Variasi Masakan dari Beras



 
sumber blibli.com



Aku termasuk orang yang punya kebiasaan “belum makan kalo ngga sama nasi” . Kalo nasinya udah jadi bubur ya dimakan aja, toh sama-sama dari beras #eh. Ngomong-ngomong soal beras, bahan makanan pokok ini adalah numero uno di Indonesia. Dari bayi usia 6 bulan sampai lansia makan olahan beras yang teksturnya dan jenis makanannya disesuaikan. Selain dimasak biasa jadi nasi putih, beras juga bisa diolah jadi aneka variasi. Seperti nasi kuning, ketupat, bubur ayam, lontong, nasi langgi, nasi liwet, tumpeng, nasi uduk daaaann aneka kuliner nusantara lainnya. Pokoknya wajib deh namanya nyetok beras di rumah.



Variasi masakan beras itu ngga sekedar nambahin bermacam bumbu agar menjadi nasi dengan cita rasa gurihnya yang khas. Tapi ada juga teknik tertentu dalam pengolahan dari beras sehingga menghasilkan rasa yang berbeda. Beras yang diolah menjadi bubur, diliwet, atau dimasak dengan cara dibakar setelah dibungkus memakai daun pisang.

Uniknya, berbagai daerah di Indonesia memiliki variasi sajian nasi berbumbu dengan cita rasa yang khas dan berbeda-beda. Misalnya dari nasi uduk khas Betawi, nasi liwet khas Sunda dengan penambahan bumbu dan ikan teri atau ikan asin di dalamnya, atau nasi kuning yang kerap dijadikan sebagai bagian dari ritual adat di tanah Jawa misalnya syukuran. Di daerah tertentu ada juga tradisi ‘bubur merah-putih’, istilah syukuran kelahiran bayi dengan berbagi bubur gurih ke tetangga dekat.

Salah satu kreasi menu sederhana yang aku buat saat masa Work From Home adalah
Nasi Hainan Ala Ricecooker atas request Paksu.
foto pribadi

Bahan-bahannya

1/4 ekor ayam kampung (potong-potong kecil)
3 cup beras cuci bersih
Secukupnya air (buat masak nasi di rice cooker)
Secukupnya garam, gula, kaldu penyedap
Bumbu tumis:
2 butir bawang putih ulek
1 butir bawang merah ulek
1 jari jahe geprek
1 sdt margarin
2 sdm minyak wijen (ditiadakan, ngga ada stoknya di rumahku)
1 batang sere

Cara Membuat
1. Tumis bumbu
2. Takar beras dan air, tambahkan perasa, gula dan garam, masukkan tumisan bumbu lalu ayam kampung.
3. Jika sudah matang angkat ayam. Aduk nasi agar tidak lengket di dasar magicom
4. Sajikan Bersama lauk lain atau ayam kampung tadi.

Rasanya gurih dan siap disajikan.

Jika anggota keluarga banyak, misalnya dalam satu rumah terdiri dari suami, istri, 5 anak, maka jumlah beras yang dijadikan stok juga lebih banyak daripada keluarga yang jumlah anggotanya lebih minimalis. Demikian juga bagi orang yang punya usaha warung sembako, warung makan bahkan restoran. Sekalian aja stok beras 25 kilo. Dikirim online juga bisa. Salah satu marketplace penyedia beras dalam jumlah banyak adalah blibli.com.  Harga beras 25 kg yang dijual di blibli.com sangat bervariasi tergantung jenis dan merknya. Mulai dari 200 ribuan sampai kategori 400 ribu. Kategori pembelian juga nggak harus minimal beli 25 kilo, beli 2,5 kilogram juga boleh banget.

Keuntungan lainnya membeli beras di blibli.com adalah, pembeli bisa melihat etalase gambar dan merk berasnya. Pilihan yang tersedia sangat beragam. Tinggal disesuaikan mana yang cocok dengan kebutuhan dan selera pembeli. Beberapa diantaranya adalah

Rojolele
Pandan wangi
Presiden rice
Ketupat tunggal
Beash super wangi
Beras zakat fitrah 2,5 (wah cocok banget kemasannya untuk keperluan zakat)
Bunga AON beras merah
Prima Sari
Beras pilihanku Bunga
Ratu tapak siring
Dan lain-lain

Asli Indonesia punya kaaann. Indonesia itu kaya beras, so, ngapain harus pakai beras impor? Walaupun musim wabah Corona,  sektor pertanian Indonesia justru menghasilkan panen yang melimpah.

Tidak ada komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.