Laman

Selasa, 06 Agustus 2019

Penyebab Terjadinya Hidung Tersumbat Dan Cara Ampuh Mengatasinya

sumber : IDN Times






Kamu pastinya akan merasa tidak nyaman didalam beraktivitas pada saat mengalami hidung tersumbat. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hidungmu tersumbat, hidung tersumbat dapat terjadi pada saat terganggunya jaringan didalam hidungmu. Gangguan pada jaringan hidung dapat terjadi karena iritasi dari menghirup polusi udara baik yang berasal dari asap kendaraan ataupun asap rokok. Selain itu masih ada penyebab lain tersumbatnya hidung seperti alergi, sinusitis, dan infeksi seperti ISPA dan influenza. Pada saat kamu terkena alergi dan menghirup udara kotor maka akan meradangnya selaput yang melapisi saluran hidung. Pada saat itulah akan diproduksinya lendir oleh hidung, dimana lendir itu akan mengusir segala sesuatu yang menganggu. Lendir pengusir gangguan inilah yang nantinya dapat menyebabkan tersumbatnya hidung.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab hidung tersumbat seperti :
  • Batuk Pilek
Keluhan batuk pilek seringkali terjadi karena adanya benda asing seperti kotoran, infeksi, ataupun peradangan yang dialami saluran pernapasan bagian atas yaitu hidung dan tenggorokan. Pada saat kamu mengalami pilek maka kemungkinanya hidung kamu akan tersumbat.
  • Flu
Terjadinya flu atau influenza dikarenakan adanya virus yang menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan juga paru paru. Terjadinya kondisi seperti ini kemungkinanya dapat menyebabkan tersumbatnya hidung.
  • Sinusitis Akut
Biasanya sinusitis akut akan berkembang karena batuk pilek. Pada saat terjadinya sinusitis maka akan meradang dan membengkaknya jaringan didalam hidung sehingga akan menyempitnya rongga hidung. Akan meningkatnya juga produksi lendir sehingga dapat menyebabkan tersumbatnya hidung.
  • Alergi
Pada saat penderita alergi terpapar oleh zat zat penyebab alergi atau allergen, maka akan menyebabkan bereaksinya tubuh. Pada kasus rhinitis alergi akan terjadinya gangguan pada sistem pernapasan, dimana akan meningkatnya produksi lendir didalam hidung, yang pada akhirnya akan menimbulkan reaksi terjadinya bersin bersin ataupun pilek. Terjadinya kondisi seperti ini juga kemungkinannya dapat menyebabkan tersumbatnya hidung.
Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab hidung tersumbat, maka saatnya kamu untuk mencari cara mengatasi hidung tersumbat yang ampuh. Berikut beberapa cara ampuh mengatasi hidung tersumbat seperti :
  • Meminum cairan lebih banyak sehingga akan berkurangnya kekentalan lendir didalam hidung.
  • Menghirup uap air hangat.
  • Mandi menggunakan air hangat.
  • Membasuh wajah dengan menggunakan handuk hangat.
  • Menghindari berenang didalam kolam yang airnya mengandung klorin.
Dengan melakukan beberapa cara diatas maka akan dapat membantu mengurangi gelaja hidung tersumbat. Tetapi jika kamu menginginkan cara mengatasi hidung yang tersumbat dengan cepat dan dapat membantu kamu untuk bisa tertidur lebih nyenyak, maka kemungkinannya kamu akan membutuhkan nasal dekongestan sebagai pilihan pengobatan yang cepat dan ampuh. Nasal Dekongestan ini berfungsi untuk mengurangi pelebaran pembuluh darah di hidung sehingga terjadinya penyumbatan pada hidung dapat dikurangi. 

Cara menggunakan Nasal Dekongestan ini sangatlah mudah dan akan memberikan efek yang lebih cepat jika dibandingkan dengan obat minum. Kamu cukup menyemprotkan Nasal Dekongestan ke salah satu lubang hidung dengan menutup lubang hidung yang lainnya. Kepala diposisikan untuk tetap tegak, lalu semprotkan pada saat sedang menarik napas. Pastikan cairannya tidak mengenai mata. Setelah itu ujung botol semprotannya dibersihkan dengan menggunakan air hangat, lalu keringkan. Simpan pada tempat yang kering lalu hindarkan dari terkena paparan sinar matahari langsung. Tetapi pastikan kamu memperhatikan aturan pakai dan takarannya, dan jika terjadinya keluhan yang berkelanjutan cobalah untuk mengkonsultasikannya dengan dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.