Kamis, 08 Desember 2016

Natural Make Up Starting Kit



( sumber )
Hay Dear!

Let’s talk obout skin.

Wanita mana sih yang ngga pengin tampil segar sepanjang hari? Aku percaya kalo pada dasarnya setiap wanita dianugrahi kecantikan alami di wajahnya. Namun, ngga semua orang seberuntung Raisa yang wajahnya tetap cantik putih bersinar tanpa cela saat bangun tidur di pagi hari. Hihi, and I am one of them. Yach walaupun bukan beauty expert, menurutku… penggunaan make up yang bagus adalah yang menonjolkan kelebihan wajah supaya anggun. Bukan sebagai topeng yang bikin wajah kita keliatan menor.

Percaya ngga kalo dulu aku tuh tomboy? Harus percaya ya wkwkwk. Sampai sekarangpun aku  tetep suka dandan yang natural dan tipis. Ditambah wajahku ini termasuk sensitif dan gampang banget berjerawat. Aku pernah pakai bedak tabur ultima delicate translucent powder…baru pake seminggu udah nongol tiga jerawat di pipi kiri dan sembuhnya tiga minggu huhu.

Pernah juga aku pakai produk klinik W*jaya Skin Care, produk khusus jerawat (bukan untuk pencerah). Dua bulan pertama bedak taburnya  cakep di wajah bikin cantik dan coverage-nya memuaskan. Krimnya juga oke bikin muka muluuusss. And you know? Bulan kelima mukaku breakout bruntusan se-muka! Tepatnya pas sekitar pembekalan prajab. Perlahan aku stop deh pemakaiannya.  Itupun  sembuhnya ampe tiga bulan. Aku rutinin minum jus daun binahong yang pahit setiap hari selama sebulan hahaha….dan maskerin muka pake daun binahong buat detoksifikasi.  Awalnya terasa agak perih di muka dan bikin muka kacau karena bruntusannya keluar semua. Tapi minggu-minggu berikutnya bintang-bintang kecil di wajah mulai mengering dan hilang.

Noted! Kalo mau berhenti dari suatu produk dokter, pemakaiannya harus dihentikan satu-persatu. Mengentikan semua dosis secara bersamaan dan langsung beralih ke produk lain malah bikin kulit ‘kaget’.

 Pengin sih perawatan ke klinik kecantikan seperti orang-orang lain biar kulit wajahnya cerah. Pengen bisa pakai produk dokter kulit kayak temen-temenku. Pengin juga bisa eksperimen pake bedak ini-itu. Intinya aku ingin begini aku ingin begitu…ingin ini ingin itu banyak sekali….. *OST Doraemon*

Tapi karena sensitivitas wajah yang tinggi, aku jadi pakenya itu-itu aja. Malah kalo ke kantor seringnya cuma pake bedak tabur sama lipen doang. Jadi yach sudah mari disyukuri :-p

For you lovelies….cantik itu ngga harus mahal kok. Ladies….jangan beli kosmetik KW….please. Cek juga apakah kandungan kosmetikmu bebas dari bahan yang dilarang BPOM atau enggak. Produk berikut ini bisa kita dapetin dengan mudah di toko-toko dan online shop. In my opinion, set perlengkapan perlenongan alias basic make up ada beberapa macam. Bukan endorse atau paid review tapi based on my personal experience:

1.BB Cream


 BB Cream Tea Tree The Body Shop (sumber )
Aku ngga suka pakai foundation walaupun kondangan sekalipun. Sebenarnya wajah berjerawat rentan sama foundation dan BB Cream karena menutup pori. Nah, untuk itulah aku pakai produk Tea Tree Flawless BB Cream from The Body Shop (IDR 160.000) untuk kulit berjerawat. Kandungan teh hijaunya aman untuk kulitku. I usually use the color 02 Natural/Medium. Sayangnya BB Cream merk ini ngga ada kandungan SPF-nya dan gampang leleh kalo kita pakai di outdoor dan terkena paparan sinar matahari :-(
BB Cream teksturnya lebih ringan daripada foundie dan hasilnya juga lebih natural.

Cara pakainya? Bisa langsung ratakan di wajah pakai brush indah yang Tuhan kasih (alias jari jemarimu :-D ). Walaupun demikian, aku jarang pakai BB Cream.

Produk lain yang terjangkau dan aku rekomendasikan:
Maybelline BB Cream Clear Smooth.  Harganya sekitar IDR 40.000-50.000. Daya coverage-nya medium dan formulanya ringan. Terus, ngga bikin kulit tampak seperti ladang minyak.

