Usnu : My First Patner in World of Work


Selama ini saya banyak membaca di blog orang-orang tentang pertemanan orang dengan rekan sekerjanya. Jadi pingin ikutan share ah.
Sebelum terjun di dunia kerja, tentunya saya sudah sering ber-patner dengan teman dalam organisasi, magang, KKN dan berbagai kepanitiaan. Namun, inilah pertama kalinya terjun di dunia kerja dan punya patner di dunia kerja. Saya share di sini karena banyak pelajaran berharga yang saya dapatkan selama ber-patner dengan dia.
Namanya Usnu, cowok yang usianya setahun di atas saya. Secara kebetulan, kami dapat penempatan sekolah barengan di Flores selama masa pengabdian setahun. Patner SM-3T yang satu sekolahan bareng saya ya cuma Usnu. Dia dari prodi Geografi dan saya dari BK.

Usnu adalah sosok yang bisa dibilang fenomenal di kalangan teman-teman..yes, because of something. Namun, terlepas dari opini banyak orang, terserah orang mau bilang apa. Menurut saya dia orangnya te-o-pe. Saya lebih mengenal dia karena berinteraksi di sekolah bareng. Inilah sisi unik dari Usnu yang jarang dimiliki oleh sebagian orang:
1. Dia menjaga ibadah sholat 5 waktu! “Sholat itu penting, Na. Apalagi kalau berdoa, ngaji diantara waktu maghrib sampai isya. Kuwi sering2 mbok lakoni wae…” katanya. Nggak sekedar menasehati, dia juga melakukannya sendiri.
2. Sangat setia sama pacarnya dan sangat bisa menjaga komitmen. Saya melihat foto pacarnya dipajang jadi wallpaper laptop dan hape. Dan pssst… di hape dan laptopnya nggak ada foto cewek laen selaen pacarnya dkk, saudaranya, ibunya. Pokoknya dia sangat setia dan menjaga komitmen. Usnu anti tebar pesona, menggombal dan berkata-kata mesra pada wanita lain. Dia ngabarin kalau dalam waktu dekat ini mau tunangan. Wah…saya senang mendengarnya!
3. Usnu memang individualis dan sangat idealis. Dia nggak mau kalo saya meng-copy laporannya. Dia rajin, perangkat pembelajarannya selalu jadi paling awal diantara 36 guru yang mengajar di sekolah ini. Kelihatannya ambisius dan mandiri ya? Hehe…Tapi, dia nggak suka cari muka, nggak mau menang sendiri, nggak serakah dan yang terpenting nggak menjatuhkan teman. Saya pernah menjumpai dalam suatu kegiatan ada seorang teman yang suka menjatuhkan rekannya agar dipuji. Hal tersebut sama sekali nggak saya jumpai dalam diri Usnu. Kami saling mendukung kalau di depan Kepsek dan guru lain.
4. Kami pernah berantem because of something. Yah…itulah masa-masa terberat saya di sekolah yang membuat saya waktu itu…tapi untunglah beberapa minggu kemudian bener-bener baikan lagi sampai akhir masa tugas. Walaupun mempengaruhi sikap pribadi, tetapi hal tersebut nggak mempengaruhi pekerjaan. Itulah yang membuat saya salut. Balik ke poin nomor 3, meskipun dalam kondisi berantem pun, dia nggak pernah menjatuhkan saya :-)
5. Dia itu sangat moody. Ups..tapi kalo lagi good mood, suer deh. Usnu sangat asik buat diskusi. Kami bisa betah ngobrol berjam-jam untuk bertukar pendapat tentang ini-itu. Hahaha. 
6.Usnu suka memakai metode pembelajaran yang kreatif. Cara ngajarnya oke banget.
7. Usnu pandai menjaga rahasia dan bisa dipercaya.
8. Sarannya oke. Dia selalu sampaikan kekurangan dari diri saya, dengan  cara yang baik dan nggak ada tendensi sok tau, iri, meremehkan maupun sok pintar dalam dirinya. Satu nasihat yang paling saya ingat dari dia adalah : “Jangan banyak mengeluh, Na!”
9. Orangnya mandiri, sanggup bekerja di bawah tekanan dan bisa tahan nggak ke kota dalam jangka waktu yang lama.

Itu penilaian subjektif saya lho :-)

Tidak ada komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.