3 Tanaman Langka Ini Bermanfaat Meningkatkan Imun Tubuh

 

Menjaga daya tahan tubuh menjadi kewajiban bagi semua orang. Pasalnya, ini penting untuk membentengi tubuh kita dari serangan penyakit baik yang berasal dari virus, bakteri, ataupun kuman.

Selain itu, imun yang baik akan menjaga tubuh kita agar tetap fit dan mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan maksimal. Banyak orang enggan mengonsumsi suplemen peningkat daya tahan tubuh dikarenakan ketidaktahuan kandungan zat kimia di dalamnya dan takut menyebabkan efek samping.

Anda perlu mengenal beberapa tanaman berikut. Jika diolah dengan baik dan benar, tanaman-tanaman berikut mampu meningkatkan daya tubuh Anda.

3 Tanaman yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Gardenia Jasminoides

Gardenia Jasminoides sumber : wikipedia

Di negeri tirai bambu, tanaman ini telah dibudidayakan sejak era Dinasti Song (960-1279 M). Gardenia Jasminoides atau dalam pengobatan tradisional Tiongkok dikenal dengan nama zhi-zi, kala itu digunakan untuk menyembuhkan penyakit kuning, demam dan edema.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan kalau Gardenia jasminoides merupakan bunga dari tanaman bernama kacapiring atau Gardenia augusta. Tanaman dengan ciri berdaun kecil dan memiliki banyak cabang ini memiliki segudang manfaat.

Manfaat-manfat tersebut menurut LIPI antara lain, mengobati penyakit diabetes mellitus, sariawan, infeksi, sakit gigi, gangguan liver, batu empedu, peradangan demam, dan melancarkan buang air besar.

Selain tidak banyak diketahui khalayak, tanaman yang biasanya tumbuh liar ini cukup sulit dibudidayakan. Tanaman ini baru bisa tumbuh dengan baik apabila pengairan bagus dan lokasi budidaya cerah, dan memiliki tingkat keasaman tanah yang tinggi.

2. Boswellia Serrata

Umumnya juga dikenal dengan nama kemenyan India. Esktrak herbal dari pohon ini telah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional di benua Asia dan Afrika.

Hasil penelitian National Center for Biotechnology Information (NCBI), menemukan bahwa  tanaman ini mampu mengobati peradangan yang diakibatkan oleh virus. Bahkan dalam kondisi kronsi sekalipun. Boswellia adalah agen anti peradangan yang potensial sehingga diyakini mampu menyebuhkan banyak penyakit yang disebabkan oleh hal yang sama.

Tidak hanya itu, Boswellia bekerja baik sebagaik stimula internal dan eksternal. Wajar kemudian jika tanaman ini sering digunakan obat antirematik. Berbagai manfaat lainnya antara lain untuk mengobati diare, disentri, kurap, bisul, demam, penyakit kulit dan darah, batuk, penyakit kardiovaskular, sariawan, radang tenggorokan, bronkitis, asma, keputihan, rambut rontok, ikterus, wasir, hingga sifilis.

3. Daucus Carota

Daucus Carota, sesuai namanya tanaman ini masih satu spesies dengan wortel. Merupakan tanaman asli Eropa dan Asia Barat Daya. Namun, sekarang telah berkembangbiak di Amerika Utara dan dikenal dengan nama bunga renda Ratu Anne karenanya yang mirip renda ratu Inggri raya tersebut.

Mengutip Healthline, Daucus carota adalah tanaman wortel liar yang dapat diekstrak menjadi minyak. Minyak ini bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh karena sifat tanaman Daucus carota yang antibakteri, antijamur, anti-inflamasi, dan antioksidan. Sehingga mampu menangkal serangan virus, jamur dan mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Sejak terjadinya pandemi Covid-19, Universitas Gadjah Mada melakukan penelitian terkair senyawa emodi yang terkadung dalam tanaman ini. Senyawa tersebut diketahui mampu mencegah interaksi antara reseptor ACE2 dengan protein S pada SARS-CoV.

Anda mungkin kesulitan menemukan tanaman-tanaman herbal bermanfaat tersebut. Di Indonesia tanaman ini juga belum dibudidayakan. Selain itu, jika tidak diolah dengan baik manfaatnya tidak bisa Anda nikmati dengan maksimal atau bahkan tidak berefek apapun.

Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menikmati ketiga tanaman langka ini dengan mengonsumsi Rhea Health Tone yang telah teruji klinis mampu memperbaiki sistem imunitas tubuh.                                                                                                                                                           

Tidak ada komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.