Cara Mudah Menghapus Noda Tinta pada Pakaian Anda



sumber gambar : IDN Times
Baju terkena tinta merupakan hal yang sangat menyebalkan, baik karena ketidaksengajaan di kantor, atau anak-anak kalian yang mencoret-coret dibaju dan lainnya. Tetapi kabar baiknya adalah terkena tinta pada baju favorite anda bukan berarti baju favorite anda menjadi rusak. Dengan perawatan noda yang tepat, pakaian anda akan sama bagusnya dengan yang baru. Ingin tahu cara menghilangkan noda tinta di baju? pada artikel ini kami akan memberikan tips mudah untuk membantu kalian menghilangkan noda tinta pada baju kalian.


Tentukan Jenis Tinta

Tidak semua pena dan spidol dibuat dengan jenis tinta yang sama. Dan, untuk merawat noda secara efektif, anda harus tahu jenis tinta apa yang anda hadapi. Berikut adalah beberapa tinta pena yang biasanya digunakan.
-          Tinta Berbasis Minyak: Pena ballpoint menggunakan tinta berbasis minyak. Tinta berbasis minyak agak sulit untuk dihilangkan dan cepat kering, menjadikan cara membersihkannya lenih sulit.
-          Tinta Berbasis Air: Anda akan menemukan tinta berbasis air dalam pulpen, ballpaint, spidol, dan pena gel.
-          Tinta Berbasis Alkohol: Ini adalah jenis tinta yang digunakan dalam spidol permanen dan merupakan tinta yang paling sulit untuk dihapus dari pakaian.

Cara menghilangkan noda tinta di baju

Sekarang setelah anda menentukan jenis tinta apa yang perlu dihilangkan, anda dapat membersihkannya  dengan metode perawatan yang tepat.

-          Noda Tinta Berbasis Minyak
Rahasia untuk menghilangkan noda tinta berbasis minyak adalah menggunakan pelarut umum yang disebut etanol. Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan beberapa? Anda mungkin sudah memilikinya di lemari anda: dapat ditemukan di alkohol (alias isopropil), aerosol hairspray dan pembersih tangan. Salah satu dari produk ini dapat digunakan untuk menghilangkan noda tinta berbasis minyak. Begini caranya:

Letakkan pakaian anda pada permukaan yang rata dan letakkan handuk tua di bawah lapisan kain yang mengandung noda tinta. Jadi, jika noda ada di bagian depan baju anda, letakkan handuk di dalam baju anda di antara lapisan depan dan belakang. (Ini penting agar tinta dan pelarut tidak tembus sampai ke belakang.) Oleskan produk etanol pilihan anda pada area bernoda. Biarkan produk selama sekitar lima menit. Kemudian lap jangan sampai mengenai bagian baju yang laiinya. Gunakan kembali pelarut dan ulangi sesuai kebutuhan sampai noda hilang, sebersih mungkin. Selanjutnya cuci seperti biasa. Sebelum mencuci pakaian, anda bisa menggunakan sedikit deterjen langsung ke tempat itu untuk mendapatkan daya ekstra melawan noda.

-          Noda Tinta Berbasis Air
Apakah anda yakin dapat menghapus tinta dengan susu? Itu benar! Berikut cara menghilangkan noda tinta berbasis air dengan semangkuk susu:
Isi mangkuk dengan susu dan rendam bagian pakaian yang ternoda. Biarkan meresap selama sekitar satu jam. Gosok noda dengan sikat gigi tua lalu bilas dengan air hangat. Oleskan deterjen langsung ke noda yang tersisa, diamkan selama satu jam lagi, lalu cuci seperti biasa. Tip! Jika noda masih terlihat setelah dicuci, jangan keringkan baju. Ulangi langkah 1 dan 2 lalu cuci lagi baju.

-          Noda Tinta Berbasis Alkohol
Spidol permanen sulit dihilangkan, tetapi bukan tidak mungkin. Coba ini saat lain kali anda mendapatkan noda tinta permanen pada pakaian anda. Letakkan pakaian anda pada permukaan yang rata dan letakkan handuk tua di bawah lapisan pakaian yang mengandung noda tinta. Menggunakan kain bersih, bersihkan noda dengan alkohol. bersihkan bercak sampai noda hilang. Jika alkohol tampaknya tidak berhasil, coba Amodex Ink & Stain Remover. Cuci spot yang terkena tinta dengan diterjen dan kemudian cuci seperti biasa.

Tidak ada komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.