Minggu, 22 Maret 2020

Kulwap : Kupas Tuntas Gerakan Tutup Mulut (GTM) Pada Anak



Banyak kulwap yang aku ikuti terhapus materinya karena polsel rusak/ganti hape dan ternyata belum ke-back up sama suami data di wa ku. Ini ada kulwap bertema GTM (Gerakan Tutup Mulut) yang aku ikuti tahun 2019 lalu.  Nah materinya aku dapet lagi karena kebetulan grup ngga terkunci , members masih bisa kirim pesan. Walau udah banyak yang left, masih ada members yang nolongin buat copasin ke bawah materinya pas aku minta tolong. 


HTM nya aku dan Meykke waktu itu 25k/person. Sharing di sini siapa tau bisa bermanfaat bagi pembaca juga. Walau kita sama-sama tau bahwa terkadang praktek tak semudah teori. Tapi, dengan teori bisa menyemangati kita agar bersabar hadapi pola makan si buah hati.










Materi

Permasalahan nutrisi bayi dan anak
Nutrisi menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, terlebih lagi dalam waktu 1000 hari pertama kehidupan (dari kandungan sampai usia 2 tahun). Bayi perempuan akan mencapai 50% tinggi dewasa pada saat berusia 18 bulan, sedangkan bayi laki-laki pada saat usia 2 tahun. Selain itu, masa kritis otak dan lemak adalah pada usia 0-2 tahun pertama. Permasalahan stunting, obesitas, akan mempengaruhi anak pada masa kehidupan kedepannya. Oleh karena itu kita harus benar-benar memperhatikan permasalahan nutrisi sedini mungkin, bahkan dari dalam kandungan.

Setelah ASI, kita akan memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) kepada buah hati kita. MPASI harus memenuhi 4 syarat yaitu:
1. Tepat waktu. Tidak terlalu cepat tidak terlalu lambat, yang penting saat ASI tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi
2. Adekuat. Komposisinya memiliki energi, protein, mikronutrien sesuai dengan kebutuhan seusianya
3. Aman. Disiapkan dengan bersih dan higienis
4. Diberikan dengan cara yang benar, yaitu dengan memperhatikan sinyal rasa lapar dan kenyang bayi.

Tepat waktu
Setelah usia 6 bulan, ASI tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. MPASI dianjurkan untuk diberikan pada usia 6 bulan kecuali ada pertimbangan khusus dari petugas kesehatan. Pada beberapa bayi, MPASI dimulai ketika berusia 4 bulan karena BB yang dirasa kurang naik jika dibandingkan usia dan BB lahirnya (gagal tumbuh). Ini berlaku perindividu dan tidak dapat digeneralisasi. MPASI harus diberikan selambat-lambatnya ketika anak berusi 180 hari.



Adekuat

Makanan bergizi harus diberikan kepada bayi untuk menopang perkembangan otaknya. Banyak anak di Indonesia yang mengalami gizi kurang (BB menurut Panjang Badan <-2) dengan anemia sebagai faktor risiko penyebabnya. Akar dari masalah anemia sering kali adalah kekurangan zat besi. Di usia 6-12 bulan, bayi memiliki kebutuhan zat besi 11 mg per hari. Pada usia 6 bulan, 0,2mg/hari zat besi didapatkan dari ASI dan 10,8 mg/hari sisanya dari MPASI.

Sumber zat besi yang terbaik adalah daging merah (daging sapi cincang mengandung zat besi 0,8 mg/28g, kambing 1 mg/28 g, domba 1,3 mg/28 g, bebek 0,8mg/28 g) dan hati (hati ayam 3,6mg/28 g, hati sapi 1,7 mg/28 g).59 Sayuran, misalnya bayam rebus mengandung zat besi 1 mg/28 g tetapi yang diserap hanya 3-8% dibandingkan dengan 23% pada sumber hewani. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, bayi harus mengonsumsi 85 g hati ayam atau 385 g daging sapi per hari, tetapi konsumsi hati ayam atau daging sapi sejumlah tersebut menyebabkan bayi mendapat asupan protein yang melebihi kebutuhan harian. Penelitian dipelbagai negara maju menunjukkan bahwa MPASI buatan rumah kaya zat besi memiliki akseptabilitas yang rendah pada usia 6-8 bulan. Hal ini kemungkinan disebabkan keterampilan oromotor yang baru dilatih belum mampu mengonsumsi tekstur yang kasar. Oleh sebab itu, pada tahap awal para ahli nutrisi memikirkan untuk melakukan fortifikasi zat besi dan zat-zat lain yang harus ditambahkan pada MPASI

Aman
Makanan harus diberikan dalam kondisi bersih. Peralatan makan serta penyajian makanan harus higienis. Selain itu aman adalah memberikan makanan yang tidak berbahaya. Salah satu contohnya adalah nitrat pada makanan bayi. Nitrat terdapat pada tanaman tertentu misalnya wortel, bayam dan bit. Hal ini berkaitan dengan perubahan molekul hemoglobin sehingga kurang bisa mengikat oksigen jadi tidak disarankan pada bayi lebih dini dari 4 bulan.

Mengenal rasa 
Pengenalan rasa makanan sudah terjadi sejak dalam kandungan. Bayi merasakan cita rasa makanan dari apa yang dimakan oleh ibunya. Begitu pula ASI, bayi yang diberikan ASI lebih mudah untuk beradaptasi dengan berbagai cita rasa makanan. Hal ini disebabkan ia merasakan rasa dari apa yang dikonsumsi oleh sang ibu. Oleh karena itu, disarankan kepada para ibu untuk memakan makanan dengan rasa yang bervariasi untuk pengenalan rasa sedini mungkin.

Selanjutnya adalah fase mulai makan ketika bayi berusia 4-6 bulan. Fase awal pengenalan makanan sangatlah penting untuk anak. Mulai dari rasa serta teksturnya. Pada fase ini bayi mulai merasakan makanan sendiri secara langsung. Pada awal pengenalannya, kita dapat mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai oleh bayi. Panca inderanya akan menolak dengan reaksi berupa mual atau muntah dan jika dipaksakan akan menimbulkan trauma pada bayi.  Masa penting untuk pengenalan rasa adalah usia 6-12 bulan. Setelah bayi mulai jalan, ada kecenderungan mereka untuk menolak eksplorasi rasa baru. Untuk mengenalkan rasa terkadang perlu waktu yang lama bahkan 5-10x percobaan diwaktu yang berbeda.

