Selasa, 15 Mei 2018

Mutasi



Akhir Januari 2017, aku ikut rombongan sekolah tempatku ngajar ke salah satu SMP Negeri di Kecamatan Gunungsindur. Rombongan pelepasan salah satu guru yang dapat penugasan jadi kepala sekolah baru di sana. Kecamatan Gunungsindur ini masih masuk wilayah Pemerintah Kabupaten Bogor. Lokasinya di bagian barat, perbatasan dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan.  Kabupaten Bogor itu luas banget, ada 40 kecamatan deh. Dulu sebelum aku ngajar di Cibinong (Kota Kabupatennya Kabupaten Bogor) aku nggak paham sama seluk beluk Bogor karena nggak pernah ke sini. Yang aku tau sih Bogor itu terkenal dengan kotanya, kota hujan. Ada kebon raya, rame, ada mall Botani, yach sebatas itu yang aku liat di tivi.

Selasa, 08 Mei 2018

[My First Pregnancy Story] Butterfly Flutter In My Tummy



 Sekitar seminggu lalu, usia janin aku 19 minggu cuy. Aku ngerasa detak jantung aku pindah ke perut.  Sebelom tidur aku ngerasain jelas banget perutku kayak digelitikin dari dalem. Aha! This is your real first kick my baby! Aduh calon anaknya Pak Ajib Haryanto…tangan kamu apa kaki kamu yach itu yang nendang? Hahaha. Lagi apa ya calon baby kami gerak-gerakkk gitu. Kalo aku baca-baca di literatur siiih efek kupu-kupu di dalem perut itu berasa mendekati 20 minggu usia kehamilan untuk kehamilan pertama. Kalo si ibu kurus biasanya terasa masuk 4 bulanan, atau ibu yang udah pernah ngelairin karena lebih peka ama gerakan halus itu. Hihihi soalnya pas sekitar 4 bulan tu ada kedutan alus di perutku. Tapi jarang banget. Kalo sekarang sih hampir tiap hari ada yang ngegelitikin perut.

Senin, 07 Mei 2018

[ My First Pregnancy Story ] 4 Bulanan



“Sesungguhnya setiap orang di antaramu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (40 hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal; ketentuan rejekinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka atau bahagianya …” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pada Bulan April lalu, janinku berusia 4 bulan. Masa di mana ruhnya telah ditiupkan, serta digariskan takdirnya. Rangkaian doa aku rapal untuk kebaikan ia di masa depannya. Kami nggak bisa jadi orang tua yang sempurna. Namun, kami bisa mengusahakan yang terbaik. Sementara di rumah Cilacap, orang tuaku juga mengadakan pengajian kecil buat mendoakan keselamatan janinku. Seremoni sederhana, hanya mengundang tetangga kiri-kanan dan pondok pesantren anak yatim piatu.

Sabtu, 05 Mei 2018

Ramadan Ekstra : Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan di Tokopedia




Selamat datang bulan Mei! Tinggal ngitung hari doang,  kita yang umat muslim bakal menyambut bulan Ramadhan. Di kalender tertera kalo bulan penuh ampunan itu mulai sekitar 17 Mei 2018. Apa ya resolusi aku? Ya penginnya ramadhan ekstra! Yaitu ngisi bulan suci dengan ngamal juga, ngga hanya ngemil dan nge-mall. Wekekek moga ga sekedar pepesan kosong. Anyway bicara masalah belanja keperluan ramadhan itu prioritas kesekian, tapi tetep aja jadi euforia sebagian besar orang. Berasa spesial pokoknya bulan ramadhan itu.  

Berhubung lagi nyandang status bumil, mager banget aku kalo sering keluar masuk toko konvensional buat belanja. Kebayang kan kayak apa penuhnya tu toko-toko. Fiuhhh. Sebagai alternatif bisa juga digantikan dengan belanja online. Salah satu website idola aku adalah Tokopedia. Yups, kalian udah nggak asing lagi dengan nama website satu ini. Diskonnya banyak, promonya juga banyak. Mau ngehemat biar tetep bisa nabung juga bisa.
Simak nih tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia :

Jumat, 04 Mei 2018

The Power Of Duit 10 Ribuan!


Untuk kesekian kalinya, Ambalika bilang gini ke aku.
“Kuz gw pengin bisa punya tabungan.
“ Nabung atuh.”
“Gimana ya? Belom bayar cicilan motor. Belom bayar kontrakan hadeuuu”
#kemudianambalstress
“Errr..gini deh. Kamu sediain wadah, bekas juga kaga papa. Apa aja. Nah tiap kamu ada uang kembalian ato sisa, masukin dah ke wadah itu. Nabung trus komitmen jangan pernah diambil sampe sekian bulan. Abis itu terserah mo kamu taroh ke bank, dibeliin apa gitu, ato beli emas.”


dokumen pribadi
 Intinya mah aku cerita kalo sekitar setaun yang lalu, aku pernah nabung uang pecahan 10 ribuan ke dalam mug kaca. Duit dari kembalian supermarket ato shopping aku masukin situ kalo inget. Hey, ini di luar tabungan di bank lho. Tiap 5 lembar duit 10 ribuan aku linting trus jadiin satu. Persis rokok kan hahay. Lama-lama kekumpul tuh berlinting-linting. Waktu itu engga ada niatan khusus duitnya buat apa. Murni iseng sih! Sekitar 4,5 bulanan gitu kekumpul 750 ribu. Aku tambahin dikit trus dipake buat………ehm ada deh :)

Rabu, 25 April 2018

#MyFirstPregnancyStory Trimester Pertama




 God has a perfect timing
Never early, never late
Kalo Allah udah ngasih amanah, berarti ini waktu yang tepat bagiNya :-)
Now I am Mom to be.
.