Lolos Finalis Duta Rumah Belajar Jawa Barat 2020





Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id) merupakan sebuah aplikasi atau portal pembelajaran bagi guru dan siswa besutan dari Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) . Banyak fitur yang bisa dimanfaatkan di dalamnya. Tentu aja, semua kontennya gratis. Pembuatan dan pengembangan Rumah Belajar ini merupakan salah satu cara terbaik dari Pusdatin Kemdikbud untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia. Apalagi di era digital khan say. Di mana guru semakin bebas berinovasi, menggunakan aneka konten pembelajaran yang up to date.

 

Untuk mensosialisasikan serta menggemakan Rumah Belajar akan makin dikenal dan dimanfaatkan peserta didik sekaligus guru berbagai daerah, Pusdatin mengukuhkan para Duta Rumah Belajar (DRB). Tahapan pemilihan DRB dilakukan melalui program  PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) setiap tahunnya. Makin kesini semakin booming gaes. Tahun 2020 ini Bimtek PembaTIK diikuti lebih dari 70 ribu guru se Indonesia.

 

Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan tangan dari Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, dalam melakukan Sosialisasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di masing-masing provinsinya.

 

 DRB ini ada perwakilannya di setiap provinsi. Jika DRB Tahun 2017 dan 2018 1 orang per provinsi, Tahun 2019 ada 1-2 orang kuotanya. Tahun 2020 ini kabarnya ada 5 kuota DRB untuk Jawa Barat. Jumlahnya juga makin bertambah seiring animo para guru yang sangat antusias mengikuti Diklat PembaTIK . Tahun 2020 ini se Provinsi Jawa Barat ada 3482 guru yang ikut Bimtek PembaTIK Kemdikbud.

 

Tentunya, nggak semua peserta Bimtek PembaTIK punya niatan jadi DRB. Ada Sebagian yang penasaran, ingin menambah wawasan terkait pembelajaran di era digital. Berawal dari coba-coba, itulah yang saya lakukan Ketika mendengar gaung Kemdikbud melaksanakan Bimtek Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Tahun 2020 ini.

 


Bimtek PembaTIK ini ada setiap tahun. Tentu aja, GRATIS ! Jika lulus tiap level dapat e-sertifikat keluaran Kemdikbud senilai 32 JP. Yang lebih penting, memacu kita dapat wawasan baru.

Di sini aku mulai penasaran tentang kiprah DRB tahun sebelumnya. Seru! Mereka sangat inspiratif, penuh dedikasi dan semangat.


 Tak disangka aku masuk 30 besar Finalis Duta Rumah Belajar Jawa Barat untuk ikut  Bimtek PembaTIK Level 4.  Seminggu yang lalu, diumumkan di simpatik.belajar.kemdikbud.go.id , grup Telegram PembaTIK Jawa Barat dan juga dijapri WhatsApp oleh Pak Ariefin (DRB Jabar 2018).

30 Peserta PembaTIK Level 4 

 

 Waaahhhh aku jumpa maya dengan 29 Sahabat Rumah Belajar (SRB) yang kereennn. Ampun dah jadi ngerasa ngga seberapa ini. Tapi aku seneng karena ikutan tergerak akan semangat mereka. Kalo ngelihat orang sungguh-sungguh dan totalitas dalam hal apapun itu rasanya ‘nyessss’ sampai ke hati. Ikut terharuuuu ^_^

 

Karena yang kita lakukan dan perbuat dari hati, bisa terasa sampai ke hati orang lain…

 

Kalo ada peserta sharing link konten berbagi di medsos, peserta lain mengapresiasi di grup. Wah sahabat-sahabat rumah belajarku ini emang bibit-bibit penggerak kemajuan Pendidikan. Only love, no hate. Because sharing is caring. Peserta Level 4 ini dimentori sama DRB Jabar Tahun sebelumnya. Ada Bu Juju (DRB Jabar 2017), Pak Ariefin (DRB Jabar 2018), Pa Deni Rohendi dan Pa Asep Panji Lesmana (DRB jabar 2019).

 

Aku bukanlah orang yang mahir di bidang teknologi. Bukan pula guru yang jam terbang nya tinggi di bidang pengembangan diri.  Tapi, aku mau belajar, demi kualitas pendidikan yang lebih baik. Ayo semangat ambil andil mengembangkan pendidikan. Salam Rumah Belajar!

Tidak ada komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.