Pengalaman Berharga Ikut PembaTIK Level 1, Level 2 dan Level 3

 



Kegiatan PembaTIK ini pernah dilaksanakan di tahun sebelumnya, 2018 dan 2019. Aku baru tau akhir 2019 informasi dari temanku. Nah, pada tahun 2020 ini aku tertarik ikutan. Pikirku, lumayan banget mengisi waktu di kala pandemi melanda. Dibuka pada April 2020, saat itu pemerintah masih menginstruksikan agar para guru Work From Home stiap hari. Jadi daripada ngegibah mulu kayak Bu Tejo, mending rebahan sambil diklat wekekek. 

   PembaTIK adalah kepanjangan dari Pembelajaran Berbasis TIK. PembaTIK merupakan Program Peningkatan Kompetensi TIK bagi guru mapel apapun.  Acuannya adalah Kerangka Kerja Peningkatan Kompetensi TIK Guru UNESCO. Nah, standar Kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level yaitu level literasi, implementasi, kreasi dan berbagi.  

    Manfaat yang diperoleh dalam program PembaTIK adalah :

1. Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini

2. Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional

3. Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar

    

PembaTIK merupakan suatu program bimbingan teknis yang dilaksanakan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, atau disingkat dengan Pusdatin Kemendikbud RI. Program ini diikuti oleh semua guru, dari semua tingkatan, mulai dari TK/PAUD, SD, SMP dan SMA/SMK/SLB. Program ini dilaksanakan secara berjenjang mulai level 1 sampai level 4 setiap tahun.

 

Level 1 :Literasi TIK

Level 2 : Implementasi TIK

Level 3 :Kreasi TIK

Level 4 : Berbagi TIK

 

Pada setiap level dilakukan berbagai macam penilaian yang berbeda-beda.  dan bagi guru yang nilainya memenuhi nilai KKM 70 di suatu level, bisa melanjutkan untuk mengikuti level berikutnya. Konsepnya gamifikasi yak, kalau lulus maka naik ke level berikutnya. So, bukan hanya makanan kekinian gaes…yang ada tingkatan level sesuai kepedesannya. Namun, PembaTIK juga demikian.  Makin tinggi levelnya, makin meningkat tugas dan tantangannya.

 

PembaTIK Level 1

 

    Tahapan awal dari Bimtek PembaTIK adalah proses pendaftaran. Guru diminta untuk melakukan registrasi dengan membuka laman simpatik.belajar.kemdikbud.go.id dan melakukan pengisian data-data yang diperlukan. Setelah  melalui proses registrasi, guru diarahkan untuk mendaftar Bimtek PembaTIK level 1. Pada Tahun 2020 ini Tahap 1 ada 30 gelombang yang dibuka pada April-Juni 2020. Pilih gelombang yang masih ada kuota yang kosong. Sesuaikan aja dengan perkiraan kesibukan aktivitas kita. Banyak bangeett sampai 30 gelombang, karena antusiasme peserta sangat meningkat drastis dari tahun sebelumnya.

 

Masuk di kelas Simpatik, aku bisa mengundul modul pdf sekaligus kenalan sama Rumah Belajar. Ada modul Teori-teori pendekatan Pembelajaran Abad 21, Pengenalan sumber-sumber belajar di Internet dan TIK sebagai alat komunikasi untuk pembelajaran. Di samping modul, ada juga tautan video pembelajaran yang terkait di kelas Simpatik. Setelah batas waktu selesai, aku mengikuti ujian akhir PembaTIK Level 1 secara online. KKM nya 70 dengan semua soal pilihan ganda.

 

PembaTIK Level 2

 

Setelah dinyatakan lulus Level 1 , akupun lanjut naik daftar ke Level 2. Aku pilih gelombang 18 di Level 2. Nilai kelulusan 60% tugas dan 40% ujian akhir diklat Level 2. Untuk penugasan, diminta membuat vLog Best Practice yang kita lakukan selama Belajar dari Rumah yang tentu aja ada testimoni penggunaan Rumah Belajar. Durasinya 3 sampai 7 menit. vLog ini wajib diunggah ke Youtube peserta.

 

Dari sekian aplikasi editing video, aku pilih Kinemaster karena jari jemari lebih terbiasa menggunakannya ketimbang pakai aplikasi lain. Ada beberapa bagian yang aku percepat karena waktunya melebihi 7 menit. Namanya juga masih belajar, ya nggak? Hhehehe!

 

Videoku bisa dilihat di sini:

 

Ujian akhir poin benarku 30 dari 40 soal . Berarti nilai ujianku 75 . Turun hiks..hiks..Setelah  tugas dinilai, keluar nilai gabungan (nilai akhir) =90 . Aku hitung-hitung…ternyata tugas videoku dapat nilai 100 yeaaayyy itu amunisi banget buatku yang pemula. Baru begitu aja aku udah terharu lho….

 

PembaTIK Level 3

 

Lulus di level 2, aku nyoba-nyoba ikut ke tahapan selanjutnya yaitu level 3 .Aku pilih gelombang 15. Di sini nilai keaktifan diskusi di kolom diskusi kelas Simpatik, kehadiran saat vicon khusus gelombang 15, hasil penugasan dan tentu aja ujian akhir diklat mempengaruhi kelulusan. 30 peserta dengan nilai tertinggi di setiap provinsi akan dipilih untuk jadi Finalis DRB Provinsi dan ikut Bimtek Level 4. Pilihan tugasnya : bikin video pembelajaran atau multimedia interaktif. Pilihanku di video pembelajaran.

 

Proses pembuatan video pembelajaran berdurasi maksimal 6 menit betul-betul butuh effort luar biasa bagi aku yang pemula. Aku bukan Youtuber, aku belum pernah jadi narsum webinar online, yach intinya betul-betul belajar hal baru di sini. Untuk video aku memakai editing aplikasi Kinemaster dengan penggunaan begron kain hijau agar bisa diedit ganti begron.

 

Tak lupa aku menyusun storyline nya terlebih dahulu, lalu mengira-ngira durasi waktunya. Inipun hasil akhirnya kepanjangan sehingga ada scene yang aku hilangkan :-D

 

Aku  ikut Vicon untuk Level 3 gelombang 15 yang diikuti 250 an peserta guna menambah pencerahan tentang modul agar lebih bisa dipahami isinya. Salah satu narsum nya adalah Kang Deni Rohendi DRB Jabar 2019. Di sesi akhir aku Juara 2 kuis vicon sehingga dapat hadiah pulsa yang nilainya sangat lumayan bagiku. Waawww aku ngga nyangka dech.

 

Simak terus postinganku selanjutnya masih dalam label blog “Rumah Belajar” . Stay tune!

Tidak ada komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.