Senin, 25 November 2019

Cara Lapor Pajak Online

Anda yang telah bekerja dan memiliki pendapatan tetap pasti adalah salah satu wajib pajak yang harus membaya kewajiban anda berupa pajak. Bukan hanya pajak pendapatan, anda juga akan membayar pajak bagi beberapa barang anda seperti sepeda motor dan lainnya.
Namun, dalam pembahasan kali ini, kita akan membicarakan tentan cara membayar pajak tahunan melalui jaringan internet atau online. Karena yang kita tahu bahwa sebagian masyarakat saat ini terlalu sibuk untuk melaporkan pajaknya dan pergi ke kantor pajak.
Untuk itu, saat ini telah ada e-filing yang akan memberikan kemudahan bagi kita untuk melaprkan kewajiban pajak kita. Selanjutnya, kita akan membahas langkah serta cara lapor pajak online. Nerikut adalah ulasannya.

E-Filling

e-Filing merupakan salah satu cara penyampaian atau pelaporan SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online serta real time atau langsung melalui internet di website DJP www.djponline.pajak.go.id atau penyedia jasa aplikasi (ASP/Aplication Service Provider) yang terdaftar secara resmi sebagai agen pajak yang bekerja sama dengan badan pajak.
Dengan memanfaatkan e-filing,anda tentu saja dapat melapor SPT di mana saja dan kapan saja dengan cepat tanpa perlu datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Dengan kemudahan itu, artinya anda juga telah melindungi diri anda dari terjadinya lupa membayar pajak yang mengakibatkan tagihan yang menunggak.

EFIN dan Daftar Akun DJP Online

Pertama,sebagai seorang Wajib Pajak harus memiliki dan mengaktivasi EFin (Electronic Filing Identification Number) untuk salah satu syarat membuat akun DJP Online dan menggunakan layanan pajak online. 
Jika Anda lupa atau sengaja tidak menyimpan EFIN, anda masih bisa mencetak ulang EFIN di KPP terdekat. Sedangkan bagi anda yang mungkin belum memiliki EFIN, segera datangi KPP atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat.
kemudian isi dan tandatangani formulir permohonan aktivasi EFIN; dan tunjukkan serta serahkan fotokopi KTP  serta KTP asli (bagi WNI) atau paspor dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) yang dimiliki (bagi WNA) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) ke petugas pajak.
Setelah menerima EFIN paling lambat dalam waktu satu hari kerja setelah pembuatan, anda bisa langsung mendaftar akun DJP Online. Pertama, buka situs djponline.pajak.go.id, lalu klik Daftar. Kemudian isi kolom NPWP, EFIN, dan kode keamanan, lalu klik Verifikasi. Setelahnya,  sistem akan mengirimkan identitas pengguna (NPWP), password, dan link aktivasi lewat email yang telah didaftarkan. Klik link yang dikirim melalui email untuk mengaktifkan akun DJP Online Anda. jika sudah  aktif, anda bisa login kembali dengan NPWP dan password yang sudah diberikan.

Manfaat e-filing

Selanjutnya, kita juga perlu mengetahui manfaat e- filing, diantaranya adalah :
  • Dapat mempermudah proses perekaman data SPT di dalam basis data DJP
  • Akan bermanfaat dalamm engurangi pertemuan langsung wajib pajak dengan petugas pajak.
  • Membantu mengurangi dampak antrean dan volume pekerjaan proses penerimaan SPT. 
  • Mengurangi volume atau banyaknya berkas fisik/kertas dokumen perpajakan.
Demikian adalah penjelasan mengenai cara lapor pajak online yang akan sangat berguna bagi anda yang tidak memiliki cukup waktu untuk mendatangi kantor pelayanan pajak. Tidak hanya itu, dengan e – filing anda bisa mengurangi antrean dan tentu tidak perlu susah – susah untuk melaporkan pajak anda sehingga anda tidak akan mengalami keterlambatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.