Rasa makanan
Bunda, bayi itu sama seperti kita. Mereka mau makan jika rasanya enak. Jika hambar/ tidak enak maka mereka sering kali menolak untuk makan setelah suapan pertama. Bagaimana cara mengatasi ini?
- Tambahkan kaldu daging/ ayam untuk membantu adanya rasa pada makanan
- Perihal garam
Penelitian menunjukan bahwa bayi sudah memiliki preferensi rasa asin dari usia 4 bulan. Pemberian garam adalah sebagai salah satu metode pengenalan rasa pada bayi. Garam harus diberikan dalam jumlah yang wajar. Rekomendasi garam pada usia 0-12 bulan adalah <1 gr /hari sedangkan 1-3 tahun adalah <2gr/ hari. Sebaiknya bayi tidak diberi makanan olahan sehingga tidak terpapar dengan makanan yang tinggi garam pada usia kecil.
- Gula
Bayi dan anak juga memiliki preferensi manis yang lebih besar dibandingkan orang dewasa. Gula pada makanan tidak hanya memberi rasa manis tapi memberikan rasa sedap secara umum. Gula dalam jumlah kecil boleh diberikan dalam makanan.

Tekstur makanan
Tekstur harus dimulai dari lunak ke padat.
Usia 6-8 bulan: tekstur lembek dan tidak terlalu encer. Makanan perlu untuk disaring
Usia 8-10 bulan: tekstur agak kasar. Makan perlu ditumbuk
Usia 10-12 bulan: tekstur mulai kasar. Makan perlu dicincang
Usia diatas 12 bulan: tekstur makanan seperti dewasa



Apakah tekstur makanan harus menunggu tumbuh gigi?

Tidak! Karena waktu tumbuh gigi berbeda pada setiap bayi. Ada yang sudah tumbuh pada usia 6 bulan, ada yang baru tumbuh pada usia diatas 12 bulan. Tekstur makanan harus mengikuti usianya, tentu disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Penting untuk memperhatikan tekstur makanan karena hal ini berkaitan dengan kemampuan oromotornya. Dengan tekstur yang makin meningkat, kemampuan otot-otot pada muka dan mulut juga akan semakin “matang.” Otot-otot yang dilatih ini akan berpengaruh nantinya pada kemampuan bicara sang bayi.

Alasan bayi sulit untuk mau makan:
1. Makanan terlalu banyak porsinya
Pada awal masa pengenalan makanan, bayi hanya perlu 2-5 sendok makan mereka atau sekitar 125 ml. Lalu dilanjutkan dengan 200 ml. Sebaiknya jangan memaksakan mereka untuk makan banyak sesuai keinginan bunda. Pada usia diatas 12 bulan, porsi mereka adalah ½ piring prosi dewasa.

2. Tidak menyukai tekstur yang diberikan
Ada kalanya bayi akan menentukan tekstur yang ia mau. Ia akan cenderung menolak ketika diberikan tekstur tertentu. Dapat dicoba dalam porsi kecil untuk mengenalkan tekstur diatas tekstur yang saat ini biasa dikonsumsi. Terkadang pada pengenalan tekstur kita akan cenderung menaik dan turunkan tekstur sesuai dengan mood bayi. Bersabarlah bun, karena sesungguhnya mereka sedang belajar keras untuk mempelajari tekstur dan adaptasi.

3. Trauma karena proses makan yang tidak menyenangkan
Memasak makanan bayi terkadang melelahkan, tapi itu bukan alasan untuk memaksakan. Kadang terbawa emosi, bahkan bisa drama menangis pada kedua belah pihak, bunda dan bayinya. Percayalah, jika bunda memberikan suasanya yang menyenangkan, mereka akan lebih happy dan mau. Feeding is a period of learning and love, eye to eye contact and talk properly -WHO

Jika tidak, memori mereka sangat kuat. Ada yang kita kecil dipaksa untuk makan sayur setiap saat makan, namun ketika dewasa tidak mau karena trauma “pemaksaan” masih sangat berbekas dihati. Otak dan perasaan mereka, apalagi saat 2 tahun pertama kehidupan adalah seperti spons. Mereka akan menyerap dan menyimpan dimemorinya sebagai “unconscious memory” / memori bawah alam sadar. Jadi pastikan bunda memberikan memori yang indah.

[13:41, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: 4. Sedang kenyang
Banyak bunda yang mengeluhkan bahwa bayinya sulit makan dan hanya mau minum susu. Kunci untuk mengatasi hal ini adalah disiplin. Bunda harus membuat jadwal makan untuk sang buah hati.

Misalnya untuk bayi 6 bulan
60-80% adalah porsi untuk ASI
20-40% adalah makan dan makanan selingan

06.00 ASI
08.00 makan berat
10.00 snack/ buah
12.00 makan berat
14.00 ASI
16.00 snack
18.00 makan berat
selanjutnya adalah ASI

Pastikan untuk memberikan jeda 2-3 jam sebelum memberikan selanjutnya. Hal ini agar sudah terjadi pengosongan pada lambungnya. Selain itu, bantu bayi mempelajari rasa lapar. Bunda harus “tega” untuk mengurangi porsi ASI/susu agar mereka “terpaksa” makan.
Pada usia 6-8 bulan frekuensi makan adalah 2-3 kali perhari. Pada usia 8-23 bul…
[13:41, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Tips membantu anak mau makan:
1. Variasikan menu makanan, lebih baik ditata dalam bentuk yang menarik
2. Kenali makanan favorit bayi
3. Pastikan ada jeda antara pemberian makanan sekitar 2-3 jam
4. Sabar menghadapi anak ☺. Pemberian makan merupakan proses pembelajaran dan kontak antara orangtua dan anak. Pastikan bunda memberikan kasih sayang.
5. Meminimalisir distraktor. Makan harus berhenti setelah 30 menit baik makanannya habis atau tidak.
[13:41, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Selesai :) semoga berguna untuk bunda semua yang ada disini


