Jumat, 16 November 2018

Tips Mudah Melakukan Perawatan Sepatu Converse yang Bisa Anda Lakukan Agar Awet



Berbicara tentang sepatu, tidak akan lengkap jika tidak mengikutsertakan Converse didalamnya. Brand sepatu kelas dunia yang berbasis di Amerika ini menjadi salah satu legendaris sepatu sepanjang masa. Produk yang terkenal dari Converse adalah sepatu bertali yang terlihat sporty saat dikenakan. Sepatu Converse menjadi salah satu sepatu yang wajib dimiliki oleh Anda yang mengaku pecinta sepatu sporty. Karena dijamin setiap model sepatu Converse akan nyaman digunakan dan tak akan pernah mati gaya karena tidak akan terkikis oleh zaman. Terbukti untuk model klasiknya saja masih terlihat fashionable digunakan untuk saat ini. Tak hanya itu, Converse untuk model terbaru juga bisa menjadi pilihan lain untuk mendukung gaya Anda. 

 Produk Converse sudah banyak digunakan oleh banyak orang dari tahun ke tahun. Tepatnya sejak tahun 1908 silam. Hingga saat ini berbagai macam model dengan desain yang menarik sudah banyak dikeluarkan oleh brand yang satu ini. Untuk menunjang penampilan semakin gaya sudah tidak diragukan lagi. Tak heran jika banyak peminat sepatu ini tidak akan puas jika hanya memiliki satu macam model atau warna saja. Beberapa dari mereka biasanya memiliki koleksi sepatu Converse yang lebih dari satu.  
 Sama seperti produk pada umumnya, seringnya pemakaian membuat sepatu Converse semakin cepat usang. Namun jika pemakaian disertai dengan perawatan, maka tidak menutup kemungkinan sepatu akan lebih awet dan tahan lama. Dan tentunya bisa digunakan untuk menemani segala aktivitas yang dijalani. Untuk itu merawat sepatu Converse yang Anda miliki menjadi suatu kewajiban yang tidak boleh diabaikan. Karena akan sangat sayang sekali jika sudah membeli Converse mahal-mahal namun terlihat dekil dan cepat rusak karena kurangnya perawatan. Anda jadi tidak bisa menggunakan koleksi converse yang dimiliki untuk menunjang aktivitas karena buruknya perawatan yang berimbas tidak tahan lama. 
 Merawat sepatu Converse yang Anda miliki sebenarnya cukup mudah dilakukan. Bahkan tanpa menggunakan jasa orang lain pun juga bisa dikerjakan secara mandiri di rumah. Beberapa cara perawatan yang bisa Anda lakukan, antara lain sebagai berikut:
 1.Sikat bagian yang kotor terlebih dahulu
Untuk membersihkan bagian yang kotor, jangan langsung mengaplikasikan detergen di permukaan sepatunya. Namun langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyikat kerak atau noda-noda yang menempel pada bagian sepatu. Pergunakan sikat dengan bulu lembut, seperti sikat gigi bekas untuk menghilangkan noda. Hal ini bertujuan agar bahan sepatu terutama yang berasal dari kain kanvas tidak cepat berbulu dan tetap awet. Anda tidak perlu khawatir untuk menggosok permukaan sepatu yang tertempel noda membandel.
 2.Menggunakan detergen
Setelah kerak atau noda membandel pada permukaan sepatu bisa teratasi. Maka langkah selanjutnya adalah membersihkan sepatu dengan detergen atau sabun. Untuk sepatu yang benar-benar sangat kotor, Anda bisa menggunakan detergen yang lebih ampuh untuk menghilangkan noda berat. Namun untuk noda ringan, maka menggunakan sabun berbahan ringan, seperti sabun pencuci piring akan lebih baik. Karena sifatnya yang ringan juga tidak akan membuat warna sepatu cepat luntur.
 3.Membersihkan dalam larutan air sabun
Saat mencuci sepatu Converse kesayangan Anda dengan detergen, maka cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan merendam pada ember berisi air yang sebelumnya sudah dicampur dengan detergen. Rendam sebentar saja agar noda bisa lebih lunak saat disikat beberapa saat kemudian. Pergunakan sikat berbulu halus seperti sebelumnya agar bahan sepatu tetap awet.
 4.Sikat sepatu memutar
