Jumat, 08 Mei 2015

Punya Libur 1 Hari? Mari Melenggang Bebas ke Pulau Untung Jawa



 Adalah fakta jika saya hanya punya waktu libur 2 hari setiap pekan. *Ih, emang situ minta libur berapa hari Na?!*Saya sering mengabdikan diri di hari libur untuk bobok siang , nyuci baju dan nyeterika baju .  Namun, saya akan menomorsatukan agenda traveling jika ada kesempatan dalam kesempitan liburan itu. Apalagi banyak obyek wisata di sekitar Bandung dan Jakarta menggoda insan untuk melakukan one day trip. Salah satunya dalah obyek wisata Pulau Untung Jawa yang saya kunjungi bersama perwakilan rombongan PGRI belum lama ini.


 Pulau Untung Jawa merupakan salah satu dari gugusan pulau di Kepulauan Seribu- DKI Jakarta. Untuk menuju kemari, wisatawan bisa menyeberang dari Pantai Marina Ancol atau dari pantaiTajung Pasir-Tangerang.  Opsi kedua banyak dipilih karena dari segi efisiensi waktu lebih menguntungkan. Rombongan berangkat dari Cibinong-Bogor hari Minggu jam 07.30 WIB menuju Teluk Naga, Desa Tanjung Pasir, Tangerang. Untuk biaya transportasi dan konsumsi, iuran yang dikeluarkan per orang hanya Rp.125.000 saja. Kami tiba di pantai Tanjung Pasir sekitar jam 09.30 WIB. Setelah turun dari kendaraan, kami berjalan kaki menuju pinggir pantai.
pantai tanjung pasir
 Di sini tersedia banyak kapal bermotor yang ditawarkan pemilik atau ABK sebagai moda transportasi menyeberang ke berbagai pilihan pulau yang ada dalam gugusan Kepulauan Seribu. Penyeberangan menuju Pulau Untung Jawa memakan waktu sekitar 25 menit. Sesampainya di Pulau Untung Jawa, saya melihat pantai berpasir putih yang ramai dikunjungi wisatawan.
toko souvenir
pantai pasir putih di pulau untung jawa
halooo
Deretan rumah penduduk disulap menjadi homestay yang tampak nyaman, toko cinderamata dan kios. Tersedia juga aneka lesehan atau rumah makan yang menyediakan berbagai menu seafood. Kami merapat ke salah satu rumah makan lesehan. Sambil menunggu makanan, acara hiburan berupa karaoke (bagi yang mau aja sich) dan pembagian doorprize berupa souvenir pun diadakan. Lumayan nih saya dapat kaos :p
ada perkampungan penduduknya juga di pulau untung jawa
 Setelah mengenyangkan perut dengan hidangan ikan bakar dan cumi goreng tepung, saya dan beberapa anggota rombongan menuju mushalla terdekat. Wah ternyata air keran yang dipakai wudhu terasa asin dan sedikit lengket khas air laut. Hahaha, kalo penduduk yang bermukim di sini tentu sehari-harinya akan merasakan syahdunya mandi air dengan sedikit kadar garam itu. Usai dari mushalla, barulah kami beranjak kembali ke pantai untuk nyicipin aneka wahana permainan air yang ada.
yippyyyy! ye ye!
foto duyuuuu
 Untuk wahana air, ada tambahan biaya di luar biaya iuran transport. Tapi murah kok, hanya Rp.25.000 setiap permainannya. Saya pilih 3 wahana sekalian, biar puas. Mulai dari Banana Boat, Flying Donut dan Snorkeling. Yihaaa this is really holiday! ^ ^ Khusus Snorkeling, kami diantar menuju Pulau Rambut yang jaraknya 10 menit dari Pulau Untung Jawa. Jam 17.00 WIB kami kembali dari Pulau Untung Jawa menuju Pantai Tanjung Pasir dan bersiap untuk perjalanan pulang.  