Malam ini kita akan membahas satu persatu pertanyaan yang sudah Moms tanyakan dihari sebelumnya ya 😊
[13:59, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Rulesnya untuk 1 pertanyaan yang sudah dijawab akan diberikan 1 kesempatan feedback 😊
[13:59, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Langsung dimulai pertanyaan pertama saja ya Moms
[13:59, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Pertanyaan dari @ina :

Saya baca di usia ini takaran makan baby 4-5 sdm sekali makan. Sehari 3 kali menu utama dan 1-2 kali selingan. Biasanya dia lahap dan banyak .namun beberapa hari terakhir ini muntah kalau banyak makan. Nah jika dia muntah karena kekenyangan, apakah asupan gizinya nggak berkurang walaupun makan utama hanya 2 kali tanpa makan selingan (karena dimuntahin). Haruskan diberikan sesuai schedule yaitu 4-5 sdm sekali makan. Sehari 3 kali utama dan 1 kali selingan? jika anak naik tekstur sesuai tahapan yang seharusnya dan ia memuntahkan setelah beberapa kali suap, apakah itu tandanya dia belum bisa makan dengan tekstur itu dan harus agak turun tekstur lagi? Anak saya 7months 3 weeks belum tumgi
[13:59, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Nah jika dia muntah karena kekenyangan, apakah asupan gizinya nggak berkurang walaupun makan utama hanya 2 kali tanpa makan selingan (karena dimuntahin).
πŸ“Œ asupan gizinya tergantung yg sudah bunda kasih dan brp byk masuk ke anak bunda. Untuk gizinya kurang atau tidak bisa diplot ke aplikasi dari IDAI “Primaku.” Apakah sesuai jenis kelamin, umur dan BBnya. Untuk makanan yg masuk apakah sudah cukup gizinya, saya tidak bisa menjawab krn tergantung makanan apa yang masuk dan brp byk. Ilmu bisa berteori, tp bundalah yg paling mengerti kondisi anak, jd sesuaikan jgn sampe kekenyangan yang menyebabkan muntah

[13:59, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Haruskan diberikan sesuai schedule yaitu 4-5 sdm sekali makan. Sehari 3 kali utama dan 1 kali selingan?
πŸ“Œ ini bisa menjadi salah satu alternatif, jd kalo sudah agak sulit makan prinsipnya sedikit tp sering yg penting jdnya nutrisinya masuk

jika anak naik tekstur sesuai tahapan yang seharusnya dan ia memuntahkan setelah beberapa kali suap, apakah itu tandanya dia belum bisa makan dengan tekstur itu dan harus agak turun tekstur lagi? Anak saya 7months 3 weeks belum tumgi
πŸ“Œ bisa jadi bunda. Ia belum siap untuk naik tekstur tp bunda benar harus coba dinaik turunkan. Mgkn untuk makanan bisa dibuat 2 tekstur yg dia harus makan dan yg dia mau makan. Jd kalau kita sudah mentok mencoba menaikkan tekstur, yg penting masuk 2-3 sendok lalu turunkan tidak apa2. Setidaknya sudah coba bljr. Tp ingat tekstur makanannya tidak boleh menunggu pertumbuhan gigi.
[13:59, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Bagaimana @ina sudah cukup jelas jawabannya?
[13:59, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Apakah saya boleh menanggapi bund? ✋πŸ»πŸ™
[13:59, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Silahkan Moms @+62 857-3558-3663

[13:59, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Tekstur makanan tidak boleh menunggu pertumbuhan tinggi, kira2 kenapa dok?
Soalnya keponakan saya , dr awal mpasi sampai umur 2 tahun lancar2 saja makannya , lama kelamaan kok gak mau nasi ya , trus akhirnya makannya roti" gt, trus sering dibuatin donat mau, pokoknya nyemil dan susu formula dan vitamin2 lainnya seperti vitabumin  madu, dkk. Di kasih kayak scot emulsion penambah2 nafsu makan lainnya juga tidak ngaruh. Terus sekarang makin besar , di umur 4.5 tahun ini sudah mau nasi, tp hanya mau sama tempe, itupun ngunyahnya kok juga kayak gak bisa yg kasar2 ya.. apa itu ada kaitannya sama pembelajaran di mpasinya yaa..??
[13:59, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Ehh sorry kalimat pertama maksud saya gigi πŸ™πŸ™
[13:59, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Sambil menunggu kita lanjut ke pertanyaan selanjutnya yaa Mums 😊
[13:59, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Pertanyaan dari @+62 812-5222-2087
1) Dokter, bagaimana teknis cara naik tekstur mpasi yang baik ya Dok agar si kecil tetap bersemangat makan & tdk mengalami GTM?
2) Dokter, tadi saya membaca bahwa upayakan untuk menyajikan mpasi semenarik mungkin utk si kecil, penyajian yg menarik ini dimulai sejak awal mpasi atau pada usia tertentu Dokter?
[13:59, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Menaikkan tekstur makanan membantu mematangkan otot oromotornya bun. Otot oromotor fungsinya banyak, salah satu untuk bicara. Jd makanan itu berpengaruh. Dalam gusi sudah ada gigi. Mgkn yg berserat tinggi harus dilunakkan, tp jika menunggu tumbuh gigi, takutnya bisa ada speech delay

1) Dokter, bagaimana teknis cara naik tekstur mpasi yang baik ya Dok agar si kecil tetap bersemangat makan & tdk mengalami GTM?
πŸ“Œ sama spt diatas, coba naik turunkan teksturnya selama kurang lebih 2 minggu sampai dia merasa nyaman. Jika belum nyaman, jangan dipaksakan namun harus dibiasakan pelan2. Jangan lupa rasa makanan sgt penting jd anaknya semangat makan krn rasanya enak.

2) Dokter, tadi saya membaca bahwa upayakan untuk menyajikan mpasi semenarik mungkin utk si kecil, penyajian yg menarik ini dimulai sejak awal mpasi atau pada usia tertentu Dokter?
πŸ“Œ untuk yg masih kecil baru mulai makan mgkn belum begitu mengerti bun, tp jika sudah berusia lebih besar > 9bln keatas kita bisa memberikan bentuk yg menarik spt menjadi binatang lucu atau dalam bentuk yg berbeda. Atau bisa juga memberikan makanan dg nutrisi yg banyak dalam 1 bentuk misalnya perkedel 4 bintang.

