Selasa, 26 Juni 2018

Perkembangan Bayi 6 Bulan




Perkembangan Bayi 6 Bulan– Bayi yang berusia 6 bulan telah memiliki sistem pencernaan yang siap mengolah makanan padat. Sehingga, banyak ahli yang sepakat bahwa di usia ini bayi siap untuk diperkenalkan dengan makanan padat pertamanya yang istilahnya disebut dengan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu).  Selain hal tersebut, ada banyak hal lainnya yang terjadi pada perkembangan bayi 6 bulan ke atas. Apa sajakah itu? Info selengkapnya dapat Mom simak di bawah ini.


Perkembangan Bayi 6 Bulan Dalam Kemampuan Motoriknya
Secara motorik, perkembangan bayi 6 bulan sudah dapat menopang sebagian berat tubuhnya. Selain itu, hal-hal lainnya yang sudah bisa dilakukannya adalah mulai merangkak, mengangkat benda dengan satu tangan, menjatuhkan benda apa pun ke lantai untuk memperhatikan bunyi yang akan ditimbulkan, mulai memasukkan benda-benda kecil ke dalam mulutnya, dan dapat menggulingkan badan kedepan dan ke belakang.

Perkembangan Bayi 6 Bulan Dalam Kemampuan Bicaranya
Bayi 6 bulan sudah bisa berceloteh dengan menggabungkan konsonan dan vocal seperti ‘ba’, ‘ah, atau ‘ma’. Bayi 6 bulan dapat menunjuk sesuatu yang diinginkan, menggeleng jika tidak setuju, ataupun melambai pada orang lain, meski belum dapat mengatakan apa yang diamaksud. Untuk membuat kemampuan berbicaranya berkembang, orang tua perlu melakukan latihan dengan membacakan dongeng dan membiarkannya memperhatikan gambar-gambar menarik dalam buku.

Perkembangan Bayi 6 Bulan Dalam Kemampuan bersosial
Kemampuan interaksinya akan mengalami perkembangan, seperti dapat lebih merespons senyuman serta ajakan orang lain untuk bercanda. Bayi juga akan melakukan tindakan-tindakan yang menyenangkan untuk menarik perhatian dan menunjukkan ekspresinya, seperti; berteriak, memukul-mukul, menjatuhkan benda, dan membuat kegaduhan. Bayi juga mulai senang bermain dengan orang tua dan kerabat dekat, melihat bayangan diri sendiri pada cermin, dan merespons ekspresi yang diperlihatkan orang lain.

Hal Lain Yang Perlu Diperhatikan Pada Perkembangan Bayi 6 Bulan
Karena bayi usia 6 bulan sudah mulai mendapatkan MPASI, maka orang tua perlu untuk memberikan banyak buah dan sayuran pada si kecil. Hal ini agar tinjanya tidak keras dan berbau. Sebaiknya pula orang tua sering memberikannya makanan yang dipotong kecil-kecil atau istilahnya finger food yang dapat dia genggam dan dimasukkan ke mulut dengan mudah. Selainitu, pastikan semua makanannya dalam keadaan bersih dan telah direbus atau dikukus hingga matang agar makanannya tidak keras dan dapat dengan mudah ditelan bayi yang giginya belum tumbuh sepenuhnya. Bayi usia 6 bulan juga sudah mulai aktif bergerak. Sehingga sebaiknya orang tua memakaikannya pakaian yang lebih nyaman. Misalnya, pakaian bahan katun yang mudah menyerap keringat, dan pakaian yang tidak ketat maupun yang terlalu kebesaran. Orang tua juga perlu memperhatikan kondisi bayinya. Segera konsultasikan ke dokter bila sang buah hati di usianya yang 6 bulan tidak dapat menyangga kepalanya sendiri dengan tegak, tidak dapat duduk sendiri, tidak dapat meraih obyek, tidak merespons senyuman orang lain atau suara di sekitarnya, tubuhnya terlihat kaku dan ototnya kencang ataupun tubuhnya lemas, dan tidak dapat menggulingkan tubuhnya ke arah sebaliknya. Sebab, bila terjadi seperti itu menjadi penyebab adanya gangguan pada tumbuh kembangnya.

Itulah sekiranya yang dapat disampaikan mengenai apa saja yang terjadi pada perkembangan bayi 6 bulan. Karena kemampuannya sudah berkembang secara baik dan bayi sudah bisa bergerak kemana-mana, maka para orang tua perlu untuk memantau buah hatinya dengan sebaik-baiknya dan jangan sampai meninggalkannya sendiri tanpa pengawasan. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda Mom, para orang tua yang sedang merawat bayi ataupun para calon orang tua lainnya.

1 komentar:

  1. Makasih mbak infonya, mau tak share ke kakak iparku.. buat siap-siap pas kelahiran keponakan nanti... :)

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.