Tugas Malaikat Ridwan Sebagai Penjaga Surga

 

Surga merupakan tempat keselamatan dan kenikmatan. Ada malaikat yang bertugas untuk menjaga pintu surga, yakni malaikat Ridwan. Menurut sebagian ulama, malaikat Ridwan ini termasuk makhluk yngn dikecualikan oleh Allah untuk tidak mati ketika malaikat Israfil meniup sangkakalanya tersebut.

Sama halnya dengan malaikat Malik, malaikat Ridwan ini memimpin para malaikat yang menjaga pintu surga. Dalam Al- Qur’an disebutkan bahwa memang ada malaikat yang menjaga pintu surga.

Allah berfirman dalam surat Az- Zumar ayat 73 yang berbunyi, “dan orang yang bertaqwa kepada Tuhannya akan diantar ke dalam surga secara berombongan, sehingga apabila mereka sudah sampaia ke surga, dan pintunya pun mulai terbuka, penjaganya pun berkata kepada mereka, bahwa “kesejahteraan akan dilimpahkan atasmu, maka berbahagilah kamu! Makaa, masuklah, kamu akan kekal di dalamnya.””

Namun, perlu digaris bawahi bahwa tugas malaikat Ridwan ini adalah untuk menjaga pintu surga. Malaikat Ridwan ini tidak mengetahui bahwa seluruuh jenis kenikmatan yang Allah anugerahkan kepada para penduduk surga.

Ada dua jenis kenikmatan yang Allah berikan, pertama adalah nikmat biasa yang dirasakan oleh seluruh penduduk surga. Dan kedua adalah nikmat khusus yang hanya bisa dirasakan oleh orang yng bertaqwa, para rasul, nabi, wali, maupun para ulama yang mengamalkan ilunya. Tidak ada seorang pun yang mengetahui bagimana nikmat surga tersebut kecuali Allah.

Ada juga hadist Qudsi yang menjelaskan akan nikmat khusus tersebut. Rasullah SAW pun bersabda, bahwa “Allah berfirman, ‘aku telah menyiapkan bagi hambaku yang shaleh,  jenis kenikmatan khusus yang tidak pernah bisa terlihat oleh mata, tidak pernah bisa terdengar oleh telinga, dan tidak akan pernah terlintas di hati manusia.”

Dikatakan juga bahwa yang bisa masuk ke surga tidak semua orang shaleh dan bertaqwa. Yang bisa masuk ke surga adalah orang yang sesuai dengan kehendak Allah. Dikatakan juga bahwa ada pelaku maksiat yang meninggal dalam keadaan mukmin. Orang tersebut sudah melakukan banyak dosa besar dan belum sempat bertaubat.

Orang yang seperti ini akan tergantung kehendak Allah nantinya di akhirat. Bisa saha Allah menyiksanya terlebih dahulu di neraka, lalu mengeluarkannya dan memasukkannya ke surga. Yang terpenting adalah jangan sekali-kali orang mukmin mencaci satu diantara malaikat Allah.

Sebab, tindakan tersebut termasuk kekufuran an dianggap keluar dari agama Islam. Allah sendiri telah berfirman dalam surat Al- Baqarah ayat 98, “baarangsiapa yang menjadi musuh Allah, malikat-Nya, rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang yang kafir.”

Jadi, inilah tugas malaikat Ridwan yang perlu Anda ketahui. Perbanyaklah berbuat baik agar Anda bisa masuk ke surga. Namun, semua hal ini akan tergantung dari Allah, apakah akan memasukkan hamba-Nya ke neraka terlebih dahulu atau langsung ke surga-Nya.

Tidak ada komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.