Selasa, 15 Januari 2019

4 Penyebab Utama Mesin Pompa Air Yang Menyala Tidak Mengeluarkan Air


Salah satu mesin yang paling dibutuhkan oleh banyak orang adalah pompa air. Pasalnya setiap orang untuk menunjang aktivitas sehari harinya pastinya akan selalu membutuhkan air. Sedangkan sumber air pastinya tidak bisa diambil begitu saja dengan mudah.Untuk membuat kegiatan mengambil air menjadi lebih mudah dan praktis maka dibutuhkannya alat bantuan. Hal inilah yang membuat diciptakannya pompa air sebagai mesin yang berfungsi untuk membantu kegiatan pengambilan air yang dibutuhkan menjadi kegiatan yang mudah dan praktis. Tetapi pompa air tersebut tidak berbeda dengan mesin mesin yang lainnya yaitu sering mengalami berbagai kendala didalam sistem cara kerjanya. Atau terjadinya sebuah gangguan yang menyebabkan harus di servis pompa air. Kondisi ini biasanya akan dibarengi dengan kondisi mesin yang menyala dan mengeluarkan angina tetapi pompa air sama sekali tidak akan mengeluarkan uang. Terjadinya masalah ini pastinya akan membuat banyak orang kebingungan. Akan timbulnya sebuah pertanyaan dalam benak kenapa mesin yang masih menyala dengan baik tidak bisa berfungsi dengan baik karena tidak adanya air yang dikeluarkan.
Ternyata yang menyebabkan pompa air tidak berfungsi dengan baik padahal mesinnya menyala ada beberapa penyebabnya seperti dibawah ini :

  1. Menipisnya Jumlah Air
Penyebab pertama pompa air tidak mau mengeluarkan air adalah karena menipisnya jumlah air.Karena pompa air dapat mengeluarkan air secara terus menerus jika memiliki sumber air yang dapat disedot. Oleh karena itu meski kondisi pompa air sangat prima sekalipun jika tidak ada sumber air yang dapat disedot tetap saja tidak akan bisa mengeluarkan air. Kasus yang seperti ini biasanya akan dialami pada saat musim kemarau datang. Karena pada saat musim kemarau datang maka akan menurun dengan sangat drastisnya debit air.
  1. Tersumbatnya Mata Jet
Mesin pompa air juga tidak mau mengeluarkan air dikarenakan tersumbatnya mata jet. Dimana bagi mesin pompa air mata jet ini bisa dibilang sebagai komponen yang sangat krusial. Karena dengan adanya mata jet ini maka air yang berada ditanah akan mampu terangkat untuk bisa naik keatas pipa hingga kemudian akan dialirkannya ke tempat yang dituju. Oleh karena itu jika mata jet mengalami gangguan maka dipastikan pompa air tersebut juga mengalami gangguan. Sedangkan timbulnya masalah mesin pompa air yang menyala tetapi tidak mau mengeluarkan air disebabkan karena tersumbatnya mata jet.
  1. Bocor Tusen Klepnya
Tusen klep juga bisa dibilang sebagai komponen paling penting pada pompa air. Pasalnya jika tusen klep ini dapat berfungsi dengan baik maka akan terjaganya kestabilan air yang berasal dari mesin pompa air. Sehingga jika tusen klep ini mengalami gangguan maka dipastikan pompa air tersebut juga mengalami gangguan.Dan salah satu efek yang ditimbulkan dari rusaknya tusen klep ini adalah mesin pompa air tidak mengeluarkan air meski mesin berjalan dengan normal.
  1. Rusak Gearboxnya
Dan faktor terakhir yang menyebabkan mesin pompa air tidak mau mengeluarkan air meski mesinnya menyala adalah karena Gearbox yang rusak.Dimana gearbox ini letaknya berada di bagian dalam kipas.Komponen ini memiliki fungsi untuk menggerakkan dan sekaligus menjadi sumber tenaga supaya mesin pompa air dapat menyedot air.
Itulah 4 penyebab utama mesin pompa air yang menyala tidak mengeluarkan air.Supaya pompa air kembali berfungsi dengan baik maka diperlukannya jasa servis pompa air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.