Rabu, 24 Juli 2019

Welcome ! Tahun Pelajaran Baru 2019/2020

welcome 2019/2020


Sudah bulan Juli, itu tandanya tahun pelajaran yang baru telah dimulai. Aku kebagian ngampu BK 6 kelas merangkap ngajar Bahasa Indonesia 30 jam. BK nya ngga ada jam masuk kelas. Sebelum ada pertanyaan kenapa bisa ngajar Bindo banyak bangetttt (5 kelas dari kelas VII A ampe VII E) padahal harusnya guru BK bla bla bla bla? Karena kondisinya ngga memungkinkan. Di sekolahku kurang guru. Semua juga overload ngajarnya. Yasudah mari dibikin enjoy aja, toh sertifikasinya tetep BK hehe. Oh ya aku juga diamanahin jadi wali kelas, tahun ajaran ini kebagian di kelas VII D.


Nggak terasa sudah setahun aku mutasi ke sini nih. Oh ya gimana kondisi siswa di sekolah ini? Memang mereka ngga seberuntung kebanyakan siswa-siswaku di sekolah sebelumnya. Mereka di sini banyak yang broken home, kondisi orang tua yang nggak mendukung baik segi pengajaran maupun ekonomi. So, namanya ‘kasus’ di sini udah makanan sehari-hari.  Tawuran, merokok, kenakalan remaja, membolos, itu udah terdengar biasa. Aku sih ngga begitu kaget. Karena duluu tahun 2011/2012 jaman aku masih ngajar di Ende muridnya lebih ngga beruntung lagi.  Mudah-mudahan dengan membimbing mereka bisa jadi amal jariyah untukku.

Kegiatan di tahun ajaran baru diawali dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SELAMA 15-18 Juli 2019. Kalo bahasa gaul jaman old sih MOS. Bedanya sekarang nggak ada lagi dikerjain sama kakak kelas. Murni materi ini itu. Aku jadi panitia juga. Hmmm sayangnya nggak bisa pulang awal seperti siswa kelas VII bro, sist. Because…ada persiapan akreditasi 19 dan 20 Juli! Pulangnya sore. Waaaa..ini menurutku ngga menyenangkan. Sejak punya baby aku ngga seperti dulu yang hobi jalan-jalan, pulang sore dan malam. Tapi ya namanya tugas mau gimana lagiii. Toh ngga ampe berlama-lama pulang sore. Mana baby Sarah sempat agak anget badannya, sempat bobo cepat jam 7 malem tapi jam 1 pagi bangun ampe subuh dengan kondisi bobo gelisah, nah lho mata panda tu aku pas akreditasi. 
akreditas 19 juli 2019
jam 5 sore baru sampai rumah pas akreditas 19 Juli. Langsung gendong anak. Kangen
muka begadangnya emak-emak beda sama begadangnya gadis

Balik lagi ngobrolin MPLS, salah satu kegiatannya adalah hiking sekitar sekolah. Rutenya pendek sekitar 3 kilometer kali ya jalan kaki naik turun menyusuri daerah perkampungan sekitar sekolah. Aku, bu eka dan bu sri jalannya nyantai kayak di pantai. Di paling belakang siswa. Mulai dari sekolah, perkampungan sampai perumahan kelas atas Serpong Natura kita lewati. Memang sejak pembangunan BSD, kecamatan Gunungsindur ini banyak dilirik para pengembang buat dijadiin daerah perumahan. Istilah wong Jowo iku, babat alas. Mengolah daerah lembah / bukit menjadi daerah pemukiman penduduk. Tentunya hampir semua penduduk perumahan adalah pendatang. So, beruntunglah para penduduk asli Gunungsindur karena mereka punya banyak tanah. Duluuuuu harganya murah sekaliiiii sebelom ada BSD apalagi.
hiking itu enaknya pake kaos

Dalam kegiatan hiking singkat, guru yang ikutan hiking kompak pake kaos studytour. Warnanya biru tua. Untuk aktivitas outdoor apapun, enaknya pake kaos. Kaos tu modelnya nggak pernah ketinggalan jalan, simpel dan tentunya menyerap keringat sehingga orang nyaman menggunakannya. Kalo institusi atau lembaga tertentu seperti sekolah, suka pesan  kaos dalam jumlah banyak sehingga dapat harga grosir. Ada tempat pemesanan grosir kaos polos online yaitu polos.co.id . Klik aja deh. Jangan khawatir, mereka juga punya tempat offline yang beralamat di:

 Mediterania Garden Residence 2
Unit K/ GF/ F01
Podomoro City, Central Park, Jakarta Barat
Telepon : 021-29337029, 021-29337030, 021-29337031
WhatsApp : 0818 0636 7878
Buka Jam :
 Senin s/d Jumat 10.00-18.00
Sabtu 10.00-16.00
 
Berbagai produk yang ditawarkan oleh polos.co.id antara lain T-Shirt, raglan, polo, jaket, kaos wanita, kaos bayi dan anak, topi, tote bag , alat sablon dan mesin cutting. Keunggulan produk keluaran polos.co.id adalah harganya yang terjangkau, produknya terjamin, bisa beli grosir maupun satuan, terdapat banyak ukuran, banyak warna pilihan, terpercaya, pengiriman cepat dengan berbagai pilihan ekspedisi dan fast respon.

Pernah nggak belanja online terus pas di-chat ternyata si penjual lelet banget ngebalesnya ampe sehari dua hari? Atau setelah transfer uang tau-tau tanpa pemberitahuan barang yang dikirim beda warna dari permintaan. Mau refund uang, kok repot . Naaahh hal-hal yang nggak menyenangkan tersebut ngga dialami jika kita belanja di polos.co.id . Bahkan rekening yang dimiliki beraneka ragam yaitu Mandiri, BCA, BRI dan BNI. Rekening yang pada umumnya orang punya. Ciyeee, bisa menghemat ongkos transfer nich!

Selain dalam kegiatan Hiking, pemakaian kaos juga aku gunakan saat kegiatan games untuk siswa. Game itu dipandu oleh Bu Kholi dan Pak Andi yang tentunya juga pakai kaos. Ngga mungkin pake seragam dinas kan! Hohoho. Panitia yang lain mengawasi jalannnya game. Semacam game team building gitu di lapangan upacara. Siswa sudah dikondisikan agar mengenakan kaos olahraga.

Kegiatan akreditasi berlangsung Jumat-Sabtu 19 dan 20 Juli. Merelakan Sabtu masuk sekolah sampai jam 13.00 WIB memang tidak berlangsung setiap saat. Setelah itu Seninnya langsung Kegiatan Belajar Mengajar dengan jam pulang seperti biasa. Aku bentuk struktur organisasi kelas, jadwal piket, nyuruh murid bikin bagannya serta jadwal pelajaran buat ditempel di dinding. Ketua kelas akhirnya voting karena ngga ada yang mau mengajukan diri. Trus uang kasnya kesepakatan kelas aja. Dua ribu rupiah per minggu. Nanti aku cek berkala sambil mandu bendaharanya bikin buku anggaran. Aku senang ngajar kelas 7 dan emang aku yang minta. Soalnya ganti-ganti murid tiap tahun tuuuh berasa dapat suasana baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.