Minggu, 02 November 2014

Bikin Sendiri Steak Crispy



 Udah lama aku nggak makan steak, jadi kangen. Di Cilacap nggak ada cabang W*roeng Ste*ak nih.  Aku emang demen kuliner tapi di kalo pas aku lagi domisili di luar kota. Aku kalo lagi di rumah (Cilacap) gini aku jarang banget makan di luar. Tentu aku lebih suka masakan ibuku. Atau malah aku masak sendiri. Beda dengan kos-kosanku dulu yang nggak ada fasilitas dapurnya.

Jadi sekarang solusinya ke dapur untuk memasak! #yaeyalah masaaa’ untuk menjahit?? :p
Bikin sendiri steak crispy. Mumpung di kulkas lagi ada persediaan bahan daging sapi. Rasanya nggak begitu mirip dengan steak crispy yang asli. Yang ini versi KW ke-sekian. Haha.

Bahan:
Daging sapi yang nggak berlapis lemak. Bisa juga pakai daging ayam, bagian dada tanpa tulang.
Saus tiram
1 butir telur ayam, kocok lepas
3 buah wortel, cuci, iris memanjang
Seikat buncis, bersihkan, potong-potong memanjang
150 gram tepung terigu (dibagi 2)
4 buah kentang,kupas, cuci dan potong lebar
Tepung maizena
Merica bubuk secukupnya
Bumbu kaldu atau penyedap rasa secukupnya
Minyak goreng

Bahan Bumbu Saus Steak Crispy:
Gula pasir secukupnya
Garam
Margarin untuk menumis
Air
2 sdm saus tomat
Kaldu bubuk atau penyedap rasa
4 sdm saus tiram
1 bawang bombay, kupas, cincang tipis
1 buah tomat, rebus, buang kulit dan bijinya kemudian cincang halus
7 siung bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis

Cara Membuat Saus Steak Crispy:
1. Panaskan margarin. Tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombay hingga harum.
2. Masukkan tomat cincang, garam, gula pasir, bumbu penyedap atau kaldu.
3. Tambahkan 150 cc air dan 2-3 sdm tepung maizena cair. Jika terlalu encer tambahkan sedikit tepung maizena yang sudah dicairkan dengan air supaya agak kental.
4. Setelah matang, saring saus steak.

Pelengkap:
Kentang digoreng. Sedangkan buncis dan wortel cukup direbus sebentar

Cara Membuat Steak Crispy
1. Iris daging tipis dan melebar (kira-kira ketebalan 1 centi). Memarkan agar lebih empuk.
2.Rendam daging dalam campuran air plus ¼ sdt merica bubuk dan 1 sdm saus tiram. Simpan di dalam kulkas 20-30 menit. Sambil menunggu, kita bisa bikin saus steak-nya plus menyiapkan pelengkapnya agar hemat waktu.
3. Sediakan 3 buah piring. Piring 1 berisi tepung terigu yang sudah dicampurkan dengan ½ sdt garam, ¼  sdt merica bubuk dan bumbu penyedap. Piring2 berisi telur kocok. Piring ketiga berisi campuran terigu, 2 sdm tepung maizena, ¼ sdt merica bubuk dan tambahan bumbu penyedap rasa. Piring ketiga boleh diganti dengan tepung bumbu crispy instan (tanpa ditambahi campuran merica lagi) yang banyak dijual di pasaran +tepung maizena :D
4. Lumuri daging ke piring 1, kemudian piring 2 dan terakhir piring 3 sambil dicubit-cubit.
5.Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Goreng daging sampai berwarna kuning kecoklatan
6. Angkat dan sajikan langsung supaya tetap crispy dan hangat. Sajikan dengan saus steak plus pelengkap. Kalo aku juga suka pakai saus sambal.
nah, jadi dech! satu porsi isi double biar mantep :D

Aku bikin 3 porsi...just for me, mom and dad ^ ^


7 komentar:

  1. waw gampang ternyata bikinnya....pengen praktek ahh..
    maksih ya mbak resepnya :)

    BalasHapus
  2. Huoooo. Tampak menggoda steak crispynya Mba Ina. Saya sendiri belom pernah sih makan steak crispy. Jadi penasaran deh..

    BalasHapus
  3. kalau di mall mall kan mahal terus jauh belum transport terus bajunya juga ga sembarangan kaya dirumah ..kan kalau dirumah lebih hemat ..

    BalasHapus
  4. Sumpah bikin gue lapar. Gue juga demen tenderloin ma sirloin. Liat gambarnya jadi ngiler. Hikz T,T

    BalasHapus

hay. feel free to say anything, except SPAM :-D . i don't want to miss any comment and i will approve your comment here.

If anyone feel that I have"something wrong" in this article, please let me know immediately and i will repair it.