Lakukan gerakan memutar saat menyikat bagian-bagian sepatu. Sehingga akan lebih aman dan noda-noda yang menempel bisa terangkat semua. Hal ini juga untuk menghindari bagian-bagian tertentu sepatu tercabut.
 5.Membilas dengan air hangat
Setelah noda yang menempel pada sepatu benar-benar terangkat dan dinilai sudah bersih, maka langkah selanjutnya adalah membilasnya dengan air bersih. Agar warna sepatu tetap awet dan senantiasa cerah, pergunakan air hangat saat membilas sepatu Converse berbahan kanvas yang Anda miliki. Pastikan sebelum menjemurnya, busa pada sepatu sudah hilang dengan sempurna.
 6.Mengeringkan sepatu di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung
Memang mengeringkan sepatu di bawah terik matahari akan membuatnya cepat kering. Namun jika hal ini sering dilakukan, maka tidak menutup kemungkinan warna sepatu akan cepat pudar. Dan yang terparahnya lagi bahan sepatu menjadi tidak awet dan mudah rusak. Untuk itu saat mengeringkan sepatu yang selesai dicuci, cukup dengan mengangin-anginkan sepatu di tempat yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.
 7.Menggunakan baking soda
Untuk sepatu yang tidak akan dipakai dalam waktu dekat, maka sebaiknya Anda simpan di tempat yang bersih dan terhindar dari debu, seperti di lemari sepatu atau rak. Agar sepatu terhindar dari bau, Anda bisa menggunakan baking soda yang ditaburkan di bagian dalam sepatu Converse. Pada hari berikutnya, Anda bisa membersihkan baking soda yang ditaburkan sebelumnya.
 8.Menyimpan di tempat yang rapi dan bersih
Syarat tempat yang digunakan untuk penyimpanan sepatu Converse haruslah yang rapi dan bersih. Selain itu pastikan tempat yang digunakan tidak lembab agar jamur tidak berkembang pada sepatu. Untuk sepatu yang ingin disimpan dalam jangka waktu lama, Anda bisa menggunakan silica gel yang ditaruh di dalam sepatu.  
 Sedikit saran, untuk noda lecet pada sepatu Converse, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar, seperti sabun pencuci piring, aseton, ataupun pasta gigi pemutih untuk menghilangkannya. Untuk cara menghilangkan dengan sabun pencuci piring, yaitu Anda bisa menaruh beberapa tetes cairan sabun pada sabun dan menggosokkannya pada permukaan sepatu yang terkena noda. Lakukan berulang sampai noda lecet tersamarkan.  
Untuk penggunaan aseton, cukup dengan mengoleskan cairan pada bagian yang lecet. Sama seperti kegunaannya untuk membersihkan cat kuku, aseton ini nantinya juga akan menghilangkan noda lecet pada sepatu Converse Anda dengan sempurna. Bahan terakhir yang bisa Anda gunakan adalah pasta gigi pemutih. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengaplikasikan pasta gigi pada bagian sepatu yang terkena noda lecet, kemudian sikat permukaan yang sudah diolesi tersebut dengan sikat gigi bekas. Setelah disikat berulang-ulang, noda lecet akan hilang dan sepatu Converse nampak seperti keadaan semula. 
Setelah penjelasan sebelumnya, bisa kita ketahui untuk perawatan sepatu Converse kesayangan cukup mudah dilakukan. Sehingga mulai sekarang jangan sampai melewatkan hal ini lagi. Agar lebih awet, Anda bisa menggunakan sepatu Converse di tempat yang terhindar dari air, seperti terkena hujan. Selain itu, sedia selalu tisu basah untuk berjaga-jaga jika sepatu mulai kotor bisa langsung Anda bersihkan. Dan yang terbaru, saat ini juga sudah tersedia semprotan waterproof untuk menjaga sepatu agar terlihat tetap bersih. Dari berbagi cara tersebut, bisa Anda pilih mana yang bisa diterapkan untuk menjaga sepatu Converse kesayangan tetap bersih dan terjaga ketahanannya.

1 komentar:

  1. Converse salah satu sepatu yang pernah saya pakai, dulu punya beberapa.

    Btw thanks banget untuk tips perawatannya, sangat bermanfaat tentunya.

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.