Pertanyaan dari @+62 812-1229-1992 :
1. Dok bagaimana dgn anak yg sampai 2 tahun tidak doyan makan dan hanya mau menyusu saja? Tapi bb nya tetap naik dgn normal
2. Bayi 8 bulan apa sudah boleh diberi apa saja baik makanan/minuman seperti org dewasa yg penting perhatikan teksture dan komposisinya?
3. Anak saya suka cemilin keju, apakah tidak apa2?
4. Kenapa kalau anak sakit seperti bapil saja bb nya bisa terjun bebas dgn cepat?
5. Apakah anak yg terlihat kurus tapi di aktif bisa dikatakan sehat?

1. Dok bagaimana dgn anak yg sampai 2 tahun tidak doyan makan dan hanya mau menyusu saja? Tapi bb nya tetap naik dgn normal
πŸ“Œ Alhamdulillah bunda, berarti target BB nya tercapai. Stlh usia 2 th anak harus disapih atau lepas dr ASI. Kita memberikan makan krn nutrisi dari ASI itu kurang untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk anaknya harus mulai dibiasakan untuk makan bunda, biarkan dia mengenal rasa laparnya. Ketika ia lapar, jangan lemah untuk memberikan susu jika itu jam makan berat. Usahakan jarak antar waktu makannya min 2 jam ya bun. Sama dg susu formula, kadar gula dan lemaknya tinggi jd lebih gampang baik BB nya tp jgn jd “sandaran” untuk menaikkan BB. Bantu dg makanan berat

2. Bayi 8 bulan apa sudah boleh diberi apa saja baik makanan/minuman seperti org dewasa yg penting perhatikan teksture dan komposisinya?
πŸ“Œ boleh bunda tp ada bbrp makanan spt madu yg dikhawatirkan memiliki bakteri C. Botulinum sehingga boleh diberikan setahun ketas. Kacang2an jg sebaiknya ditunda krn dikhawatirkan akan dapat menghambat jalan nafas jika tersedak. Susu sapi murni juga tidak boleh diberikan krn kandungannya yg belum dapat dicerna oleh ginjal bayi. Ikan kalengan juga tidak disarankan krn khawatir tinggi kadar merkuri.

3. Anak saya suka cemilin keju, apakah tidak apa2?
Tidak apa2 bun. Cuma sebaiknya tidak dibarengi dengan makanan sumber besi krn produk susu termasuk keju dpt menghambat penyerapan zat besi.
Contoh makanan penghambat penyerapan zat besi
- tanni (teh, cokelat, jus apel, kacang tanah),
- polifenol (cokelat, kacang polong, dan serealia termasuk gandum),
- kalsium (di dalam susu),
- zat seng ( di dalam beras merah).

4. Kenapa kalau anak sakit seperti bapil saja bb nya bisa terjun bebas dgn cepat?
πŸ“Œ tergantung anaknya bun, bapik secara umum:
- menurunkan nafsu makan. Bbrp virus menyebabkan menurunan nafsu makan. Selain itu bapil mengganggu indera pembau dihidung yg menyebabkan hilangnya rasa, jadinya bukan hanya malas makan tp juga malas minum. Makanya sering kali anak bisa jadi dehidrasi dan turun BBnya. (Kadar air didlm tubuh anak kira2 75%, jd kalo dehidrasi gmpg turun BBnya)
5. Apakah anak yg terlihat kurus tapi di aktif bisa dikatakan sehat?
πŸ“Œ Bisa bun, yg penting BB baik sesuai usia dan perbandingan thd BB lahirnya. Boleh cek aplikasi Primaku dari Ikatan Dokter Anak Indonesia untuk tau anaknya normal apa tidak sesuai usianya.

Pertanyaan dari @+62 812-1506-4007
bagaimana cr tau anak ini kenyang ato belum krna selama mpasi dy gmpg aj untuk makan.. sy takar makannya 2-3 sdm dan 1 selingan di siang hari.. dan setelah mpasi , pola mau tidur nya jd bner2 berubahh.. hrus guling2 tengkurep br bs merem.. ap itu krna trlalu kenyang ato bagaimana ya dok?

bagaimana cr tau anak ini kenyang ato belum krna selama mpasi dy gmpg aj untuk makan.. sy takar makannya 2-3 sdm dan 1 selingan di siang hari.. dan setelah mpasi , pola mau tidur nya jd bner2 berubahh.. hrus guling2 tengkurep br bs merem.. ap itu krna trlalu kenyang ato bagaimana ya dok?
πŸ“Œ setiap anak beda-beda bun. Ada yg tutup mulut ketika sudah kenyang, ada yg dilepeh, ada yang mengantuk. Bisa jadi guling2 itu cara dia mengekspresikan bahwa dia kenyang dan mengantuk. Jd jgn dipaksa makan stlh ekspresinya spt itu muncul.

Pemberian prohe utk usia diatas 1thn apakah sama sja kadar kebutuhanya terpenuhi apabila sosis  sebagai pengganti daging mentah?
πŸ“Œ tidak bun, knp? Krn sosis sering kali sudah dicampur dengan tepung sehingga memiliki kadar daging merah yg rendah. Jd sebaiknya berikan daging, ikan, ati ayam, dll sebagai sumber prohe.

