Penyakit Keputihan dan Gejalanya


           Keputihan menjadi hal yang wajar bagi wanita yang masih mengalami menstruasi bahkan ibu hamil sendiri paling sering mengalami keputihan akibat perubahan hormone. Namun, wanita akan memasuki menopause barulah keputihan akan berkuran. Bagaimana jika  keputihan menjadi penyakit ? apakah masih wajar ?
        Sebenarnya keputihan merupakan mekanisme alami Miss V untuk menjaga kebersihan. Ketika seorang wanita mengalami keputihan, Cairan yang diproduksi kelenjar vagina dan leher rahim akan keluar membawa sel mati dan bakteri sehingga vagina tetap terlindungi dari infeksi. Namun, akan terjadi masalah yang serius jika seseorang mengalami keputihan terus-menerus dan disertai rasa gatal dna bau.

         Hal inilah yang membuat para wanita merasa tidak nyaman. Jika kamu mengalami hal ini maka kamu perlu waspada dan rajin untuk membersihkan miss V dan jika kamu mengalami hal itu, segera kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Beberapa penyebab penyakit  keputihan saat keputihan normal maupun ketika megalami keputihan abnormal banyak penyebabnya.
sumber gambar : kesehatanalami.co.id

      Infeksi jamur salah satu penyebabnya yang dikarenakan pertumbuhan jamur di vagina dapat menyebabkan infeksi jamur dengan gejala keputihan berwarn aputih susu berlebihanserta bergumpal-gumpak dan cara pengobatannya bisa dengan pengobatan anti jamur. Alergi ternyata menjadi salah satu penyebab keputihan berlebih. Ini dikarenakan penggunaan sabun pembersih vagina,pelumas, kondom dan lainnya sehingga dapat menyebabkan alergi pada sebagian wanita.
Penyebab lainnya penggunaan alat alat yang dapat menyebabkan tanda-tanda alergi.serta infeksi menular seksual yang menyebabkan keputihan berlebihan yang diakibatkan oleh infeksi gonore atau klamidia dan infeksi ini diakibatkan juga karena melakukan seks tanpa pengaman dengan pasangan yang terinfeksi terutama jika terdapat riwayat sering bergantu pasangan seksual. Gejala ini seperti berbau amis atau menyengat serta gatal dan rasa terbakar di  vagina.
       Kemudian penggunaan AKDR yaitu alat kontrasepsi dalam rahim atau AKDR bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya keputihan berlebih. Alat kontasepsi biasanya langsung dimasukkan kedalam rahim dan terjadinya keputihan berlebihan karena AKDR disebabkan respons tubuh terhadap benda asing. Selama keputihan tidak disertai bau, perubahan warna, nyeri panggul atau gatal dan kamu tidak perlu khawatir.
            Nah, sesudah kita tahu penyebab- penyebab penyakit keputihan kita juga harus tahu gejala apa yang ditimbulkan. Gejala keputihan yang perlu diwaspadai dengan keputihan disertai dengan rasa gatal yang disebabkan pertumbuhan jamur candida albicans di vagina. selain gatal, penderita keadaan ini juga akan mengalami pembengkakan vagina.
            Selain itu gejala penyakit keputihan yaitu Kemerahan di vulva, nyeri saat buang air kecil atau berhubungan seksual, serta muncul ruam di vagina yang mengakibatkan keputihan terasa gatal. Keputihan berwarna kuning atau hijau biasanya disebabkan penyakit kelamin seperti gonore,klamidia dan trikomoniasis juga bisa menyebabkan keputihan. Ciri keputihan abnormal yang muncul karena penyakit adanya lendir berwarna kuning atau kehijauan.
            Gejala umum lain yang ditimbulkan adalah tekstur keputihan lebih encer, sakit diperut bagian bawah atau nyeri panggul, nyeri saat buang air kecil, vagina berbau dan perdaran setelah melakukan hubungan seksual. Keputihan berwarna abu-abu dan berbau menderita infeksi bakteri dan keadaan ini baisanya muncul akibat terganggu kesimbangan bakteri di vagina. Selain keputihan berwarna dan berbau. Nyeri saat buang air kecil dan terasa gatal adalah gejala lain yang akan dirasakan juga.
            Kita harus pintar mana yang menjadi penyebab dan gejala keputihan normal dan mana yang malah menjadi gejala keputihan tidak normal dan menimbulkan penyakit

Tidak ada komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.