2. Concealer
Just use concealer dear and your problem like acne, kantung mata, mata panda, noda jerawat will go go away! Pilih concealer yang creamy supaya kulit kita lembab. Warnanya yang sama dengan kulit atau setingkat lebih cerah dari warna kulit. Cukup totol di bagian yang bermasalah trus ratakan perlahan.

Kalo aku sih jarang pakai concealer kecuali kalo kondangan. Pernah pake produk Wardah, tapi teksturnya kurang lembut di kulitku. Setelah itu aku hentikan pemakaiannya karena terasa kasar saat diaplikasikan ke area kantung mata. Soalnya kulit bawah mata itu tipis dan rentan kerutan karena penuaan dini :-p

Produk dengan harga terjangkau dan aku rekomendasikan:
sumber : hermo.my

Revlon PhotoReady Concealer.  Dengan harga sekitar Rp.75.000-85.000. Warna yang light medium bagus tuh.  

3. Powder (Bedak)
sumber : feminima.com

Kondisi kulit mengharuskan aku pakai loose powder (bedak tabur) khusus jerawat keluaran Larissa Skin Care. Harganya Rp.30.000 awet berbulan-bulan karena isinya banyak. Aku ngga ngerekomendasiin ini karena warnanya putih, kurang natural dan belang-belang kalo disapukan saat kulit masih agak basah habis shalat. Tapi aku paling cocok sama ini jadi mau ngga mau kalo kerja setiap hari pakainya ini.
 
sumber : rima-angel.blogspot.co.id
Compact Powder (bedak padat) hanya sesekali aku pakai untuk touch up kalo abis pakai BB Cream. Aku pakai merk Acnes warna natural beige. Udah cocok sama bedat padat ini. Harganya sekitar Rp.28.000. Kekurangannya, bedak ini cuma awet 2 jam-an di wajahku.

Produk dengan harga terjangkau dan aku rekomendasikan:
Bedak Padat Maybelline ClearSmooth All in One Shine Free Cake Powder
Versi refill (isi ulang) harganya Cuma Rp.18.000 dan yang bukan refill ada kacanya Rp.35.000 . Bedak padat ini diklaim bisa bikin flawless look dan natural. Hasilnya halus dan lembut. Kekurangannya setelah berjam-jam wajah tampak berminyak dan sedikit retak mengikuti garis senyum. Solusinya: touch up kembali, rapikan dengan tissue dan face paper.

4. Eye Liner
 
sumber : cosmocantik.com
Kata orang, mata adalah jendela hati. Tampilan mata yang indah bisa menarik hati….#eh. Aku suka bangeeetttt pakai eye liner cair produk Wardah yang waterproof untuk menghasilkan tampilan natural di bagian atas kelopak mata. Jadi berasa lebih berbinar dan cantiq dear!  Pakainya cukup tipis-tipis aja. Biar manis bisa dikreasikan bentuknya kok. Bagi yang belum terbiasa, pakai eye liner cair itu sedikit ribet dan bisa mbleber saat diaplikasikan.

Aku juga punya eye liner bentuk pensil  produk Sariayu Matha Tilaar. Kalo yang ini kadang-kadang aja aku pakai untuk di bagian bawah mata. Kekurangannya, produk gampang luntur kena keringat. Lagi mau cari eye liner bentuk pensil keluaran Make Over atau Silky Girl yang lunak dan waterproof sehingga lebih bagus dan awet.

5. Mascara
sumber : dewicosmetic.com
 You can flash your lashes with a beautiful wink/mascara! Aplikasikan dengan gerakan zig-zag pada helai bulu mata. Cukup satu atau dua ulasan efeknya udah terlihat signifikan. Produk yang aku pakai adalah Wardah EyeXpert Perfectcurl ( Harganya sekitar 65 ribuan). Produk ini waterproof (tahan air) dan ngga belepotan kalo kena keringat atau air wudhu. Aku termasuk jarang pakai mascara.

Produk lain dengan harga terjangkau dan aku rekomendasikan:
Maybelline Volum' Express Hyper Curl. Harganya di kisaran 80.000. Pake produk ini juga bagus. Bulu mata jadi lentik alami. Yeah…Maybelline always offer high quality mascara with affordable price!

6. Lipstick
Pada umumnya warna lipstick yang netral adalah pink, coral dan peach. Every women love to have that pretty lips right? Perhatikan juga bentuk bibir dan warna kulit bibir untuk menentukan lipstick yang tepat. Aplikasikan dengan rapi agar ngga belepotan. Untuk bibir tipis, pakai yang glossy tetap oke. Tapi, lip gloss dan lipstik yang tampak glossy kurang tepat untuk bibir tebal. Bukannya bikin bibir tampak sensual yang ada malah kelihatan tambah tebal hahaha (pengalaman pribadi).