[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Pertanyaan dari @+62 813-8104-4740
1. Bagaimana cara mengatasi anak yg terlanjur trauma makan dok? Saya working mom sehari2 zidan dgn eyangnya, bln lalu zidan hanya naik 200 gram dan sekarang sedang gtm parah sepertinya eyangnya agak memaksa klo zidan gak mau makan, karna sekarang zidan baru di taro di baby chair saja sudah nangis, trs klo ada sendok atau tangan yg isi makanan menuju mulutnya dia langsung mingkem sekenceng2nya walaupun dia blm tau makanan apa itu, sudah di ajak makan di luar pun tetep begitu, sudah coba berbagai menu dr yg d goreng atau berkuah tetep gtm, di ajak makan bareng pun pas mau di suapin pun tetep auto mingkem..
2. Anak saya setiap hari makan milna, pagi siang sore sudah saya coba tambahkan daging atau sayur pasti berujung gtm dan nangis, jd setiap hari hanya milna saja apa tdk apa2?
3. Apakah saat tumgi bb turun itu wajar?
[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: πŸ“Œ umur Zidan saat ini brp bun? Krn untuk bayi yg mulai makan, BBnya naiknya sedikit, tidak spt ketika 6 bulan pertama lahir. Untuk prosesnya memang harus dibuat semenyenangkan mgkn. Bunda harus bisa approach eyang agar lebih sabar untuk memberikan makanan. Makanan yg terbuang tidak seberapa dari perasaan dan ketakutan anak kita yg dipaksakan makan harus habis. Menurut mereka makan itu ujian, jd jangan dibuat makin menakutkan krn prosesnya saya sudah sulit. Buatlah suasana yg menyenangkan. Eyang jangan stress bila makannya tidak habis ya.
0. Anak saya setiap hari makan milna, pagi siang sore sudah saya coba tambahkan daging atau sayur pasti berujung gtm dan nangis, jd setiap hari hanya milna saja apa tdk apa2?
πŸ“Œ Sbnrnya milna adalah makanan yg sudah difortifikasi sehingga kadar nutrisinya harus mencukupi. Namun kita mengajarkan makanan biasa agar mereka mengenal rasa melalui indera pengecapannya. Jadi sebaiknya perhalan coba diselingi. Pastikan kita sudah mencoba makanan sebelum kita berikan kepada mereka. Apakah rasanya enak atau tidak.  Untuk makanan fortifikasi bisa dibaca selanjutnya di artikel berikut:
http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/apakah-makanan-pendamping-asi-mpasi-komersil-berbahaya-buat-bayi

0. Apakah saat tumgi bb turun itu wajar?
πŸ“Œ krn nyeri disertai demam biasanya wajar bb turun. Namun bunda harus perhatikan sbrp besar penurunan BBnya. Jika sudah sampai 5-10% dr BB awalnya, mohon konsul ke dsa
[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Bagaimana @+62 813-8104-4740 sudah cukup jelas jawabannya?
[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Yang lain ada yang ingin menanggapi?
[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Pertanyaan dari @+62 813-2495-4949  :

Kebetulan sy ibu bekerja anaknya diasuh sama bude nya, sy selalu siapkan makanan perporsi kurang lebih 125-150ml nah patokan bude nya itu harus habis makanan nya dan menghabiskan waktu makan sampe 1jam. Sebaiknya gmana dok? Apa gpp anak makan sampe 1 jam? Dan makan nya sambil main di teras rumah.
[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: πŸ“Œ Sebaiknya secara teori 30 mnt bunda. Jika lebih mgkn dapat dibiasakan untuk mengurangi waktu makan pelan-pelan. 1jam ke 50mnt ke 40 mnt sampai 30 mnt.
Krn biasanya habis jumlah segitu, targetkan bisa habis dalam jumlah yg sama. Makan sambil main jika makannya duduk tidak apa2. Bisa jadi makannya lama krn sambil main. Mgkn bs dikurangi mainnya. Tp jika terpaksa, sebaiknya main tidak sambil lari2 krn takut tersedak.

ertanyaan dari @+62 813-5509-9958

Anak sy usia 12bln ini sulit skli utk makan.. O iya dok,, kebetulan anak sy mengidap GERD / refluks lambung sejak bayi.. kata dokter subspesialis gizi, mungkin krn ada GERD jd dia jg trauma utk makan.. krn tiap makan pasti muntah.. smpai anak sy disuruh untuk pasang NGT namun sy menolak krn gak tega liatny..
Anak sy smpai saat ini msh sy ksh bubur saring.. Setiap sy coba menaikkan tekstur pasti ujung2nya dia muntah,, krn jika bentuknya msh bubur kasar/bubur tim pasti bawaannya lgsg mau ditelen ajha
Pernah sy berikan nasi utuh & ayam goreng yg sdh dipotong kecil2, dia mau ngunyah.. tapiii,, itu cm 2-3 suap ajha.. setelah itu GTM.. sdh sy coba lg dgn ganti menu sama ajha 2-3x suap mau mangap dan ngunyah, setelah itu GTM lg.. klo dimau buka mulut pun pasti akan berakhir muntah lg.. πŸ˜”
Akhirnya sy balik lg k bubur saring krn sdh kehabisan ide.. sy jg baru2 ini menemukan bubur instant milna yg wgain rasa ayam manis teriyaki (8-12bulan) itu dia lumayan mau mkn..
Pdhl sebelumnya anak sy kalau dikasih bubur instant gak ada yg prnh dy suka kecuali yg merek yummie bites cereal itu..
Jd dl dia lg susah mkn cm sy ksh itu ajha.. sygnya sy telat tau ada bubur itu.. krn lumayan bagus jg buat booster BBnya..
Tp boleh gak ya dok kalau anak sy msh diberi bubur instant itu utk booster BBnya?? sedangkan bubur milna itu kan utk usia 8-12bln sj...
Anak sy jg terbiasa hrs fokus ke mainan dl br mau buka mulut,, apakah itu tdk baik utk perkembangannya dok?

πŸ“Œ Untuk kasus bunda sptnya harus dikonsul ke ahlinya. Krn usia 12 bulan jika tidak ada permasalahan pencernaan harusnya sudah makan dg tekstur dewasa tp porsi kecil. Harus diatur strategi agar kebutuhan nutrisinya selalu terpenuhi. Mgkn bisa japri personal untuk rekomendasi dsa subspesialis gastro ke saya.

