Jumat, 31 Agustus 2012

Menikmati Sore di Pantai Penggajawa







Pantai Penggajawa? Di mana itu?
Mungkin beberapa pembaca belum mengetahui di mana letak Pantai Penggajawa dan apa keistimewaan dari pantai ini. Pantai yang berlokasi di desa Penggajawa, kecamatan Nangapanda, Kab.Ende ini memiliki sebuah keunikan, yaitu hamparan batu warna-warni yang menghiasi tepian pantai! Yap, bebatuan itu alami berasal dari pantai ini. Warnanya macam-macam, yaitu biru, pink, hijau, kekuningan. Namun, yang mendominasi adalah batu warna hijau muda. 
Sore itu, saya pergi ke pantai ini berboncengan naik sepeda motor dari Nangapanda. Cuaca yang cerah dan pemandangan bebatuan yang cantik mendukung terbentuknya suasana yang mengasyikkan untuk duduk-duduk di tepi pantai. 
Sesuai dengan bebatuannya yang alami, pantai inipun masih alami. Sepi dan jauh dari keramaian. Sore itu, hanya ada sekitar 6 anak kecil yang bermain di pinggir pantai bersama seorang penduduk. Kata bapak-bapak itu, pantai ini ramai kalau lebaran atau hari natal. Oya, banyak penduduk yang mengumpulkan batu ini dalam karung-karung lalu dijual dengan harga murah. Harga batu satu karungnya berkisar antara 15.000-25.000 tergantung besar dan banyaknya. Lain halnya jika batu ini sudah dikirim  ke luar NTT, harganya akan naik berkali-kali lipat :-(
Saya jadi membayangkan kalau pantai seunik ini berada di Lombok, bali atau Jawa. Wahhh...pasti ramai pengunjungnya ya. 
Pantai Penggajawa dengan bebatuannya yang khas menambah daftar deretan pantai-pantai indah di daratan Flores. Sayangnya, pantai ini belum mendapat perhatian lebih untuk dijadikan sektor pariwisata. Terbukti dengan tidak adanya penjual makanan dan penjual souvenir di sekitar pantai. Padahal, bebatuan cantik itu bisa diukir sedemikian rupa supaya tercipta suvenir yang manis.Lebih bagus lagi kalau dikembangkan menjadi industri kerajinan suvenir khas.  Mungkin, lokasinya yang tidak begitu familiar juga membuat pantai ini tidak terekspos di kalangan luas. Wah...padahal unik banget. Saya belum pernah menemukan ada pantai yang memiliki hamparan bebatuan warna-warni, kecuali di sepanjang garis pantai Penggajawa.
Sedikit menambahkan: saya ke pantai ini pada 17 Agustus 2012 yang (cukup) istimewa dalam catatan kehidupan saya :’)

4 komentar:

  1. indonesia memang memiliki keindahan luar biasa yang masih alami..sayang, masyarakat kita belum mampu untuk mengelola dan mengembangkannya

    BalasHapus
  2. Kirain Penggajawa terletak dipulau Jawa, soalnya ada -jawa pada nama itu. hehehe
    asyik yah bisa menikmati suasana alam yang damai.

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.