Sabtu, 09 Februari 2019

Pengaturan Menu Diet Tepat Bagi Penderita Maag


Memiliki tubuh proporsional dan ideal merupakan body goal dari setiap orang. Hanya saja, ada kalanya ketika ingin mendapatkannya dengan cara berdiet, penyakit maag yang diderita menjadi kendala utamanya. Tentunya akan sangat merepotkan ketika ingin diet, tetapi justru saat terlambat makan, asam lambung naik dan membuat perut menjadi sakit. Hanya saja, bukan berarti orang yang memiliki penyakit maag tidak boleh berdiet. Boleh saja, hanya perlu memperhatikan hal-hal tertentu yang salah satunya adalah mengatur menu diet yang akan dijalani.

Orang dengan penyakit maag masih dapat diet

Seperti yang disebutkan di kalimat terakhir di atas, seperti halnya orang normal pada umumnya, seseorang yang memiliki penyakit maag masih dapat melakukan diet. Dan sebelum beranjak membahas masalah tersebut, maka perlu diketahui terlebih dahulu makna dan artian dari diet itu sendiri.
Banyak anggapan bahwa seseorang yang diet itu harus menahan lapar dalam beberapa jam yang sudah ditentukan dan juga membatasi makan atau antipati kepada jenis makanan tertentu. Padahal sebenarnya yang dimaksud dengan diet itu bukan seperti itu. Diet adalah pola pengaturan jumlah kalori yang terkandung dalam satu makanan atau minuman agar tidak melebihi kapasitas ideal tubuh. 

Cara berdiet untuk orang dengan penyakit maag

Bagi Anda yang memiliki maag akan tetapi ingin melakukan diet, maka satu hal yang wajib menjadi perhatian adalah mengenai jenis makanannya. Dengan memiliki menu diet yang sehat dan benarl, maka asam lambung tidak akan naik yang mana dapat mengatasi penyakit maag tersebut sekaligus membantu menurunkan berat badan.
Menu diet bagi orang-orang yang memiliki maag antara lain telur ayam tanpa bagian yang kuning, daging ayam selain kulit, daging sapi tanpa gajih dan juga ikan-ikanan. Selain itu, Anda juga wajib untuk mengatur porsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat setiap harinya karena jika terlalu banyak atau tidak terkontrol, maka selain dapat membuat timbunan lemak muncul karena kalori berlebih, hal tersebut juga dapat membuat asam lambung menjadi naik. Untuk itu, lebih dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat daripada makanan berkarbohidrat tinggi. 

Jenis makanan serta minuman yang harus dihindari

Tanpa disadari bahwa ternyata ada banyak makanan yang justru tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi Anda yang memiliki penyakit maag dan sedang berdiet. Makanan-makanan tersebut antara lain lemak hwani, nangka, sawi, kol, pisang ambon, keju, cokelat, gorengan atau makanan berminyak, jagung, tales, dodol, mie, bihun, buah kering, kedondong dan yang beraroma atau berasa pedas. Jenis makanan tersebut dapat meningkatkan produksi gas berlebih dalam lambung.
Sedangkan jenis minuman yang dapat merangsang keluarnya asam lambung antara lain kopi, alkohol, minuman-minuman yang mengandung soda dan sari buah.

Porsi diet yang dianjurkan

Selain mengetahui jenis makanan seperti apa saja yang cocok dimasukkan dalam menu diet sehat untuk orang-orang yang memiliki penyakit maag, porsinya pun juga sangat wajib untuk diketahui. Pasalnya, tanpa mengetahui porsinya dan langsung mengonsumsi makanan yang telah disediakan, maka justru akan membuat proses diet gagal.
Untuk itu, bagi yang terbiasa makan 3 kali dalam sehari dengan jumlah besar atau banyak, disarankan untuk membaginya dalam porsi kecil dengan jumlah yang lebih banyak, seperti 5 sampai 6 porsi. Dengan mengatur porsi makanan tersebut, maka selain dapat membantu menurunkan berat badan juga dapat mengatur tingkat asam lambung.

sumber gambar : /www.lemonilo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.