Anak sy jg terbiasa hrs fokus ke mainan dl br mau buka mulut,, apakah itu tdk baik utk perkembangannya dok?
πŸ“ŒSecara teori sebaiknya minimal distraksi, namun secara praktek sulit dilakukan. Buatlah proses makan semenarik mungkin walopun itu menggunakan mainan. Jd fokusnya tetap ke makan bukan ke mainannya

[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Pertanyaan dari @+62 812-2133-6776 :

Saya mau tanya dok, apakah boleh bayi di kasih vitamin penambah napsu makan?
Dan keju apa ajah yang boleh di konsumsi bayi?
[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: πŸ“Œ Boleh, biasanya diberi curcuma. Ada bbrp dsa yg memberi suplemen zat besi sebagai penambah nafsu makan. Mgkn bisa dikonsultasikan ke dsa bunda dulu.
Dan keju apa ajah yang boleh di konsumsi bayi? Biasanya jenis Cheddar bu. Cuma sebaiknya tidak dibarengi dengan makanan sumber besi krn produk susu termasuk keju dpt menghambat penyerapan zat besi.
Contoh makanan penghambat penyerapan zat besi
- tanni (teh, cokelat, jus apel, kacang tanah),
- polifenol (cokelat, kacang polong, dan serealia termasuk gandum),
- kalsium (di dalam susu),
- zat seng ( di dalam beras merah).

[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Pertanyaan dari @+62 822-9788-3319 :

Dari awal mpasi ank sy susah skali mkan nya dok, dia ada LT TT slama mnyusui dia gada mslh apa setelah mkn bs pngaruh dr lt tt trsbt jd dia susah bgt mkn ny tp stiap bln BB nya naik 300-400gr sy bingung pdhal kalo makan susahnya mnta ampun cm msuk sdkit bgt mkn buah jg paling cm 2sdm ketika naik tekstur dia uwe trs ky ketelek gt dia blm tumgi dok sy mau konsul ke dsa tp bb ny naik trs tiap bln nya, baiknya gimana yaah dok ??
[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: πŸ“Œ kalau dr ceritanya sptnya BBnya bagus bun. Untuk konsul dsa sptnya blm perlu, tp kalo ibu penasaran gpp. Saya rasa dsa jg ga akan memberikan intervensi apa2 krn BBnya bagus

[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Pertanyaan dari @+62 813-8089-9379 :

Bayi usia 8,5bln makanan nya boleh dipakein minyak wijen sedikit ga?
[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: πŸ“Œ Dikit mah gpp bun. Asal ga berlebihan aja

[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Pertanyaan dari @N O V A :
Anak saya beberapa kali sembelit dok setelah naik tekstur, bahkan pernah berdarah dan teksturnya kering. Kemarin sempet berdarah tp tekstur fesesnya lembek, stlh cek lab, tp gak ditemukan apapun. Akhirnya disuruh observasi. Kalo masih lembek & berdarah, dikasih obat

Yg ingin sy tanyakan, jenis makanan apa ya dok yg baik utk bayi yg sembelit? Pdhl selama ini sy selalu kasih sayur2an. Apakah minum air putih yg byk bisa bikin bayi jd gak sembelit? Brp ml air kira2 yg hrs diminum (dlm sehari) utk bayi 8m bb 9kg?
Karena ketika sembelit, nafsu makannya jd menurun dok.
[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: πŸ“Œ wajar bun. Kita jg kalo perutnya sembelit melilit makan jg ga enak. Bbrp sayur terlalu kaya serat membuat susah BAB. Saran saya coba tambahkan pepaya untuk buahnya, boleh kasih yogurt. Alternatifnya minumkan minyak zaitun sebagai pencaharnya 1-2 sendok makan bayi. Sebaiknya berikan byk makanan lunak dulu krn BaB darah itu bahaya. Iya bun, banyakin minumnya biasanya butuh sekitar 150-250 cc perhari sesuai kebutuhan bayi. Kalau BABnya masih terus keras, bisa pertimbangkan pencahar lewat mulut maupun dubur.

[14:03, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Pertanyaan dari @+62 812-9535-0306
Anak saya 8bulan pas, sekarang beratnya baru 7,8kg.

Saya ada beberapa pertanyaan, mohon untuk dijawab ya dok:
- makanan apa saja yg bisa untuk boost berat badannya?
- Tekstur makan masih diblender, beberapa disaring seperti nasi merah. Kalau kasar sedikit saja muntah (banyak). Adakah kelainan kerongkongan atau esofagus? Bagaimana mengatasinya?
- Takaran makan bayi 6-12 bulan rata2 seberapa banyak dalam ml/gr? Karena biasanya hanya disebutkan dengan takaran sendok makan.
- Asi yg dibutuhkan sekarang seberapa banyak?
- bagaimana pengaturan persentase antara karbohidrat, prohe, prona dan sayur dalam porsi makan bayi?
-  Sesekali pernah GTM, tetapi memang ampuh atau kebetulan, dipakaikan amber beads (kalung) jadi mau. Pengaruh ga ya dok?
- anak saya tidak suka makan finger food seperti biskuit bayi, jadi sehari2 hanya makan makanan utama tidak ada selingan snack. Masalah tidak dok?
[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Maaf baru menanggapi mom.
Jadi madu dan susu segar tidak boleh ya, kalah susu kurma bagaimana dok boleh tidak?
Lalu kalau anak makan hanya pakai nasi+kuah sop/soto/kaldu apakah dapat gizi dari prohenya? Mengingat air tsb dibuat dari rebusan prohe yg lama
[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Saya mau menambahkan , saya kalo ngasih anak saya sayur, juga bukan sayurnya , tapi kuahnya , kalo mau ngasih sayurnya bagaimana , saya bingung , jadi ya nasi, kuah, sama lele atau tahu atau telur atau lauk yg lunak lainnya, bagaimana jika seperti ini?
[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: - makanan apa saja yg bisa untuk boost berat badannya?
πŸ“Œ Dobel karbohidrat (nasi+kentang, nasi+jagung,dll), dobel protein (daging+telur, ayam+daging, dll)
- Tekstur makan masih diblender, beberapa disaring seperti nasi merah. Kalau kasar sedikit saja muntah (banyak). Adakah kelainan kerongkongan atau esofagus? Bagaimana mengatasinya?
πŸ“Œ Coba diberikan sedikit-sedikit terlebih dahulu. Tambahkan air supaya tidak terlalu kental. Kalau mau memastikan ada kelainan esofagus harus di cek lebih lanjut ke dsa bun.
- Takaran makan bayi 6-12 bulan rata2 seberapa banyak dalam ml/gr? Karena biasanya hanya disebutkan dengan takaran sendok makan.
πŸ“Œ Biasanya 125ml-200ml
- Asi yg dibutuhkan sekarang seberapa banyak?
πŸ“Œ Tergantung anak bun. Bisa 120ml-180ml perkali minum. Biasanya 3-5 kali minum susu
- bagaimana pengaturan persentase antara karbohidrat, prohe, prona dan sayur dalam porsi makan bayi?
Karbo 30-40%
Prohe 10-20%
Prona 5-10%
Lemak 15-20%
Sayur 15-30%

