Sabtu, 23 Februari 2019

5 Cara Praktis Mengatasi Keputihan Tidak Normal



Keputihan adalah hal wajar yang akan dialami setiap wanita, tetapi jika keputihan yang dialami menyebabkan miss V gatal gatal dan bau serta terjadi secara terus menerus maka pastinya akan sangat menggangu. Selain itu juga dapat menyebabkan menurunnya rasa kepercayaan diri karena merasa takut kecium oleh orang lain sehingga menyebabkan rasa ketidaknyamanan. Jika keputihan yang dialami berbau, maka ini bisa menjadi pertanda keputihan yang dialami tidak normal. Ada banyak tanda yang menunjukkan jika keputihan yang dialami tidak normal seperti akan menimbulkan bau dan bahkan menyegat hampir bisa dikatakan seperti bau busuk. Selain itu juga warna keputihannya bening dan transparan. Tetapi jika warnanya masih putih susu maka keputihan yang dialami masih terbilang normal atau tidak apa apa. Tetapi jika warnanya sudah hijau pekat, kuning, atau bahkan disertai dengan darah maka ini bisa termasuk kedalam kategori keputihan yang tidak normal. Tidak perlu bingung jika kamu mengalami keputihan tidak normal karena banyak cara mengatasi keputihan yang praktis.
Berikut 5 cara praktis mengatasi keputihan tidak normal diantaranya yaitu :

  1. Mengganti Pakaian Dalam Secara Rutin
Penyebab utama terjadinya keputihan adalah memiliki kebiasaan tidak terjaga dengan bersihnya pakaian dalam. Oleh karena itu supaya terhindar dari keputihan maka kebiasaaan buruk tersebut harus dihindari. Salah satu cara untuk terhindar dari keputihan ini adalah dengan selalu menjaga kebersihan pakaian dalam. Cobalah secara rutin mengganti pakaian dalam setidaknya 3 kali didalam sehari. Hal ini bertujuan untuk mencegah perkembangan bakteri yang disebabkan oleh pakaian dalam yang kotor. 
  1. Tidak Menggunakan Produk Pembersih Vagina
Supaya terhindar dari keputihan cobalah untuk tidak menggunakan produk pembersih vagina. Meski produk ini dipublikasikan sebagai produk yang baik untuk membersihkan bagian rongga vagina karena mengandung daun sirih, tetapi kenyataannya produk tersebut mengandung bahan kimia yang dapat membunuh bakteri baik yang dibutuhkan oleh rongga vagina. Oleh karena itu produk pembersih vagina ini sebaiknya tidak digunakan.
  1. Tidak Mengkonsumsi Makanan Berminyak
Mengkonsumsi makanan berminyak memang tidak baik untuk kesehatan tubuh termasuk didalamnya kesehatan reproduksi. Akan terganggunya kesehatan reproduksi jika mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan dikarenakan makanan berminyak tersebut mengandung lemak yang dapat menyebabkan keputihan. Adanya lemak tersebut akan menyebabkan hormone didalam tubuh mengalami perubahan. Sehingga nantinya hormone didalam tubuh akan menjadi tidak seimbang. Dan akan semakin buruknya kondisi keputihan. Oleh sebab itu untuk mengatasinya adalah dengan berhenti mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebihan.
  1. Tidak Mengkonsumsi Kafein
Kebanyakan wanita mengalami keputihan dikarenakan sering mengkonsumsi minuman berkafein. Dengan mengkonsumsi minuman berkafein maka dapat menyebabkan hormon estrogen mengalami perubahan. Hal ini tentunya akan menyebabkan keputihan yang seharusnya berjalan normal menjadi tidak normal. Sehingga akan meningkatnya nilai pH dari rongga vagina dan juga akan lebih cepatnya pertumbuhan bakteri. Oleh karena sebaiknya para wanita ini menghindari mengkonsumsi kafein secara berlebihan.
  1. Mengkonsumsi Yoghurt
Dengan mengkonsumsi yoghurt juga dipercaya dapat mengatasi keputihan. Pasalnya yoghurt mengandung probiotik alami yang dapat melawan pertumbuhan bakteri pada rongga rongga vagina. Dengan sering mengkonsumsi yoghurt maka akan dapat memusnahkan bakteri yang tidak baik dan keputihan pun tidak akan muncul kembali. Caranya adalah dengan mengkonsumsi yoghurt setiap hari dan kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat tanpa akan adanya lagi keputihan yang menganggu.
Kelima cara diatas selain praktis dan mudah untuk dilakukan, tetapi itu merupakan cara yang efektif membasmi keputihan.

sumber gambar : https://www.idntimes.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.