Jumat, 27 September 2019

Back Up Data dari Smartphone untuk Cari Aman





 

Tidak selamanya cari aman itu buruk. Melakukan back-up atau mencadangkan data dari ponsel pintar ke media lain misalnya. Kita tidak bisa menyangka kalau tiba-tiba ponsel kita mengalami kendala seperti rusak dan menyebabkan data hilang. Cukup sekali saya mengalami pengalaman tidak menyenangkan berkaitan dengan data yang ada di dalam ponsel pintar atau familiar disebut smartphone.


Sebagai ibu baru, mengabadikan tumbuh kembang anak dengan memotretnya atau memvideokan aktivitasnya adalah hal baru yang menyenangkan bagi saya. Hanya sebagian yang saya unggah di media sosial. Sisanya, video dan foto tersimpan di ponsel saya. Suatu ketika, muncul notifikasi update-an aplikasi lunak versi baru. Saya pun memperbaruinya. Tak disangka, hal tersebut menyebabkan LCD ponsel saya corrupt. Semua data di dalam penyimpanan internal ponsel hilang. Memang tidak saya pindahkan ke memori eksternal ponsel karena memorinya tidak cukup. Huhuhu…

Mengapa tidak dipindahkan ke netbook seperti biasa atau dicadangkan ke media lain?
Lagi-lagi faktor penundaan karena butuh waktu dan kurang praktis. Akibatnya, dokumentasi pribadi yang #DibuangSayang menjadi hilang.

Saya menyayangkan hilangnya banyak foto dan video anak saya. Yach nasi sudah menjadi bubur. Tidak ada lagi yang bisa saya lakukan. Pelajaran ke depannya, saya harus lebih sering dalam melakukan pencadangan data yang praktis dari ponsel. USG OTB SanDisk Dual Drive bisa menjadi solusi terkeren untuk mengatasi masalah itu. Mungkin sebagian pembaca belum familiar dengan sebutan USB OTG. Jadi, USB TG (On The Go) adalah sebuah perangkat semacam flashdisk yang berfungsi untuk pemindahan data langsung dari ponsel pintar kita tanpa memerlukan bantuan laptop atau netbook lagi.

Prosesnya praktis. USB OTG langsung dapat disambungkan ke ponsel kita. Cara pakainya yang tidak sulit dan bisa dibawa bepergian menjadikan USB OTG andalan yang bisa kita bawa. Tidak perlu menunggu sinyal bagus jika kita sedang berada di dalam kendaraan, di luar kota untuk mencadangkan data.  SanDisk dengan produknya yang berkualitas meluncurkan USB OTG SanDisk Dual Drive yang bisa digunakan oleh pemilik Smartphone berbasis iXpand Flash Drive, iOs dan Android.

 Ingin menggunakannya? Jangan lupa pemakai #SanDiskAPAC untuk unduh aplikasi SanDisk Memory Zone di Apple Store atau Google Play.  Kita dapat melihat lagi dokumen yang telah dipindahkan sebelum memutuskan menghapusnya di ponsel kita. Hal ini bermanfaat bagi pelaku smartphone yang lemot karena memorinya penuh seperti saya.
 
Menurut hasil suvey yang dilakukan oleh Western Digital, 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gadget utama yang membantu kegiatan mereka sehari-hari. Fitur yang terbanyak digunakan, yaitu 93 % responden bahwa ponsel digunakan untuk mengambil gambar. Di dalam ponselnya, para responden ini menyimpan foto, video, dokumen, musik dan aplikasi. Terungkap pula bahwa 67% responden pernah mengalami kehilangan data di dalam ponsel mereka. Kejadian tersebut menyebabkan lebih dari 80% responden menyadari pentingnya pencadangan data.

Hal-hal yang menyebabkan responden kehilangan data antara lain:
1.    Memori ponsel penuh sehingga mereka terpaksa menghapus sebagian data yang ada di dalamnya.
2.    Adanya warning bahwa sebentar lagi bahwa memori ponsel hampir penuh sehingga mempengaruhi kinerja ponsel alias lemot. Hal ini dibuktikan dengan hasil survey Western Digital yang menyebutkan bahwa 30% pengguna ponsel pintar di Indonesia memiliki kapasitas memori 16 GB, 26% memiliki kapasitas memori 32 GB dan 49% memiliki kapasitas memori 1-3 GB di ponsel mereka. Jumlah yang sedikit dibandingkan keperluan data yang disimpan di dalamnya.
3.    Ponsel mengalami suatu kerusakan.
4.    Tidak sengaja terhapus datanya dan belum punya cadangannya
5.    Ponsel terkena virus
 



  


Seperti pepatah, sedia payung sebelum hujan. Gunakan USB OTG sebagai payung kita sebelum kehilangan data kembali menghujani kita. Kunjungi Official Sote SanDisk di Shopee untuk melihat aneka variasi USB OTG SanDisk yang sesuai kebutuhan. Apalagi belanja di Shopee banyak promo mulai dari cashback, potongan koin Shopee hingga gratis ongkos kirim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.