-  Sesekali pernah GTM, tetapi memang ampuh atau kebetulan, dipakaikan amber beads (kalung) jadi mau. Pengaruh ga ya dok?
πŸ“Œ secara ilmiah saya ga tau bun. Jika memang dapat menpengaruhi dalam hal baik, silahkan dipakaikan.
- anak saya tidak suka makan finger food seperti biskuit bayi, jadi sehari2 hanya makan makanan utama tidak ada selingan snack. Masalah tidak dok?
πŸ“Œ buah dan snack buatan rumah spt jelly mgkn bisa dicobakan bun
[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Susu kurmanya terbuat dr susu sapi bukan bun? Kalo iya tunda dulu sampai umur 1 th. Untuk makan, gizinya tidak ke kaldunya bun, jd ttp harus diberi daging. Kalo susah, diblender dulu jd tinggal telan

[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Pertanyaan dari @+62 816-946-282 :

Anak saya sudah kurang lebih 2 bln GTM, awal mulanya sakit kemudian tidak mau makan berlanjut sampai sekarang. Saya sudah coba naik turun tekstur, variasi makanan, disajikan panas dan dingin tp tetap tdk mau sama sekali masuk makanan. Anak saya jg ada kecenderungan alergi seafood dan telur, jd saya jg membatasi bahan² makanannya. Saya jg curiga apakah ada trauma dgn makan, krn saya bekerja waktu makannya sering tdk bersama saya. Awalnya selalu mudah buka mulut dan memasukan makanan sendiri dgn tangannya, sekarang tidak mau. Yg ingin saya tanyakan, apa yg harus saya lakukan? Apabila gtm merupakan hal yg wajar dlm proses belajar anak, seberapa lama kita bisa menganggap gtm tsb wajar, apakah anak tidak mau makan sebulan masih wajar? Bagaimana pandangan dokter mengenai penggunaan suplemen zat besi untuk anak gtm? Dan apakah suplemen tsb dapat digunakan dalam jangka panjang? Apakah penggunaan suplemen zat gizi dapat saya pertimbangkan dlm kasus anak saya?
[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Kuahnya ga memberikan manfaat seratnya. Mgkn penyajian sayurnya bisa dibikin sesimpel mgkn ditumbuk ancur misalnya jd lebih gampang dicerna
[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: πŸ“Œ Skrg yg memberi makan siapa bun? Sbnrnya perbaiki cara memberi makannya akan membantu dia untuk tidak GTM. Mgkn dlm prosesnya ada yg tidak menyenangkan. Itu dulu diperbaiki. Krn jika proses makannya belum teratasi, bunda mau beri penambah nafsu makan biasanya ga ngaruh. Dlm hal ini mood nya anak yg sudah jelek. Untuk zat besi sebagai menambah nafsu makan bisa dijadikan alternatif. Tp efek samping zat besi bisa menyebabkan mual muntah. Jd pastikan bunda bisa memilih yg cocok. Byk yg cocok dg merk ferriz ato maltofer, dosisnya disesuaikan BB anak. Tp sekali lg, obati dulu moodnya dan penyebab dia “trauma”

[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Sekarang bergantian neneknya, mbaknya atau saya dok kalau saya sedang libur. Sudah dicoba makan sambil bermain, jalan² (digendong), dan tdk diteruskan makan apabila sudah menolak, makan tdk pakai sendok, tapi tetap saja tdk berhasil. Bagaimana tips untuk mengurangi trauma makan ini ya dok?
[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Buat suasana senyaman mungkin. Kalau memungkinkan ganti peralatan makan yang dipakai ketika dia trauma. Berikan dukungan positif untuk bayi. Kalau bisa cari tau apa yg menyebabkan dia trauma, makanannya kah? Ekspresi pemberi makannya kay? Ato apa. Kalau masih berlanjut dan sudah mengkhawatitkan, konsul dsa aja bun. Semoga membantu

[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Pertanyaan dari @+62 812-9661-400 :

Anak saya (8mo kurang 1 hari, BB stuck di angka 8.2 kg) porsi makannya selama ini dalam 1 hari : makanan utama *4 kurang lebih 140ml, buah untuk selingan 70ml, dan cemilan cracker yummy bites atau farley 1-2x dalam sehari, ditambah demand asinya yg masih banyak. yg saya mau tanyakan / diskusikan adalah :

1. selama mpasi BB nya naik hanya sedikit, malah sempat dlm 1 bulan tdk naik sama sekali. untuk kondisi spt ini apakah ada hal yg perlu dikhawatirkan dok? mengingat anak saya menurut saya porsi makannya lumayan, tp knp BB nya tdk banyak naiknya? bahkan pernah tdk naik sm sekali

2. untuk teksturnya saya msh kasih puree disaring. karna bbrp kali saya coba untuk naik tekstur puree tanpa disaring, anak saya jd gamau mangap. fyi giginya belum ada

3. selama ini dalam pembuatannya saya membuatnya dgn menggunakan food processor, dgn sekali masak untuk 2 hari (4x menu utama), sisanya saya letakkan dikulkas bawah, dan pd saat ingin disajikan saya hangatkan dgn baby food warmer. apakah cara ini sdh benar dok?
[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: 1. selama mpasi BB nya naik hanya sedikit, malah sempat dlm 1 bulan tdk naik sama sekali. untuk kondisi spt ini apakah ada hal yg perlu dikhawatirkan dok? mengingat anak saya menurut saya porsi makannya lumayan, tp knp BB nya tdk banyak naiknya? bahkan pernah tdk naik sm sekali
πŸ“Œ minum ASI banyak menyebabkan anak kenyang. Kenyang menbuat jd malas makan. Nutrisi yg ada di ASI sudah tidak cukup, makanya BBnya tidak naik bun. Harus tega. Ajari disiplij mengenali rasa lapar. Jangan kasih ASI diwaktu bayi harus makan. Minimal antara makan/ASI jeda 2-3 jam