Di beberapa titik tertentu ada sedikit kemacetan saat perjalanan darat dari Teluk Naga, Tangerang menuju Cibinong, Bogor sehingga perjalanan pulang memakan sedikit waktu lebih lama yaitu sekitar 3 jam.. Namun, rasa jenuh akan teratasi kalo naik kendaraan yang menawarkan kenyamanan seperti Toyota Agya.

Kontur jalanan di daerah Teluk Naga menuju Tanjung Pasir cukup mulus. Hanya saja jalanan yang dua arah ini cukup sempit, ramai dan beberapa kali ada kelokan jalan. Kalo udah gini, ngga ragu-ragu deh jalan bareng Agya. Mobil jenis hatchback ini kecil dan minimalis, sehingga handal dan lincah dalam bermanuver di jalanan sempit. Titik ramai dari Bogor, Jakarta hingga Tangerang pun bisa dilewati dengan mobil bermesin 3 silinder DOHC 12 katup dengan volume 998 cc serta daya maksimal 65,3 PS pada 6000 rpm ini. 

Di sisi lain, Toyota Agya sebagai low cost green car (LCGC) juga mendukung program pemerintah dalam mengurangi polusi lingkungan. Hohoho. Jadi, bisa dibilang berkendara dengan mobil Agya adalah pilihan yang tepat bagi saya karena mobilitas dan kemacetan di jalur yang saya lewati menuju Tanjung Pasir terbilang tinggi. Dari berbagai pilihan warna yang tersedia, saya menyukai Toyota Agya berwarna putih. Secara keseluruhan, Agya is My Style.Pokoknya  untuk urusan kendaraan, ngga usah terlalu neko-neko daahh. Cukup melenggang bebas bareng yan ganteng, putih, mulus seperti dirimu, eh maksudnya.... seperti Toyota Agya ini.
Agya, totally me!
 Jadi, nikmat plesiran manakah yang engkau dustakan Ina? Lelah? Oh ya pasti adek lelah dong bang. Apalagi besoknya Senin harus masuk kerja. Tapi lelah itu udah terbayar lunas sama perasaan senang karena bisa traveling. Sooo....kalo diajak berwisata ke gugusan Kepulauan Seribu lagi tentunya saya mau pake banget nih.

37 komentar:

  1. asik ya,ternyata ramai juga ya mbk pantainya...

    BalasHapus
  2. Salam kenal sebelumnya kak ina, baru pertama main kesini

    Pantainya bagus ya, suasananya juga bagus. Jadi pingin kesana.. berarti disana nggak ada air bersih gitu wudhunya pakai air laut?

    Mobilnya keren, dah gitu aja . Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai salam kenal juga :D
      betah2 ya mampir dimari.
      kalo da liburan main aja kesana...hoho...
      airnya bersih hanya aja terasa agak asin karena dekat laut.
      iya donk agya kereenn hihi

      Hapus
  3. Terjangkau bgtt 125ribuuu iih. . .
    Saya belum pernah ke kep. seribu. Pingiin bingits. . . :D

    BalasHapus
  4. Terjangkau bgttt dg biaya segitu. . .
    kalau dr sini ngga dapat ya, Mbak. :D

    BalasHapus
  5. pengalaman yang menarik, pantainya bagus, saya belum pernah ke kepulauan seribu, saya suka cumi-cumi :)

    BalasHapus
  6. Wah keren banget. asik banget deh bisa naik banana boat. udah lama ga ke pantai. kangen sama pantai :( makasih buat sharing nya mbak. bisa dicatet nih jadi agenda wisata selanjutnya. ^.^

    BalasHapus
  7. Bandung udah kepenuhan, sekarang orang Jakarta mulai menjajah kepulauan Seribu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya :D
      alternatif wisata yg menarik

      Hapus
  8. Diliat dari fotonya, ternyata pulainya udah rame banget ya. Pengen sih nyari pulau yang masih asri dan sepi gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pulau untung jawa relatif bersih lho pantainya.
      engga banyak sampah berserakan :D

      Hapus
  9. Wah, bisa jadi referensi one day trip di weekend. Pengen deh ngerasain Banana Boat sama Flying Donutnya, kayaknya seru tuh. Murah lagi, cuma 25rb per wahana.

