Senin, 18 November 2019

Uniknya Peraturan di Singapura





Singapura adalah Negara di Asia yang terkenal dengan kebersihannya. Negara yang rapi, sampah di jalan maupun di lokasi wisata tidak berserakan, transportasi umum yang bersih, antrian yang tertib serta fasilitas umum yang terjaga. Rupanya, program pelaksanaan kebersihan di Negara ini telah digalakkan sejak 50 tahun yang lalu. Memang, sebuah upaya yang tidak instan untuk mencapainya. Kerapihan dan kebersihan Negara inilah salah sau nilai plus bagi wisatawan yang ingin datang berlibur dan mengunjungi tempat wisata di Singapura.


Selain kerapihan dan kebersihannya, ternyata Singapura memiliki aneka perauran unik yang harus diketahui oleh wisatawan. pengen jalan2 ke singapura, bisa liat panduan jalan-jalan ke singapura di sini:

1. Dilarang Membawa Durian

Durian adalah salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Anda pecinta durian? Stop, jangan coba-coba membawanya ke Singapura. Alasannya, baunya menyengat dan mengganggu. Sebab, tidak semua orang suka durian. Ada segelintir orang yang justru mual mencium baunya. Singapura menghargai hal tersebut. Kalau anda menemukan menu durian di restoran, habiskan saja di sana atau bawa ke penginapan dengan kendaraan pribadi. Jangan gunakan kendaraan umum seperi bus, LRT dan MRT.

2. Jika Tidak ada Pricelistnya, Tanyakan Harga
Sebagai wisatawan apalagi backpacker, terkadang budget yang dibawa tidak berlebih. Untuk mengantisipasi tekor, lebih baik tanyakan harga sebelum membeli sesuatu yang tidak ada daftar harganya.

3. Dilarang Membeli Minuman Beralkohol di Atas Jam 10.30 pm
Ada sebuah peraturan yang baru diterapkan di Singapura mulai tanggal 1 april 015. Orang dilarang mengonsumsi minuman beralkohol di tempat umum dari jam 10.30 pm hingga jam  7 am. Hal ini adalah untuk upaya pencegahan orang mabok di tempat umum yang akhirnya dapa menimbulkan kerusuhan karena pengaruh di bawah sadar. Orang tetap diperbolehkan mengonsumsi alcohol di resoran khusus yang menjual bir atau di tempat pribadi. Jika anda melanggar perauran ini, bersiaplah kena denda.

4. Pakailah Tangan Kanan
Gunakan tangan kanan untuk berinteraksi dengan orang lain di singapura . sama halnya dengan di Indonesia, tangan kanan dianggap sopan. Misalnya saat hendak menyerahkan uang ke kasir, saat melambaikan tangan pada orang lain maupun saat makan.

5. Jangan Pelihara Kucing di Rumah Susun Atau Apartemen
Jika anda tinggal di apartemen atau rumah susun, hindari memelihara kucing. Interaksi dengan tetangga dianggap terganggu karena bisa saja bulu kucing anda rontok mengotori rumah tetangga dan kucing buang kotoran sembarangan di lahan tetangga. Memelihara anjing masih diperbolehkan jika pemiliknya telah bersertifikasi.

Peraturan-peraturan tersebut dibuat untuk kenyamanan bersama. Maka, sebagai pengunjung atau penduduk haruslah mentaatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.