2. untuk teksturnya saya msh kasih puree disaring. karna bbrp kali saya coba untuk naik tekstur puree tanpa disaring, anak saya jd gamau mangap. fyi giginya belum ada
πŸ“Œ naik tekstur ga nunggu tumbuh gigi, berikan pelan-pelan jgn dipaksakan

3. selama ini dalam pembuatannya saya membuatnya dgn menggunakan food processor, dgn sekali masak untuk 2 hari (4x menu utama), sisanya saya letakkan dikulkas bawah, dan pd saat ingin disajikan saya hangatkan dgn baby food warmer. apakah cara ini sdh benar dok?
πŸ“Œ boleh bun, tp memang bbrp nutrisinya akan ada yg hilang. Sudah dijelaskan diatas ya


Pertanyaan dari @+62 856-4004-8190 :

Untuk terpenuhinya kebutuhan zat besi harian sesuai standarnya butuh 385gram daging sapi atau 85gram hati ayam,
dalam penerapannya sangat sulit bu memberikan jumlah sedemikian banyaknya kepada bayi dalam satu hari, solusinya bagaimana ya bu?

dan satu lagi, apakah benar mpasi instant yg terfortifikasi zat besi dan nutrisi yg lainnya lengkap? padahal harga nya jauh lebih murah dibanding dengan membeli bahan utk mpasi homemade?

πŸ“Œ jika bayi ASI ada dsa yg rekomen untuk memberikan suplemen zat besi sejak 4 bulan krn kadar zat besi dari ASI sudah turun drastis mulai bayi usia 4 bulan. Makananpun belum tertentu memenuhi kadar zat besinya. Krn jumlah yg dibutuhkan byk. Jd suplemen bisa menjadi solusi untuk mrmrbuhi kebutuhan zat besi anak

dan satu lagi, apakah benar mpasi instant yg terfortifikasi zat besi dan nutrisi yg lainnya lengkap? padahal harga nya jauh lebih murah dibanding dengan membeli bahan utk mpasi homemade?
πŸ“Œ iya bun, krn kan buatan pabrik berdasarkan kebutuhan yg dibutuhkan bayi. Produksinya masal makanya harganya lebih murah. Untuk info lebih lanjut coba baca artikel yg saya berikan dari IDAI ya http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/apakah-makanan-pendamping-asi-mpasi-komersil-berbahaya-buat-bayi

[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Pertanyaan terakhir dari @+62 857-3558-3663 :

Bagaimana jika anak makannya hanya keringan saja misal nasi sama tahu nasi sama telur , bagaimana jika tidak memenuhi 4 sehat 5 sempurna . Soalnya anak saya , saya coba kasih pisang tidak mau , pepaya tidak mau, padahal itu kan bisa melancarkan BAB nya..

Terus dia juga lbh suka air putih daripada susu formula. Dia memang asi terus dari bayi , nah apakah tida apa2 jika dia minum air putih banyak?

Yang kedua bagaimana jika ia GTM , tp minum asinya semakin kuat , BB nya tiap bulan naiknya 3 ons-5 ons , bagaimana kondisi seperti itu?
[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: sudah cukup jelas dok, terimakasih. tp ada 2 hal lg yg mau saya tanggapi :

1. diatas dijelaskan porsi makan 125-200, itu dalam sekali makan atau in total dlm sehari dok? karna kalau takarannya 4-5 sdm, 1 sdm = 15 ml

2. skrg tiap nyuapin anak sudah tdk saya taruh dikursi makan lg dok. tp saya pangku sambil saya suapi. apakah tdk apa2 dok? karna kalau saya taruh kursi makan, makannya jd lama sekali @+62 877-8105-5006
[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: πŸ“Œ coba berikan yogurt ayo minyak zaitun 1-2 sdm bayi. Jgn kasih pisang krn bisa mengeraskan BAB. Boleh coba apel sbg buah alternatif.

Terus dia juga lbh suka air putih daripada susu formula. Dia memang asi terus dari bayi , nah apakah tida apa2 jika dia minum air putih banyak?
πŸ“Œ tidak apa2 bun kalo BBnya masih bagus dan ga ada indikasi minum susu formula.

Yang kedua bagaimana jika ia GTM , tp minum asinya semakin kuat , BB nya tiap bulan naiknya 3 ons-5 ons , bagaimana kondisi seperti itu?
πŸ“Œ jangan biasakan dia kenyang lewat ASI. Ajarkan disiplin untuk makan pada waktunya. Biarkan dia lapar pada jamnya. Harus “tega” supaya dia mau makan. Alhamdulillah naik bun BBnya. Ayoo terus pertahankan

[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: 1.Perkali makan bun. Cuma kita harus menyesuaikan kembali ke usia anak. Sudah mencapai 5 sdm. Bagus. Kalo lebih superrr. Jd jgn maksa kalo ga abis. Ato bunda bs pelajari kira2 dia abisnya brp sendok. Jd disiapkannya dilebihkan 1-2 sendok in case mau nambah

2. Gpp bun, sefleksibelnya aja. Tp kalo bisa sih duduk spy dia terbiasa
[14:09, 3/21/2020] +62 821-9393-9924: Karena keterbatasan waktu kita tutup ya sesi ini Moms, yang juga menandakan bahwa sesi diskusi kita pada malam hari ini telah selesaiπŸ™πŸ˜Š

Alhamdulillah sudah terjawab semua ya dr.Nabila..
Sebelum kelas ditutup, apakah ada closing statement yang ingin disampaikan?

Penutup

Semoga ilmu yg saya share bermanfaat untuk ibu2. Teruslah cari tau yg terbaik untuk anak kita. Dia lg diperiode emas 1000 hari pertama kehidupan yg fondasi masa depannya ditentukan oleh saat2 skrg termasuk saat pemberian makan. Tetap semangat memberi makan untuk buah hati kita. Semoga BB bagus, naik, dan sehat selalu amiiin. Semoga sekua berkenan, saya mohon maaf bila ada kekurangan atau salah kata. Wasalamualaikum wr.wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.