    Oh iya, itu yang bagi-bagi doorprize tiap hari atau gimana, jadi pengen ke sono juga, kali aja dapat gratisan *dasar mental gratisan xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupz murah meriah kan wahananya.

      Hapus
  10. Wah sama nih gue juga treveling, tapi gue lebih suka treveling ke daerah gunung gitu, ketimbang pantai, sepanjang pengalaman gue treveling juga, gue hanya baru dua kali ke pantai yaitu pantai tirta maya dan parang tritis.

    pulau untung jawa keliatannya seru juga tuh, rame banyak wisatawan begitu, berarti menandakan pualu ini bener-bener pulau yang cocok untuk dijadikan tempat trevelling.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ...pulau untung jawa cocok dijadikan tempat rekreasi :D

      Hapus
  11. bougenvile? sepertinya pernah mendengar kata itu sebelumnya. tap dimana...
    ah, destinasi di jawa memang tak ada habisnya!
    toyota agya itu... inovasi yang sesuatu yak. agya is my style!

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu nama bunga, sekaligus nama jalanan di pulau untung jawa.seru deh wisata dimari...palagi klo bareng si Agya

      Hapus
  12. wah, asik juga ya di sana, aku baru ke pulau Ayer, entar deh nyoba

    BalasHapus
  13. Lah ini, baru denger namanya pulau Untung Jawa. Kayaknya wajib ke sini nih kapan-kapan. Itu pantainya bersih, seneng deh. Paling males itu kalau tempat wisata saking ramenya jadi kurang diperhatikan kebersihannya.

    BTW, mupeng banget nih punya Agya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue juga naksir sama mobil agyaaa
      hihi
      iya pantainya tergolong bersih ...

      Hapus
  14. Headernya cakep mak.,#gagalfokus

    BalasHapus
  15. Wah kalau udah kerja gini ya, liburan itu sangat berharga banget. Jadi kalau liburan dimanfaatin buat males-malesan dirumah, atau nggak nyari tempat wisata yang enak.

    Itu pantainya keren banget, nggak kayak disini. Walaupun aku anak pantai tapi pengen banget ke pantai itu. Soalnya dipantaiku cuma ada pemandangan orang-orang pacaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dipulau untung jawa sih banyakan wisata rombongan...wisata keluarga gitu :D

      Hapus
  16. lumayan murah juga yaa kalo one day trip cuman 125.000, tapi itu sudah termasuk tiket-tiket masuk juga nggak kak?

    pantainya juga lumayan bagus banget hehe. berarti air krannya asin gitu yaa, jadi masyarakat situ mungkin kalo masak sayur nggak perlu pake garam, soalnya air nya sudah asin hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya termasuk...soalnya kami iuran gitu, jadi dana operasional transport, tiket, makan, dari dana itu. kalo mau wahana air baru deh nambah sendiri bayarnya hehe

      Hapus
  17. baru pertama kali dengar pulau untung.
    Terima kasih share nya

    BalasHapus
  18. Hari minggu kemarin aku ke pulau bidadari di ajakin nyebrang ke untung jawa tapi maksimum harus 10 orang ,kami gak ikutan deh

    BalasHapus
  19. Mau ke pantaaaai.. >,<

    Di Medan mah ngga ada pantai kece. Sekalinya ada, harus ngeluarin banyak duit buat ke sananya. Huhuhu.. :'

    BalasHapus
  20. Ga bakal rugi liburan kesini, pasti untung terus :D

    BalasHapus
  21. Wah rame yah pantainya, sayangnya kudu pas libur panjang bisa liburan kaya gini, karena bentrok dengan waktu kerja

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.