Selasa, 26 Juni 2018

Perkembangan Bayi 6 Bulan




Perkembangan Bayi 6 Bulan– Bayi yang berusia 6 bulan telah memiliki sistem pencernaan yang siap mengolah makanan padat. Sehingga, banyak ahli yang sepakat bahwa di usia ini bayi siap untuk diperkenalkan dengan makanan padat pertamanya yang istilahnya disebut dengan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu).  Selain hal tersebut, ada banyak hal lainnya yang terjadi pada perkembangan bayi 6 bulan ke atas. Apa sajakah itu? Info selengkapnya dapat Mom simak di bawah ini.

Senin, 25 Juni 2018

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya




Kaki Bengkak Saat Hamil– Tidak semua wanita hamil mengalami problem kaki bengkak. Hingga usia kehamilan 26 minggu saat ini, saya tidak mengalaminya. Wanita yang sedang hamil biasanya mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuhnya, yang sering terjadi adalah pembengkakan pada kaki. Kondisi ini secara medis disebut dengan Edema Perifer. Kaki  bengkak saat hamil sering membuat ibu hamil merasa tak nyaman dan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Meski kondisi ini terbilang wajar dan normal diderita oleh ibu hamil. Mom, untuk anda yang ingin mengetahui tentang penyebab kaki bengkak yang dialami oleh ibu hamil dan bagaimana cara untuk mengatasinya, berikut ini akan penulis sampaikan informasinya.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil
Ada dua faktor yang menjadi penyebab ibu hamil mengalami pembengkakan pada kakinya. yaitu:
1.       Faktor dalam tubuh: meningkatnya jumlah cairan selama proses kehamilan yang diproduksi dan disimpan tubuh yang disertai dengan adanya daya gravitasi sehingga menyebabkan daerah sekitar kaki bengkak, terhambatnya peredaran darah karena berkembangnya rahim, dan adanya perubahan kadar hormon yang memicu tubuh menahan lebih banyak cairan dan garam (natrium).
2.       Faktor luar tubuh: ibu hamil yang memiliki aktivitas yang padat, berdiri atau duduk dalam waktu yang lama, mengkonsumsi kafein dan garam dalam jumlah tinggi, kurangnya kandungan potassium dalam asupan makanan, dan karena cuaca panas.

Kaki Bengkak Saat Hamil, Bahayakah?
Sebenarnya, kaki bengkak saat hamil tua bukanlah masalah yang serius. Ini akan menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan dengan tanda lebih sering buang air kecil dan berkeringat banyak pada hari pertama setelah melahirkan, sebagai cara tubuh untuk mengeluarkan cairan berlebih dalam tubuh. Namun, bila mengalami pembengkakan kaki, perlu ditangani dengan benar supaya tidak semakin parah dan menimbulkan pembengkakan di bagian tubuh lainnya.  Caranya, yaitu dengan mengurangi makanan yang mengandung garam.
Perlu diketahui pula, pembengkakan di kaki juga bisa menjadi tanda adanya penyakit lain. Bila terasa nyeri, bisa saja ini menjadi tanda adanya penyumbatan pada aliran darah di kaki. Jika pembengkakan kaki disertai dengan sakit kepala dan penglihatan menjadi buram, maka ini bisa menjadi tanda kondisi tekanan darah tinggi pada ibu hamil, serta jika pembengkakan kaki disertai sakit pada dada atau kesulitan bernapas, ini dapat menjadi tanda adanya masalah pada jantung. Sehingga, ibu hamil perlu memeriksakan diri secara rutin ke dokter untuk mengetahui masalah penyebab kakinya yang bengkak.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Dengan Treatment yang tepat
Untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil, perlu dilakukan treatment yang tepat, misalnya ketika duduk atau tidur mengganjal kaki dengan bantal supaya dapat memperlancar sirkulasi darahnya, rajin berolahraga ringan seperti berenang dan berjalan kaki, menghindari duduk atau berdiri terlalu lama, hindari mandi dengan air hangat, hindari terpapar sinar matahari yang terik, tidak melakukan aktivitas fisik yang terlaluberat, dan memakai sepatu yang nyaman jika berpergian.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Dengan Mengkonsumsi Makanan Yang Tepat
Ibu hamil yang mengalami pembengkakan perlu untuk mengurangi makanan yang mengandung garam atau zat sodium dengan kadar yang tinggi. Lalu, makan makanan yang bergizi dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung potassium tinggi, seperti bayam, kentang, alpukat, pisang, dan ikan salmon. Selain itu, memperbanyak minum air putih. Ibu hamil sebaiknya pula perlu menghindari mengkonsumsi junk food.

