Sabtu, 21 Maret 2020

Kulwap :Teknologi untuk Anak, Yes or No?

Jam menunjukkan pukul 9 malam. Anak udah tidur dari jam 19.15 . Aha tumben! Karena siang cuma bobo sekali dengan durasi 120-140 menit jam 11.00 ampe 13.15 tuh. Selebihnya dia aktif sekaliii Masya Allah. Cape kali dia wkwkkw. Nah mumpung (kantor libur it's mean tenaga ga secape biasanya) aku masih dalam fase karantina antisipasi COVID-19, nyempatin ngeblog lagi ah. 

Ini adalah materi kulwap free bertema "Teknologi untuk Anak, Yay or No?" 
Aku salin materi dan tanya jawabnya. Sekedar sharing ke mommies, dan kapan-kapan aku perlu tinggal aku baca lagi di sini. Jaga-jaga ganti ponsel dan ngga ke-back up. Lagian enakan baca di blog. Gambar kurang jelas? Diklik aja biar kebaca size original.

Era digital ini, penggunaan gadget untuk anak menuai pro dan kontra. Ada sisi positif dan negatifnya. Karena mereka di bawah umur, tentu lebih besar negatifnya moms :(
Mudah-mudahan anak kita nggak kecanduan gadget. Yuk simak materi dan tanya jawab kulwap ini















Alhamdulillah. MasyaAllah tercerahkan sekali materinya teh Pofi. Intinya gadget bukan musuh asal dipakai sesuai fungsinya ya teh

Tanya Jawab.

Pertanyaan 1
 Nama : Retno Wikan
Domisili : Malang
Pertanyaan : 1. Bagaimana mengatasi anak (balita) yg sudah terlanjur kecanduan Gadget?
2. Bagaimana kita sebagai orangtua (ayah dan ibu) jika bekerja (dirumah) harus memakai Gadget, sedangkan orangtua adalah panutan anak sehingga jika sering melihat ortu nya pegang Gadget si anak jadi pengen pegang/bermain Gadget juga.
3. Bagaimana solusi jika kita sbg ortu sudah memakai pola batasan waktu untuk memakai Gadget sesuai usia sang anak, tetapi diluar rumah (bersama teman-temannya) si anak bermain Gadget bersama/dengan temannya.

Terima kasih 

Jawaban
Halo Bunda Retno.

1. Kalau boleh tahu usia balitanya berapa Bund? Dan definisi kecanduan kita seragamkan di atas 15 jam per minggu ya Bund. Apakah anak sudah lebih 15 jam per minggu? Rekomendasinya adalah membuat kesepakatan pada anak terkait penggunaan gadget. contoh: Misal anak sudah mengerti jarum jam, bisa menggunakan metode "Nak, nnton kartunnya 5 menit ya sampai jarum jamnya di angka 5 ya." Atau "nonton kartunnya 2 video saja ya." 
Tergantung kebijakan bunda dan pasangan. Anak mungkin akan tantrum saat pertama kali direalisasikan, biarkan saja, kita harus tega sedikit ya Bunda... Jangan ngalah ya Bund, karena anak kadang ngetes orang tuanya, kalau orang tua ngalah anak pakai cara itu lagi buat orang tuanya luluh (tantrum)
2. Buat aturan dan kesepakatan kepada anak, kapan harus pegang hp. Anak dan orang tua harus mematuhinya. Kalau orang tua urgent harus pegang hp, cari tempat yang ga keliatan anak. Kalau pun ga bisa menghindar, katakan minta maaf ke anak, jelaskan kondisi urgentnya. Dengan begitu anak merasa dihargai atas kesepakatan yang dibuat bersama

3. Kondisi di luar rumah itu di luar kendali kita Bunda. Ikhtiar kita saat di rumah adalah selain batasan waktu, yakni menanamkan dan memahamkan ke jiwa dan pikiran anak bahwa gadget ada dampak positif dan negatifnya. Katakan bahwa orang tua tidak bisa selalu mengawasi mereka. Agar anak bisa dengan kesadarannya sendiri menjaga dirinya. 

Kemudian jika muslim, bisa gunakan metode "Diawasi Allah". Praktekkan ke anak kegiatan videokan anak selama beberapa detik. Katakan bahwa yang punya rekaman 24 jam seperti itu hanya Allah. Maka menumbuhkan rasa takut diawasi Allah penting dalam melepas anak ke luar rumah

Pertanyaan 2
Nama : Mia Laurentika
Domisili : Padang
Pertanyaan :
1. Bagaimana cara memperkenalkan hp kepada anak? Apa yang sebaiknya lebih dulu dikenalkan dari hp
2. Mulai usia berapa anak boleh menonton tv? Bagaimana sebaiknya batasan anak menonton tv? 
3. Bagaimana cara-cara sopan dalam membatasi akses hp dari anak tetangga kepada anak kita?
4. Mohon referensi games edukatif untuk anak sesuai usianya.
Terimakasih

Jawaban 
1. Kenalkan fungsi utama HP terlebih dahulu bund. Yaitu utk komunikasi. Telp, SMS/Chat. Sehingga mindset anak hp bukan sumber hiburan, tapi komunikasi. Misal sesekali telp ayahnya, video call. Itu fungsi utama gadget
2. Anak menonton TV saat orang tuanya siap mendampingi anak memberikan penjelasan positif dan negatif konten yang ditontonnya. 
3. Membatasi akses hp dari anak tetangga di luar kendali kita, tapi membatasi anak kita terpapar hp anak tetangga ada di kendali kita. Jadi kendalikan saja anak kita, misal dengan bilang "Wahhh sudah 5 menit nih nak main hp nya, udahan ya sayang main hapenya. Main yang lain yuk."  
4. Usia berapa bund?

