Kamis, 21 November 2019

HABBATUSSAUDA, SI PENYEMBUH SEGALA PENYAKIT





Habbatussauda, atau biasa disebut jintan hitam, merupakan tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Barat. Disana, jintan hitam banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur sehingga memberikan cita rasa pait-pedas pada makanan. Di lain pihak, jintan hitam merupakan tanaman yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dikonsumsi karena dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Hal ini lah yang mendasari dilakukannya penelitian terhadap jintan hitam.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ekstrak habbatussauda atau jintan hitam akan menghasilkan senyawa timokuinon (senyawa golongan alkanon) yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Timokuinon ini sendiri telah banyak dilakukan sintesis senyawa turunannya sehingga diharapkan mampu memberikan efek yang lebih baik daripada timokuinon. Penelitian juga menunjukkan bahwa habbatussauda dapat menyembuhkan penyakit asma dan juga penyakit yang berhubungan dengan tenggorokan, seperti radang tenggorokan dan amandel.
 
Kandungan senyawa nigellon pada jinten hitam lah yang dapat meredakan gangguan pernafasan. Jenis senyawa lainnya juga ditemukan dalam jinten hitam yang berfungsi sebagai anti inflamasi, dimana senyawa tersebut dapat mengurangi rasa nyeri serta kesulitan menelan pada penderita radang tenggorokan dan amandel. Tak hanya penyakit ringan, penyakit yang berat pun dapat diobati dengan tanaman Nigella sativa
ini. Sebut saja diabetes, kolesterol tinggi dan kanker pun dapat disembuhkan dengan rutin mengonsumsinya. Jintan hitam juga mengandung senyawa kimia yang dapat berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri. Oleh karena itu, jintan hitam dapat difungsikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit flu, hepatitis C, maupun HIV.

Kandungan Kehebatan tanaman habbatussauda atau jintan hitam memang sudah tak perlu diragukan lagi. Telah banyak penelitian yang menunjukkan hal tersebut. Akan tetapi, sebuah fakta juga terungkap dalam sebuah penelitian jika mengonsumsi jintan hitam dalam waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan pada hati. Sehingga, tidak disarankan untuk mengonsumsi ekstrakhabbatussauda dalam waktu lama atau bila Anda tidak merasakan keluhan yang parah. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikam kondisi kesehatan Anda. Saat Anda sudah yakin bahwa memang perlu mengonsumsi ekstrak jintan hitam, maka Anda bisa melakukannya. Berbagai jenis habbatussauda yang bisa Anda temukan di pasaran offline maupun online, antara lain biji habbatussauda, minyak habbatussauda maupun dalam bentuk
kapsul habbatussauda. Masing-masing jenis habbatussauda yang dijual di pasaran dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Manfaat habbatussauda dapat dijadikan sebagai bumbu dapur atau bisa dicampurkan ke minuman sesuai dengan penyakit yang ingin disembuhkan. Minyak habbatussauda bisa digunakan sebagai obat luar, penggunaannya juga cukup dioleskan ke bagian luar tubuh. Sementara pil habbatussauda merupakan jenis olahan yang siap diminum dengan air. Perlu tetap diperhatikan jumlah konsumsi yang bisa masuk dalam tubuh dalam sehari. Anda juga bisa menanam jinten hitam sendiri dirumah.

Habbatussauda atau jintan hitam memiliki nama lain Nigella sativa, tanaman ini memiliki tinggi 20 – 50 cm, berbunga putih yang bagus. Tanaman ini tumbuh di tempat yang terkena matahari langsung, sehingga dia dapat hidup di tempat tropis seperti Indonesia. Namun, tanaman jintan hitam akan rusak bila berada di tempat dengan suhu dingin. Penumbuhan tanaman jintan hitam bisa dilakukan dengan menyemai biji jinten hitam atau habbatussauda ke dalam tanah. Perlu diketahui bahwa pertumbuhan ini sangat
lama, sehingga membutuhkan kesabaran ekstra untuk mendapatkan tanaman yang sesuai keinginan. Namun, dengan adanya tanaman ini di rumah, Anda bisa mengambil biji jintan hitam saat memerlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.