Sosialisasi Tatap Maya (1) : Basajan Jabar Juara



Salah satu tantangan yang harus dijalani oleh Sahabat Rumah Belajar (SRB) dalam Bimtek PembaTIK Level 4 Tahun 2020 ini adalah : melaksanakan sosialisasi tatap maya minimal 5 kali atau tatap muka 3 kali (jika kondisi memungkinkan). SRB akan membawakan materi terkait Rumah Belajar, tentu aja boleh donk divariasikan materinya.

“Biar ngga jenuh kalo monoton tentang Rumah Belajar”, itu kata Pak Ariefin DRB Jabar 2018.

Wewwww….gimana itu yaaa? Bagi SRB yang Youtuber atau pernah jadi narsum webinar online, ini nggak menimbulkan kebingungan. Tapi bagi yang pemula seperti saya?

Sek..sek..aku kudu mikir sek…carane piye?

Untungnya, tatap maya pertama difasilitasi oleh para DRB Jabar. Bu Juju, Pak Ariefin, Pak Deni dan Pak Asep memberi jadwalnya jadi beberapa kelompok yang mereka bimbing.

Menyalin informasi dari Grup WA info SRB Jabar 2020:

“Sebagai wujud nyata untuk membantu rekan-rekan peserta pembatik level 4 berbagi dalam pemenuhan tugas level-4, kami paguyuban DRB Jawa Barat akan menggelar kegiatan peningkatan kemampuan berbagi dan sosialisasi sahabat rumah belajar Jawa Barat 2020 melalui program “BASAJAN” (Balad Sahabat Rumah Belajar JABAR Nepungan)

Kegiatan akan diselenggarakan selama 6 hari dengan format berbagi dan berkolaborasi. Rekan-rekan akan dikelompokkan menjadi 6 kelompok secara random dengan harapan dapat berkolaborasi satu sama lain untuk berbagi  dengan tatap maya kepada sebanyak mungkin komunitas yang rekan-rekan kenal.

Balad Sahabat Rumah Belajar Nepungan.



Basajan secara arti kata adalah sederhana dan tidak berlebihan. Disamping itu basajan juga sering kali menjadi pandangan hidup dan pepatah orang tua kepada anak-anaknya.

Balad Sahabat Rumah Belajar Nepungan.

Balad = Teman

Sahabat Rumah Belajar

Nepungan = Menemui, bertemu

 

Nama paradenya adalah “BASAJAN”.

 

Dari 34 provinsi, ini merupakan parade tatap maya pertama se-Indonesia yang didukung oleh DRB. Saya dapat jadwal di kelompok 1 bareng rekan SRB Jabar : Pak Bowo, Bu Intan, Bu Anisa, Pak Furqon. Kami jadi narasumber berlima, host nya dan moderator kami juga.

Lagi-lagi di sini memang sarana untuk belajar.

Belajar komunikasi tatap maya dengan sesama SRB yang belum pernah ketemu di dunia nyata.

Belajar pake streamyard (buat saya)

Masing-masing pemaparan materi 10 menit. Trust it, 10 menit itu rasanya lama dan keringetan…lebih ke nervous yak? Berasa jadi penyiar radio gitu hehe. Mungkin karena baru pertama . Daann bagi SRB yang baru pertama kalinya jadi narsum juga merasakan situasi seperti ini.

Kita ingat-ingat aja saat dulu kalo mau nge-date pertama kali, gimana tu deg-degan donk ya. Betul kan, bapak ibu? Kurang lebih gitu deh rasanya..tampil pertama kali.

Saya menampilkan materi berjudul “Fitur Pendukung Rumah Belajar” dalam bentuk slide ppt. Persiapan tampil itu hanya 1-2 hari , pokoknya mefettt betul. Kami 2 kali ngetes sebelum tampil beneran lewat streamyard yang terkoneksi dengan Youtube Streaming.

Sesi Latihan

Dari Parade Basajan kami, ada 33 umpan balik di absensi yang masuk (Daftar absensi ada di sini). Support dari rekan sesama SRB Jabar yang menonton kami, ada juga dari luar karena  tayangannya tersambung ke Youtube yang bisa ditonton ulang. Hingga saat postingan ini dibuat, udah ada lebih dari 350 viewer.

Setelah tampil. Lega...ampe malamnya kita bisa tidur nyenyak :-D

Terima kasih buat DRB Jabar yang membimbing dan memfasilitasi penampilan pertama tatap maya kelompok kami.

Basajan yang bermanfaat dan menjadi pemantik semangat inovasi di provinsi lain.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia!

Tidak ada komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.