Kamis, 05 Januari 2017

Mendadak ke Pantai Baru, Bantul, DIY di Tahun Baru


Pantai Baru di Tahun Baru

Kami ngga ada niatan kemari. Justru yang dadakan itu seringkali terlaksana ketimbang agenda wisata yang direncana jauh-jauh hari. Makanyaaa, tahu bulat digoreng dadakan.Jadi! Wkwkwk. Kok bisa nyangkut ke Pantai Baru? Awalnya ada urusan keluarga yang batal. Kebetulan kami sudah sampai di Bantul dan mau pulang ke Cilacap lewat jalur Srandakan Bantul lurus sampai area Petanahan Kebumen.
Ide usil saya tiba-tiba aja terlontar.
“Pak, di dekat sini kan ada Pantai Baru. Main ke sana dooonnng….”


Memang udah lama ngga mampir ke sana lagi. Untung Babeh setuju. Sayangnya, adek ngga ikut ke sini.

  
Fix lah kami mampir sejenak ke sana. Udah ketebak, di hari pertama di tahun 2017 pengunjung Pantai Baru rame banget. Tampak personel polisi juga berjaga-jaga.  Pantai ini mudah dituju dan jalanannya halus. Lokasi Pantai Baru ada di Srandakan, Bantul, DIY. Sejak Pantai Kuwaru kena abrasi, banyak pengunjung beralih ke sini.
tiket masuk
 Pantai berpasir hitam ini memiliki ombak besar sehingga ada tulisan peringatan kalau pengunjung dilarang main air laut. Untuk tiket masuk per orang murah, hanya Rp.4000. Parkir mobil cukup 5000 aja. Banyak pohon cemara di area pantai. Trus ada sewaan kendaraan ATV buat keliling area pantai. Harga sewanya terjangkau, satu kendaraan Rp.40.000 untuk 15 menit. Bisa dinaiki 2-4 orang hohoho. Bapak nyetir jago euy. Ngebut :-p
naik ATV

Di pinggiran pantai ada warung-warung yang jualan seafood. Kami nyari meja lesehan yang rindang di bawah pohon cemara. Harga seafood di sini terjangkau juga. Misalnya untuk paket 1 porsi nasi, cakalang, cumi, sambal cukup 25.000. Kalau ngga pake cumi, harganya jadi 20.000. Kelapa muda per-butir 10.000 Tuh kan murah meriah! Rasanya juga ngga mengecewakan.
Daftar harga seafood
 Tapi nunggunya laaamaa, karena rame pembeli. 
yummy
“Maaf ya Mbak, kalo ditunggu jadi lama e. Kalo mau pesan lain kali bisa di telepon atau dipeseni dulu ke sini mau pesen menu apa gitu biar ndak kelamaan.” gitu pesan dari penjualnya, dengan logat medok yang khas.
sayangnya adek ngga ikut
Selain pesan menu jadi, kalau mau bawa bahan mentah juga bisa. Nanti ada ongkos masaknya.

Selain deretan warung seafood, di sini ada juga lapak khusus yang jual seafood mentah. Sebelum pulang, saya dan ibu beli kerang mentah 1,5 kilo buat dimasak di rumah.
beli kerang mentah
Wisata Pantai Baru emang tergolong pantai yang baru diresmikan sekitar 5 taunan silam. Lokasinya ngga jauh dari Pantai Kuwaru dan Pantai Goa Cemara Bantul.
Sepanjang jalur selatan sampai daerah Kebumen, banyak jejeran pantai-pantai yang baru dibuka. Terlihat dari plangnya di pinggir jalan. Wah makin sip aja nih DIY dan Jawa Tengah.

1 komentar:

  1. tiap bulan sekali aku juga ke pantai baru buat makan . haha. langganannya di Warung apreza. yahut sekali kalau masak kepiting dan cakalang bakar madu

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.