya milih klinik karena jadwal dokter jaganya ada sampai malam. Beda dengan puskesmas yang terbatas. Kalo klinik atau puskesmas ngga bisa nangani baru deh dirujuk ke RS yang bekerjasama dengan BPJS.


Misalnya saat saya pengen periksa gangguan mata minus. Setelah ngantri ke klinik faskes tingkat I, baru deh saya dapat surat rujukan. Surat rujukan ini berlaku sebulan. Saya minta dirujuk ke salah satu RS swasta di dekat kosan. Ngantrinya lebih cepat dan ada jadwal pengambilan nomor antrian bisa di siang hari. Cocok laaah karena lebih fleksibel dengan jam kerja saya. Ruang tunggu di RS swasta juga lebih nyaman. 

Pelayanan petugas dan dokter mata sangat memuaskan. Saya cukup bayar biaya administrasi pembuatan kartu berobat di RS sebesar 5000, karena baru pertama kali berobat di situ. Selebihnya gratis dan obat pelembab matanya juga gratis.

Untuk pembuatan kacamata, besaran biaya yang dicover BPJS adalah 300.000 dan optiknya tertentu. Fasilitas ini berlaku setiap 24 bulan. Berhubung saya baru setahun yang lalu beli kacamata dengan menggunakan potongan BPJS, maka tahun ini harus keluarin biaya sendiri untuk membeli kacamata yang baru.

Nah, bagi pemilik kartu BPJS Kesehatan dengan biaya mandiri pastikan bayarannya engga nunggak. Hehe. Menurut penuturan petugas, pernah ada pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan yang hendak rawat inap. Namun, setelah dicek ternyata yang bersangkutan menunggak premi hingga berbulan-bulan. Pemilik wajib melunasinya terlebih dahulu baru bisa mendapat fasilitas sesuai haknya.

Tersedia beragam alternatif untuk bayar iuran BPJS Kesehatan dengan biaya mandiri. Salah satunya dengan membayar premi BPJS Kesehatan di Tokopedia secara online.  Tokopedia menyediakan fasilitas pembayaran tiket perjalanan, jual beli barang online hingga pembayaran BPJS guna memudahkan masyarakat yang membutuhkan akses pelayanan via internet. 
sumber gambar : web Tokopedia
Cara ini lebih praktis dan mudah karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun lewat askses internet pada PC/laptop maupun ponsel. Pelanggan tinggal membuat akun di Tokopedia lalu log in. Siapkan ID meteran BPJS atau nomor pelanggan. Untuk pembayaran BPJS Kesehatan di Tokopedia tidak dikenakan tambahan biaya apapun. Selengkapnya klik di sini untuk melihat panduan lengkap cara bayar iuran BPJS di Tokopedia.

1 komentar:

  1. Ternyata lumayan juga, 300ribu. Aku bkm pernah pakai BPJS utk pemeriksaan mata. :D

    Selamat Hari Blogger Nasional ya, Mbak. ;)

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.