Jumat, 31 Agustus 2018

Kekeluargaan di Ende


*ini tulisan lamaku di laptop*
Di Ende, kata “pesta” berarti acara syukuran, bisa berupa resepsi pernikahan di tenda, Natal Bersama maupun acara sambut baru di tenda (tenda tratag kalau istilah di Jawa). Selalu terdapat acara hiburan dalam setiap pesta. Sebagai contoh, hiburan suara penyanyi nan merdu di acara pesta pernikahan di Jawa. Jika di Ende, hiburannya adalah jogged gawi bersama.
joged gawi bersama
Pesta di sini memang tidak sekedar pesta yang bisa diadakan dengan sederhana seperti di Jawa. Dibutuhkan biaya yang besar untuk mengurus segala persiapannya.

Kamis, 30 Agustus 2018

Seminar Kehamilan di Jakarta



Menyambung postingan sebelumnya mengenai Senam Hamil, ada kegiatan lain yang aku ikutin. Seminar seputar kehamilan yang ada di RS deket rumah mertua. Sejak hamil aku stalkingin akun-akun IG yang banyak ngebahas info kehamilan, menyusui dan parenting. Aku rangkum poinnya di sini kalo kapan-kapan butuh bisa dibaca-baca lagi. Kalo dokumentasi foto ada di ponsel/IG. Nah dari situ aku dapat infonya. Baru dua kali sih ikutan:

Rabu, 29 Agustus 2018

Info Senam Hamil di Jakarta




Kegiatan penunjang aku selama hamil adalah ikut seminar kehamilan dan senam hamil. Seorang temanku yang sama-sama bumil dan sama usia kehamilannya nanya gini ke aku:
“Ikutan senam hamil di Jakarta berapa bayarnya Na?”
“Aku di RSIA Tambak sih ambil paket 150 rb buat 4 kali hadir. Aku ambil 2 paket jadi 300 rb buat 8 kali dateng. Itu bebas mau rutin apa enggak. Kalo nggak ambil paket bayarnya 50 rb sekali dateng”
“Lah mahal yaa…di RSIA Sadewa Jogja 15 rb lho sekali dateng.”
Hehehe apa sih yang nggak mahal di ibukota? Catering dan WO doank yang lebih murah di sini.

Selasa, 28 Agustus 2018

Mengenal Baby Led Weaning Pada Bayi


Baby Led Weaning


Diberi anugrah berupa kehadiran buah hati merupakan karunia tak terkira bagi orang tua. Bagi ayah dan ibu, penting untuk mengetahui tahap perkembangan bayi. Baby Led Weaning (BLW) adalah sebuah metode yang memberikan kebebasan bagi bayi untuk mengonsumsi makanannya sendiri. Metode ini banyak dikenal di kalangan ibu-ibu yang bertujuan melatih anaknya mandiri. Pada usia 6 bulan pertama, makanan terbaik untuk bayi adalah ASI. Kecuali, jika bayi mengalami kondisi tertentu yang mengharuskan orang tuanya member campuran sufor. Setelah usianya 6 bulan, bayi mulai diberi makanan pendamping ASI (MPASI). Pada awal-awal pemberian MPASI, peranan orang tua dalam menyuapi anak makan adalah hal yang perlu dilakukan.

Senin, 27 Agustus 2018

Mengenal Budaya Ende sebagai Bagian dari Kekayaan Budaya Indonesia



Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam dan kebudayaan yang melekat di setiap daerahnya. Setiap daerah memiliki kearifan budaya yang menjadikannya unik. Salah satunya adalah budaya masyarakat Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Saya sangat beruntung pernah diberikan kesempatan tinggal di sini selama setahun untuk mencicipi nuansa Ende, menikmati budayanya dan melihat kearifan lokal masyarakatnya dari jarak dekat.

Pengalaman Mengajar di Daerah 3T

Berbicara tentang sosok guru, banyak kenangan indah yang masih melekat di benak saya.  Ingatan tentang Bapak-Ibu guru saat saya masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah. Ketelatenan mereka dalam menerangkan materi, kesabaran mereka saat membimbing saya lomba bidang studi, hingga semangat mereka saat memotivasi murid-muridnya . Bagi saya, guru merupakan sebuah profesi panggilan hati.

Akhirnya saya bisa merasakan berada dalam posisi menjadi seorang guru. Semua berawal saat saya menamatkan bangku kuliah S1 tahun 2011 dan memutuskan mengikuti SM-3T angkatan I. Program ini diadakan oleh DIKTI KEMENDIKBUD yang bertujuan untuk membantu mengatasi kekurangan guru di daerah Terluar, Tertinggal dan Terdepan (3T) sekaligus menyiapkan calon guru profesional yang memiliki jiwa untuk mencerdaskan anak bangsa, mandiri, tangguh dan peduli terhadap sesama.
Selama satu tahun, peserta akan ditugaskan untuk berpartisipasi sebagai pendidik di daerah 3T.  Tugas peserta tidak hanya menjadi guru yang mengajar di sekolah, melainkan juga menjalankan tugas sosial kemasyarakatan. Setelah setahun, penugasan akan dilanjutkan oleh peserta angkatan berikutnya. Saya mendapatkan daerah penempatan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur untuk masa penugasan selama setahun mulai dari bulan Desember 2011. 
Perjalanan dari Kota Ende menuju Nangapanda, lokasi penugasan saya
Saya di lokasi penempatan
  Untuk menuju lokasi penempatan, saya cukup menggunakan oto (bemo) dari kota Ende selama 1,5 jam saja. Bemo ini beroperasi lancar setiap hari dari pagi hingga maghrib. Kontur jalanan dari kota Ende menuju lokasi penempatan terbilang mudah ditempuh. Jalannya halus dan beraspal, tetapi berliku, serta dihiasi tebing, jurang dan pantai di sisinya.