Pertanyaan 3
 Nama : Anis yulyanis
Domisili : Bandung
Pertanyaan : 
1. Bagaimana agar kita sebagai orang tua bisa menyamakan persepsi dan prinsip dengan orang /lingkungan sekitar antara boleh beramin gadget pada waktu tertentu dan tidak boleh bermain gadget, sementara orang dan lingkungan sekitar masih awam dan kalaupun sudah diberitahu masih tidak aware dampak negatif gadget terhadap anak?
2. Menurut teh pofi saya harus mulai darimana apakah ngobrol dengan orang tuanya terus menerus atau mengajarkan anak saya tanpa keluar rumah terlwbih dahulu agar anak saya tidak ikut terkontaminasi orang/lingkungan sekitarnya, sementara saya juga tidak mungkin melarang anak untuk bermain? Mengingat saya juga tidak mungkin terus membersamai anak saat bermain diluar dengan temannya?

Jawaban
1. Bunda terima kasih kepedulian yg sangat besar utk lingkungan. Kalau lah dengan edukasi lingkungan belum bisa berubah, itu jelas di luar kendali kita. Teruskan saja edukasinya Bund itu bagus sekali. soal hasil mereka menjadi sadar tidak dalam kendali kita. 
2. Jawabannya di ngobrol sama anak kita. Krn itu yg ada di kendali kita. Orang lain di luar kendali kita. Beri tahu pada anak dampak positif dan negatif games. Katakan ke anak bunda sayang pada mereka sehingga tidak ingin anak terpapar dampak negatif. Dan minta anak ceritakan apapun hal yg dia lakukan di luar bersama teman2nya. main apa saja, liat apa saja bersama teman. Dengan syarat bunda bisa tetap tenang mendengarkan anak sambil diberi solusi. Bangun kepercayaan anak ke bunda agar dia bisa cerita apapun. Sehingga kita akan tahu kapan kita harus bertindak bantu anak kita.

Pertanyaan 4
 Nama :triana domisili :Situbondo  pertanyaan : 1. Sya mempunyai anak usia 6 tahun dy suka skli main hp,  ttp jika dy bersama dg sy dia mengikuti aturan yg qt buat (sy dan si kakak ini)  plg skolah dy makan trz bambang spda Dhuhr dy main hp sbntar bru tdr,  ttp jika dy bersma ayah dy bebas bermain hp pdhal sy sdah mengingatkn ayah untk membatasi ttp y gt si anak di biarkan jd sy bingung bun,  mohon solusi.... 2. Sy mempunyai ttngga usia 5 thun tp dy sdh kecanduan hp dan dy skrg mtax agak Juli ng dan sdah dprksa kdokter MTA ktax gpp Pa da trapi agar bsa kmbli

Jawaban
1.itu harus lahir dari ayah dan bunda. Rekomendasi solusi adalah dengan diskusi dengan ayah dengan syarat tidak menggurui. Seni komunikasi ke suami agak beragam. hehe. Coba awali dengan kalimat tanya bund, "Ayah, mama kawatir kalau melihat anak kita main HP terlalu lama dan bebas. Karena ada risiko kecanduan hp, terpapar pornografi, dampak fisik, dsb. Menurut ayah ini masalah bukan ya?" 

Cari tahu dulu Bund, kalau beliau anggap ini bukan masalah, coba didiskusikan resiko2 gadget yang bunda sudah ketahui. 
2. Kalau kasus ini saya belum bisa komentar Bund. Karena belum tahu persis kasusnya seperti apa. Julingnya betul karena kecanduan HP atau hal lain


Penutup

Bunda bunda, ikhtiar kita adalah menjaga anak kita dengan memberikan dia pemahaman apa saja yg boleh dan tidak boleh di dalam gadget. Dengan membangun percaya dan komunikasi terlebih dahulu ke anak2 kita. Kalau sudah lekat semua akan terasa lebih mudah. 

Gadget tidak sebanding dengan bunda kalau kita bisa raih posisi terbaik di hati anak2 kita. Pahami dunianya, dengarkan ceritanya, tempatkan diri kita orang yg paling mengerti bahasa tubuhnya, keluh kesahnya, insyaaAllah kita akan juara pertama di hati ananda.

Mohon pertolongan Allah selalu. Semoga kita dan ananda dijaga oleh-Nya. Aamiin

Terimakasih bunda atas diskusinya malam ini. Saya banyak belajar dari bunda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.