 Karena bibirku tebal, aku lebih suka pakai matte lipstick. Sebelumnya, aku bersihkan bibir dengan olive oil Wardah. Kemudian aku oleskan Lip Balm Wardah. Langkah ini berfungsi mencegah bibir kering karena pemakaian matte lipstick cenderung bikin bibir mudah kering.
 
Seri wardah lip palette. Punyaku yang choco aholic dan pinky peach. sumber : http://makeup.nowblogg.com/review-makeup-palette-wardah/
Produk yang biasa aku pakai adalah Wardah Lip Palette Choco aholic dan Wardah Lip Palette Pinky Peach. Masing-masing palet dibandrol dengan kisaran harga Rp.60.000-70.000 dan berisi 8 macam warna lipstick semi-matte yang berbeda warna.  Engga semua warna cocok di bibirku. Biasanya aku kombinasikan gitu warnanya saat dipakai. Warna yang nude aku aplikasikan untuk membingkai bibir dan warna yang lebih cerah aku pakai tipis-tipis untuk mengisi bentuk bibir. Lipstik ini ngga ninggalin warna kalo ngga sengaja kena gigi.

Kekurangannya:  lipstik ini gampang bikin bagian tengah bibir kering dan pecah setelah beberapa jam pemakaian. Warnanya gampang hilang dari bibir kalo abis minum atau makan.

Produk lain dengan harga terjangkau dan aku rekomendasikan:
NYX Black Label Lisptik (85-100 ribu) dan NYX Soft Matte Lip Cream (95.000-125.000) teksturnya smooth, creamy and silky on lip. Wanginya enaaak, lembut dan ngga pait! 
sumber : makeupalley.com

Kemarin aku abis beli NYX Soft Matte Lip Cream  IDR 125000. I use the color “San Paulo”,  warnanya pink tua. Cukup aku pakai tipis supaya cocok di bibir tebal. Lebih ringan, awet,  dan ngga lengket daripada Wardah Lip Palette.

7. Blush On (Perona Pipi)
sumber : bukalapak.com
 Aku juga jarang banget pakai blush on. Makanya blush on ku ngga habis-habis! Aku punya yang merk Wardah Blush On Seri A (warna netral, terdiri dari dua warna dalam satu palet) harganya sekitar 40-45 ribu. Pemakaian blush on dengan warna yang tepat bisa membuat wajah fresh. Asal  jangan terlau tebal pakainya…ntar wajahmu kelihatan habis ditampar hohoho.



8. Eyeshadow 
sumber : bukalapak.com
Biar tampilan lebih memesona, berikan sentuhan eyeshadow di kelopak mata. Aku sih ngga expert dengan kreasi warna yang macam-macam karena biasanya pakai warna yang super natural dari produk Wardah. Satu paletnya seharga 40-45 ribu terdiri dari 3 varian warna. 

Aku punya 2 palet. Yang warna putih kadang aku pakai untuk memberi kesan glowing di sudut bawah mata atau di bagian garis bawah mata.


Nah, eye shadow Wardah yang warna cokelat tua multifungsi juga lho. Bisa aku gunakan sebagai eye shadow, pengganti pensil alis dan bisa untuk contouring hidung supaya agak mancung hahaha. Tapi untuk contouring hidung baru beberapa kali aja aku coba karena selain butuh teknik khusus juga butuh kombinasi bedak warna cerah. 
contouring hidung ( sumber : rifa.co.id )
 9. Eyebrow (Pensil Alis)
Waaahh ini nih yang lagi ngetrend pada suka ngalis model Shinchan. Tapi aku ngga suka yang tebal-tebal gitu. Aku pakainya cukup untuk sekedar negasin dan ngebingkai alis biar rapi aja dan aku ngga mau alisku dicukur kayak pas wisuda. Hihihi. Jadi walaupun aku ngga pakai pensil alis, tampilan wajahku ngga beda dengan saat aku pakai pensil alis.

Satu lagi, aku suka pensil alis yang warnanya cokelat tua, bukan hitam. Pakai pensil alis cokelat menimbulkan efek wajah terlihat lembut,cantik natural dan asli. Jangan lupa usap kedua bagian pangkal alis dekat hidung dengan jari agar riasan alis ngga kaku.

Produk dengan harga terjangkau dan aku rekomendasikan:
Produk pensil alisnya “Make Over” ! Pertama nyoba punyanya Mbak Virli dan yeaaa pensil alisnya lunak saat digoreskan.

Yuppz! It is enough to start up your own little make up kit. Hasil pemakaian bisa berbeda-beda ya untuk setiap orang. Sediakan face paper dan tissue juga di tasmu kalo kulit wajahmu tergolong berminyak sepertiku.

1 komentar:

  1. SMLC NYX emang enak banget dan recomended daaah tuh product..
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.