Penggunaan Gadget sebagai Sarana Pendukung Belajar Siswa SD




Perkembangan jaman yang kian maju dari masa ke masa membuat gadget semakin banyak digunakan. Perangkat elektronik portable ini awalnya ditemukan oleh Nathan Stubblefield dengan nama “Telepon Nirkabel” atau yang saat ini dikenal dengan telepon seluler (ponsel). Dalam website Wikipedia berbahasa Indonesia,definisi gadget adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Rancangan gadget berbeda dan lebih canggih dibandingkan teknologi normal yang ada pada saat penciptaannya”( https://id.wikipedia.org/wiki/Gawai). 

Jumat, 24 Agustus 2018

Cari Dealer Mobil Baru dan Informasi Tentang Mobil

cari dealer mobil baru yang tepat sebelum membeli mobil. 


 Kalau diperhatikan, jumlah masyarakat yang memiliki mobil semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bagi mereka yang ingin membeli mobil baru, cari dealer mobil baru diperlukan untuk melihat pilihan tipe dan merk mobil yang hendak dibeli. Bagi calon pembeli, bisa melakukan survey harga kemudian menentuukan ingin membeli mobil secara tunai atau sistem kredit. Mobilitas yang tinggi merupakan salah satu alasan bagi orang untuk membeli mobil. Walaupun kerap terhalang macet di jalanan kota besar, mobil memiliki keunggulan. Diantaranya bersahabat dengan cuaca, baik panas maupun hujan.

Minggu, 19 Agustus 2018

Uniknya Belanja Online di Akulaku.Com


Pada awal tahun 2009, saya masih kuliah semester empat. Saat itu, laptop menjadi kebutuhan utama menggantikan komputer biasa. Selain lebih praktis dan bisa dibawa bepergian, laptop juga punya sarana untuk tersambung dengan WiFi dan Bluetooth yang memudahkan pemindahan data dan pencarian data. Untuk mencari spesifikasi laptop yang sesuai budjet dan kebutuhan , maka saya harus mencari informasi melalui Word of Mouth. Salah satunya dengan datang bersama teman ke pameran produk digital yang rutin digelar di Yogyakarta. Pameran seperti itu sudah dipastikan sangat padat dikunjungi pembeli. Banyak toko yang berpartisipasi menjual produk dagangannya, mulai dari ponsel, laptop, LCD, Bluetooth, hardisk, flashdisk, dan sebagainya. Biasanya tiap toko akan memberikan selebaran berisi spesifikasi produk yang dijual beserta harganya. Pengunjung akan berputar-putar dari satu tempat ke tempat lain untuk membandingkan produk dan harga yang diinginkan.

Sabtu, 11 Agustus 2018

[My First Pregnancy Story] Kata-kata Cinta untuk Calon Buah Hatiku


Dibuat menggunakan aplikasi Canva
  
Yeay! Kehamilan pertamaku sudah di trimester ketiga dengan usia janin 33 minggu. Kurang lebih satu setengah bulan lagi bayiku lahir ke dunia. Aku udah pindah ngajar di sekolah yang baru dekat kantor suami dan kami udah tinggal serumah. Nah, di sekitar komplek perumahan kami nyari bahan makanan mentah yang komplit tu lumayan jaraknya. Yang ada di deket komplek hanya warung-warung sayur, itupun engga komplit. Alhamdulilah sih sejauh ni komplek nyaman dan aku suka kok ama lingkungan komplek. Tetangganya pasangan muda semua, kelahiran di atas tahun 1980. Anaknya masih kecil-kecil, bahkan banyak yang bayi. Yeeay debayku bakal punya banyak temen nih.

TRAC sebagai Jasa Sewa Mobil Terbaik




Menyewa mobil menjadi solusi terbaik bagi siapapun yang belum memiliki mobil namun ingin memboyong keluarga tercinta untuk mudik ataupun berlibur ke luar kota. Alasan terkuat mengapa orang lebih suka menyewa adalah karena harganya lebih murah daripada membeli. Seperti yang kita ketahui bahwa harga mobil memang tidak murah. Sehingga masyarakat dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah harus menyewa mobil ketika ingin bepergian. Itulah kenapa sewa mobil ini menjadi pilihan bagi beberapa orang. Jika Anda adalah salah satu orang yang sedang mencari jasa sewa mobil, maka Track Astra bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda. Disana Anda akan menemukan bermacam jenis mobil lengkap dengan harga sewa yang ditawarkan.

Sabtu, 04 Agustus 2018

Tetap Segar, Bugar dan Bersih Bersama NATSBEE Honey Lemon





Sebagai guru, saya paling nggak semangat kerja kalo kondisi badan lagi nggak fit. Terlebih kalo suaranya lagi seksi, alias serak-serak basah karena batuk. Ditambah kalo dapet bonus berupa kepala pening dan agak demam ketika flu menyerang. Bukan hanya stamina yang terasa menurun, tetapi juga performa dalam mengajar. Suara nggak terdengar keras dan fisik loyo. Padahal jam ngajar yang banyak membutuhkan energi tubuh yang tinggi juga.