Kaki Bengkak Saat Hamil biasanya mulai terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan. Segera konsultasikan kepada dokter bila mengalami hal tersebut. Sebab, meskipun ini tergolong normal namun tetap perlu diwaspadai dan dilakukan penangganan untuk mengatasinya agar tidak bertambah parah. Demikianlah sekiranya yang dapatdisampaikan pada kesempatan kali ini, Mom. Semoga dapat bermanfaat.

Minggu, 24 Juni 2018

7 Kartu Kredit Dengan Bunga Rendah yang Perlu Diketahui



 Maraknya penggunaan kartu kredit di Indonesia menandakan bahwa perbankan di dalam negeri selalu menciptakan inovasi dan kreasi terhadap pelayanan yang mereka berikan kepada masyarakat Indonesia. Berbagai macam fasilitas-fasilitas menarik yang didapat dari kartu kredit yang ditawarkan oleh beraneka ragam bank membuat para masyarakat jadi semakin antusias dan memilih sesuai  dengan kebutuhan hidupnya. 

Kamis, 24 Mei 2018

Ramadan Makin Semarak Bersama Ramadan Ekstra Tokopedia



Hallo! Masih semangat puasanya??? >0< Kita udah mau masuk minggu kedua Ramadan aja. Jadikan Ramadan ini sebagai Ramadan ekstra. Ekstra dalam memanfaatkan waktu buat hal-hal yang bermanfaat, ekstra ibadahnya, ekstra semangatnya. Ekstra belanjanya? Oh oh….asalkan sesuai sikon ya. Kalo mau lebih efektif nggak capek keluar masuk pusat perbelanjaan, ada Tokopedia solusinya.

Selasa, 22 Mei 2018

[#MyFirstPregnancyStory] 21 Weeks Pregnant. We Know Your Gender, Baby!




“Ini bagian otak besar, dan ini otak kecil. Ini lambungnya, kemudian tulang punggung, tulang paha…dan ruas jari tangan dan kaki. Wajahnya mirip ibunya nih. Beratnya di kisaran 400 gram, usia 21 minggu. Semuanya optimal.” Penjelasan dr.Yuditya, Sp.OG-KFM,PHd detail dan cukup panjang.
Weeew it’s amazing! Dia mirip aku? Ah tapi muka debay nantinya juga bisa berubah :-D
Dari layar monitor USG, tampak organ tubuh janin. Ahhhh rasanya ingin saat itu juga kalo bisa udah kuelus dia  :*
“Mau tau jenis kelaminnya nggak?”
Wah jelas mau donk! Dan ternyata….

Selasa, 15 Mei 2018

Mutasi



Akhir Januari 2017, aku ikut rombongan sekolah tempatku ngajar ke salah satu SMP Negeri di Kecamatan Gunungsindur. Rombongan pelepasan salah satu guru yang dapat penugasan jadi kepala sekolah baru di sana. Kecamatan Gunungsindur ini masih masuk wilayah Pemerintah Kabupaten Bogor. Lokasinya di bagian barat, perbatasan dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.  Kabupaten Bogor itu luas banget, ada 40 kecamatan deh. Dulu sebelum aku ngajar di Cibinong (Kota Kabupatennya Kabupaten Bogor) aku nggak paham sama seluk beluk Bogor karena nggak pernah ke sini. Yang aku tau sih Bogor itu terkenal dengan kotanya, kota hujan. Ada kebon raya, rame, ada mall Botani, yach sebatas itu yang aku liat di tivi.