Kamis, 03 Juni 2010

Seminar&Workshop Living Value Education (LVE)

Belum lama ini saya diundang untuk menghadiri seminar&workshop LVE di LemLit UNY. Tepatnya pada 29-30 Mei 2010 bertempat di Lembaga Penelitian UNY. Sebenarnya seminar dimulai jam 08.30 WIB , tetapi karena ada kesibukan lain maka saya baru bisa hadir pada pukul 11.00 WIB. Sebagai tamu undangan, tentu saja saya free tiket.
Secara keseluruhan , seminar Pengembangan Profesional dan Workshop yang menghadirkan pembicara Mr.Christ Drake ini bermuatan nilai-nilai pendidikan . Intinya mengenai penerapan nilai-nilai luhur dalam keseharian di sekolah , tentunya ditujukan bagi pendidik dan calon pendidik. Nilai-nilai yang dimaksud contohnya penghargaan , tanggung jawab , integritas , kedamaian , dll.


Pada hari pertama , kegiatan yang unik menurut saya adalah berlatih membuat kue dunia dari kertas. Jadi , peserta dibagi menjadi 5 kelompok . Kemudian , tiap kelompok diberi alat tulis , lem , spidol , ketas asturo warna-warni , kertas warna, folio aneka warna. Trus? Membuat kue dari bahan-bahan tersebut . Bahan-bahan diibaratkan sifat-sifat manusia yang diperlukan sebagai ‘adonan’ untuk menciptakan kedamaian dunia . Singkatnya , membentuk kue kertas! Seetelah itu , tiap kelompok diminta untuk presentasi. Kelompok saya membuat “Kue Inspirasi Dunia” yang bahan-bahannya antara lain ada kopi kebahagiaan , mangkuk kerjasama, sendok kebersamaan, taburan kasih sayang, dll.





Sedangkan hari kedua , trainer kembali membagi peserta menjadi lima kelompok dan setiap kelompok bermain drama sesuai jalan cerita yang telah dibagikan . Kelompok saya memainkan naskah bertema kerajaan . Kami membuat mahkota raja , pot bunga , bunga , terompet , dll sebagai piranti dan uniknya berasal dari kertas folio dan asturo aneka warna!
Tentu dong , seminar dan workshop ini sangat berguna bagi pendidik maupun calon pendidik karena... hmmm, bener-bener menambah inspirasi . Dalam acara ini , trainer nggak sekedar ngasih ilmu teori aja , tetapi mencoba berlatih untuk mengaplikasikannya . Nggak nyesel deh meluangkan waktu untuk ikut acara ini, meskipun pulangnya sore ! ^_^

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.