Senin, 02 September 2019

Berikut Beberapa Hal Penting Dalam Persiapan Melahirkan Yang Harus Bunda ketahui

sumber gambar IDN Times


Bagi wanita yang baru pertama kali hamil, tentu saja detik-detik kelahiran itu merupakan sebuah momen yang sangat mendebarkan sekaligus juga membahagiakan. Berbagai persiapan pun telah dilakukan sejak jauh-jauh hari, untuk menyambut lahirnya si buah hati ke dunia. Berbicara soal persiapan melahirkan, ada beberapa hal pentingnya yang harus bunda ketahui. Hal-hal apa sajakah itu? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :


1. Mempersiapkan Stamina Tubuh Dengan Latihan Fisik

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa proses persalinan itu membutuhkan stamina fisik yang prima. Ya, kebugaran fisik pada ibu hamil ini berlaku bagi ibu yang melahirkan normal, maupun dengan operasi Caesar. Maka dari itu, pastikan tubuh bunda sudah siap menghadapi proses persalinan. Dalam latihan fisik, ada beberapa jenis olahraga ringan yang dapat bunda lakukan seperti senam hamil, yoga, dan lain sebagainya. 
Seperti yang dilansir dari situs seputar kehamilan, yang menyebutkan bahwa senam hamil dapat dilakukan sejak usia kandungan 3 bulan. Tentu saja akan ada banyak manfaat yang bunda rasakan seperti meningkatkan stamina tubuh hingga mengurangi stress. Dalam hal ini, sebaiknya bunda melakukan senam hamil setidaknya 1 – 2 minggu sekali agar proses persalinannya lancar. 

2. Mempersiapkan Mental

Pastinya bunda sudah sering mendengar fenomena baby blues yang kerap dialami oleh ibu hamil? Ya, baby blues ini merupakan sebuah kondisi, dimana perasaan ibu hamil cenderung lebih sensitive sehingga mudah merasa sedih. Menurut para dokter kandungan, yang mengatakan bahwa 7 dari 10 ibu hamil selalu mengalami sindrom baby blues. 
Meskipun termasuk kedalam kategori depresi tingkat ringan, namun kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena dapat berlanjut ke kondisi yang lebih parah berupa postpartum depression. Sebagai solusinya, dokter kandungan pun menyarankan agar bunda mendapat dukungan dari keluarga terutama dari suami. Dengan mendapat dukungan dari orang-orang tercinta, tentunya bunda tidak akan terus berlarut-larut dalam kondisi baby blues.

3. Memahami Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Hal penting berikutnya yang harus bunda ketahui dalam mempersiapkan kelahiran, yakni memahami cara merawat bayi yang baru lahir dengan tepat. Menurut salah satu dokter kandungan ternama Indonesia, yang menyebutkan bahwa cara merawat bayi yang baru lahir itu harus dimulai dari tali pusarnya “Misalnya bagaimana perawatan tali pusar, nggak perlu dikasih bedak-bedakan, nggak perlu juga dikasih jamu-jamuan yang ditumbuk. Cukup pakai kasa yang steril saja, dan jangan diberi alcohol. Karena nanti juga akan lepas dengan sendirinya”, ucap sang dokter.  
Selain itu, bunda juga harus mengetahui tentang cara memandikan bayi yang baru lahir dengan benar. “Jangan memandikan bayi terlalu lama, bayi itu tidak boleh gemetar, bisa beresiko hiportemi. Tidak perlu dibedong juga terlalu keras karena justru bisa mengalami gangguan pertumbuhan, mislnya pertumbuhan tulang atau bentuk panggulnya”, tambah sang dokter. 

4. Memahami Pemberian ASI

Pada umumnya, bayi yang baru lahir itu akan menyusui setiap 2 hingga 3 jam sekali dengan durasi sekitar 5 – 20 menitan. Namun, hal tersebut kembali lagi pada keinginan si kecil. Setelah bayinya berusia 6 bulan ke atas, maka bunda perlu menambahkan asupan gizinya dengan memberikan MPASI.

Itulah beberapa hal penting yang harus bunda ketahui dalam persiapan melahirkan, yang semoga saja ulasan diatas tadi dapat membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.