Minggu, 26 Januari 2020

Pertimbangan Antara Membeli Atau Sewa Rumah





Bagi orang yang telah berkeluarga, hunian berupa rumah adalah kebutuhan utama. Rumah merupakan bangunan untuk tempat bernanung keluarga. Setiap kepala keluarga tentunya ingin bisa memberikan kehidupan yang layak bagi keluarganya. Terdapat dua pilihan bagi keluarga yang belum memiliki hunian, yaitu membeli rumah atau sewa rumah. Bagi pasangan yang memilih untuk membeli rumah, bisa mereka lakukan dengan berbagai pilihan:


1.    Membeli rumah second
2.    Membeli bangunan rumah baru, biasanya di perumahan
3.    Membangun rumah sendiri di atas sebidang tanah

Pertimbangannya adalah selera dan kondisi keluarga tersebut. Ada yang menyukai privasi sehingga membeli di kompleks perumahan kelas menengah. Ada juga yang memiliki sebidang tanah warisan dan tinggal membangun rumah saja. Ada yang membayar lunas maupun cicilan. Bahkan ada juga yang sedari muda sudah menabung untuk membeli tanah dan pembangunan rumahnya dilakukan secara bertahap.

Alternatif kedua selain membeli rumah adalah mengontrak atau sewa rumah. Pilihan ini bisa diambil jika kondisi keuangan keluarga tersebut belum mencukupi untuk membeli rumah baik dengan sistem cicilan maupun cash. Harga rumah yang kian melambung walaupun lokasinya cukup jauh menjadi salah satu kendala bagi keuangan keluarga. Ada juga keluarga yang memilih mengontrak karena kondisi pekerjaan suaminya berpindah provinsi dalam setiap kurun waktu tertentu. Sedangkan jika orang memutuskan membeli rumah dan karena suatu hal harus menjualnya kembali dalam jangka pendek, bisa jadi ia mengalami kerugian karena nilai investasinya belum merambah naik.

Mengontrak rumah jangka pendek juga merupakan ide bagus jika suatu keluarga merantau dan ingin mengenal terlebih dahulu daerah yang didatanginya. Misalnya anda baru saja pindah ke daerah Semarang. Bagi anda yang masih asing dengan daerah ini, sewa rumah di Semarang adalah pilihan yang tepat. Seiring sberjalannya waktu, anda bisa sambal mengumpulkan tabungan jika berencana membeli rumah atau memilih kamwasan rumah yang bebas banjir.

Biaya perawatan rumah kontrakan tentu tak setinggi biaya renovasi dan perawatan rumah milik sendiri. Namun, penyewa rumah tetap harus memiliki etika dengan menjaga rumah kontrakan dan tidak melakukan tindakan yang merusaknya. Membeli rumah akan membutuhkan lebih banyak pertimbangan (seperti dana dan pekerjaan tetap) dibandingkan menyewa.

Jika memutuskan membeli rumah, maka anda harus siap menanggungbanyak biaya lain yang ada. Misalnya pajak bumi dan bangunan, biaya KPR, keperluan ke notaris, membeli barang, properti, biaya provisi, serta pajak jual beli. Sebaliknya jika mengontrak, Anda hanya diwajibkan untuk membayar biaya bulanan saja. Bahkan sebagian rumah yang disewakan terdapat barang utama di dalamnya seperti kitchen set, kursi, meja dan lemari. Jika tidak nyaman dengan lingkungan sekitarnya atau tidak cocok, anda dengan mudah bisa pindah mencari rumah sewaan yang lainnya.

Mencari informasi rumah kontrakan bisa anda peroleh dari keluarga atau teman. Jika ingin memperoleh informasi yang lebih banyak, kunjungi saja website www.sewa-rumah.net . Situs ini menyediakan informasi lengkap mengenai data-data rumah yang bisa disewa dalam suatu daerah. Informasi tersebut meliputi lokasi rumah, luas tanah, luas bangunan, jumlah lantai, jumlah kamar tidur, kamar mandi, foto rumah, fasilitas rumah yang tersedia, sertifikat rumah, kondisi rumah, harga sewa, fasilitas umum yang terjangkau di dekat rumah, dan nomor kontak yang bisa dihubungi.  Sebelum meluncur survei, anda bisa scrolling dulu untuk menghemat waktu memilih rumah yang tepat untuk disewa. Dengan harga sewa yang lebih terjangkau dibandingkan membeli, anda bisa leluasa memilih rumah kontrakan yang lokasinya strategis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.