Jaga Stamina di Saat Wabah Covid-19




Sejak Corona Virus Disease (Covid 19) menjangkit Indonesia dan ada WNI ditemukan positif mulai 2 Maret 2020 lalu, banyak dampak yang ditimbulkan. Dari sector perekonomian, trasportasi, Pendidikan dan hamper semua lini terdampak dengan hadirnya virus mengesalkan ini. Murid SMA yang besok pagi harusnya ujian nasional, mendadak dibatalkan. Resepsi pernikahan dilarang digelar, harus syukuran kecil saja atau akad. Pemerintah menginstruksikan agar banyak pegawai bekerja dari rumah. Pekerja di pabrik daerah tertentu banyak yang kena PHK. Gojek motor sementara dilarang membawa penumpang. Keluar masuk Jakarta jadi ribet. Termasuk mudik ke Jawa. Sedihnya bukan main karena aku ngga bisa ke Cilacap pada liburan kenaikan kelas ini.


Secara psikis, banyak orang yang takut terpapar virus ini. Wajar, memang. Sebab, prosedur pemulihannya itu lho…harus diisolasi bagi yang dirawat. Karantina mandiri. Jika amit-amit nih, meninggal, jenazahnya harus dikubur dengan protocol khusus. Belum lagi ditambah pemberitaan media yang memilukan tentang cerita korban-korban corona yang meninggal. Jika imunitas tubuh seseorang rendah, memiliki penyakit penyerta, corona lebih naksir sama orang itu. Beda halnya jika orang kuat, bisa jadi dia mengidap corona dengan tanpa gejala.
Di artikel Tetap Produktif dan Anti Mati Gaya Walau #DiRumahAja aku mengulas kegiatan pengisi waktu selagi stay at home.

Nah, selain mengisi waktu dengan kegiatan menarik, kita harus tetap jaga stamina di kala wabah Covid19 melanda negeri ini. Caranya

1. Meluangkan Waktu untuk Olahraga

Berjemur di pagi hari sekitar 15 menit sangat disarankan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini setiap hari aku lakukan sambal ngajak anak main di sekitar rumah. Selain itu olahraga ringan juga baik untuk dilakukan. Ehhh…bukannya emak-emak tiap hari olahraga yak ngurusin rumah? Hohoho apalagi kalo punya anak kecil yang lagi usia aktif lelarian, wew! (ngerasa)
Olahraga ringan dan gampang  dilakukan misalnya jalan kaki, jogging, bersepeda dan senam. Aku mulai suka ikutan senam online (Zumba via zoom untuk pemula) atau mendownload tayangan senam di Youtube.

2. Menjaga Pola Makan dan Minum

3. Istirahat yang Cukup

4. Jaga jarak, sering cuci tangan (jika ngga memungkinkan, pakai hand sanitizer), bawa masker saat keluar rumah.
Halodoc

5. Memantau Kesehatan. Download aja aplikasi Halodoc di smartphone. Kita bisa konsultasi dokter dengan biaya sangat terjangkau. Misalnya untuk dokter umum saat ini dikenakan tarif Rp.10000 dan dokter spesialis Rp.25.000. Dokter spesialis yang ada juga komplit, mulai dari spesialis anak. Syaraf, obsgyn, dan lain-lain . Namanya kita lagi di rumah aja, siapa tahu mendadak butuh konsultasi yang sifatnya nggak harus pemeriksaan langsung, bisa via chat. Aku pernah sebelum pandemic melanda berkali-kali menggunakan fasilitas ini, saat itu jasanya masih gratis. Jawaban dokternya menyenangkan dan sabar. Kita bisa pilih mau konsultasi dengan dokter yang mana.

Di samping itu, kita bisa bikin janji dengan RS terdekat untuk rapid test maupun swab test Covid 19. Siapa tahu butuh bepergian jauh untuk keperluan penting. Bagi yang berdomisili di Jabodetabek, Halodoc juga menyediakan informasi lokasi covid test jakarta. Layanan Kesehatan lain juga disediakan oleh Halodoc. Seperti membeli obat dengan cara online, tepat digunakan untuk kita yang mengurangi aktivitas ke luar rumah jika nggak ada keperluan penting. Untuk pemulihan psikis, Halodoc juga menyediakan layanan konsultasi Kesehatan jiwa.

Menjaga stamina secara mental juga dapat dilakukan di rumah. Psikologis dan kepercayaan kita tentang sesuatu mempengaruhi emosi. Emosi mempengaruhi sistem saraf dan endokrin. Sistem saraf dan endokrin mempengaruhi imunitas. Maka, kurangi menonton berita menyeramkan tentang corona, perbanyak ibadah sesuai agama masing-masing dan yakinkan pada diri kita (dengan hypno healing sambil duduk atau rebahan) bahwa Allah senantiasa menjaga kita dari bahaya mematikan virus tersebut.

Tidak ada komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.